8

Jejak Sejarah Bus Chevrolet di Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda

Bus Chevrolet (warna hitam) di terminal lampung

awansan.com – Chevrolet bukanlah pabrikan kemarin sore di industri otomotif Indonesia, pabrikan yang berada dibawah naungan General Motor ini telah hampir 1 abad beroperasi di Indonesia, dimulai tahun 1927 dengan pendirian  NV General Motors Java Handel Maatschappij (NVGMJHM) yang mendistribusikan produk General Motor di Indonesia

Bahkan karena tingginya permintaan pada tahun 1938 General Motor kemudian mendirikan pabrik pertamanya di Tanjung Priok, Pabrik General Motor tersebut kemudian menjadi pabrik mobil pertama di Indonesia. Untuk pasar Indonesia,  GM menggunakan dua brand yaitu GMC dan Chevrolet.

Produk produk GM nampaknya memang mendapat tempat tersendiri di Masyarakat Sumatera, Khususnya merk ”Chevrolet” yang dianggap lebih bandel , dan bertenaga untuk menaklukkan medan pegunungan di Sumatera.   berbeda dengan pulau Jawa yang lebih banyak menggunakan bus Dodge,  Leyland dan Ford.

Pada zaman dahulu bus dibuat dengan menggunakan sasis truk untuk menopang bodi bus. Meski telah disebut bus, namun bagian depan mulai dari bumper hingga kaca masih terlihat seperti truk. Sedangkan sisanya mulai dashboard ke belakang hanya rangka besi atau berupa kayu yang kemudian dilapisi dengan besi.

Berdasarkan pengamatan awansan ada 5 generasi bus Chevrolet sempat beredar di Indonesia, awansan fokuskan pada bus Chevrolet pasca kemerdekaan saja ya 😀 .

  1. Chevrolet AK Series (1941-1947)
Bus Chevrolet Jurusan Padang Panjang – Tanjung Karang

Chevrolet AK merupakan produk pick up -truck yang mempunyai rentang produksi tahun 1941-1947, kepopuleran truk ini di Indonesia selain karena GM pernah mempunyai pabrik, namun juga karena ketika sekutu datang ke Indonesia banyak menggunakan truk chevrolet juga. pada prakteknya akhirnya banyak truk chevrolet yang kemudian dikaroseri menjadi bus.

Chevrolet AK  mempunyai ciri khas tersendiri pada grilnya , dengan adanya gril vertikal dan horizontal menjadi satu, Chevrolet AK ditenagai oleh mesin bensin 6 silinder inline, dengan dua pilihan kapasitas yaitu 3.5 L bertenga  90 hp dan 3.7L  bertenga 93 hp, sedangkan transmisinya menggunakan 3 speed manual.

2. Chevrolet Advance Design (1947-1955)

Bus Chevrolet Advance Design di Rute Takengon Bireun Tahun 1958

Chevrolet Advance Design merupakan produk truck dan bus pertama chevrolet, yang diproduksi pasca perang dunia dua, Advance Design diproduksi dari tahun 1947-1955, ciri yang mudah dikenali adalah gril depannya yang besar dan mempunyai kisi kisi horizontal.

chevrolet jenis ini memiliki tiga pilihan kapasitas yaitu 1/2 Ton, 3/4 Ton, dan 1 Ton .. besar kemungkinan yang beredar di Indonesia adalah versi 1 ton , terlihat dari ban belakang yang sudah double. mesinnya sendiri masih tetap menggunakan mesin bensin 6 silinder inline dengan 3 pilihan tenaga yaitu 92, 102, 106 dk ..  dan 92, 107, 108 dk ( versi 1953 – 1955), semntara transmisi yang digunakan adalah 3 speed manual.

3. Chevrolet Task Force (1955-1960)

Bus Chevrolet  Task Force milik Po Tcahaja (baca “cahaya) Jurusan Medan-Bukittinggi

Chevrolet Task Force diproduksi muali tahun 1955 hingga tahun 1960, cirinya adalah gril depan yang berlubang besar, dan terdapat logo chevrolet diatasnya, ciri lainnya adalah lampu sein bulat yang terletak tepat dibawah lampu utama. mesinnya sendiri adalah bensin 6 silinder berkapasitas 3.9 L , sementara sektor transmisi setia menggunakan 3 speed manual.

4. Chevrolet Apache (1960-1966)

Bus Chevrolet Lele/ Apacje milik PO Sinabung Jaya, Jurusan Medan – Kabanjahe

Pada tahun 1960 GM meluncurkan pick up truk baru dengan basis GM platform C/K. Platform ini digunakan diberbagai mobil yang perusahaanya berada dibawah General Motor (GMC dan Chevrolet) . Penamaan C/K ini punya makna tersendiri karena pada waktu itu, GM mengubah nomenclature mobil-mobilnya. Platform C berarti conventional yang maksudnya adalah penggunaan mesin depan dan gerak roda belakang atau 2WD sementara K dipakai untuk versi 4WD nya.

Di Indonesia Chevrolet generasi ini lebih sering disebut Chevrolet Apache/Chevrolet Lele.. Chevrolet apache mudah dikenali dari bentuk fascianya yang sangat khas, dengan 4 lampu dan lubang hawa besar diatasnya yang memang mirip kumis lele :D, keistimewaan lain dari chevrolet apache adalah suspensi depannya sudah independen.

Untuk mesinnya sendiri Chevrolet Apache masih tetap mengandalkan mesin bensin 6 silinder inline, tetapi mesin ini ditawarkan dalam berbagai kapsitas mulai dari 135 hp (101 kW) 236 in3 (3.9 L) and 150 hp (112 kW) 261 in3 (4.3 L)

5. Chevrolet C50 Viking (1967-1973)

Bus Chevrolet C50 milik Po Anak Gunung Jurusan Jambi-Tanjung Karang

Bisa dibilang Chevrolet C50 merupakan generasi terakhir bus Chevrolet di Indonesia, Chevrolet C50 merupakan Generasi kedua dari Chevrolet Apache yang mulai  diproduksi tahun 1967 hingga tahun 1973. Cirinya mudah dikenali dengan dua lampu bulat besar, dan lampu sein kotak yang berada dibawahnnya. Chevrolet C50 juga dibekali mesin bensin yang lebih besar berkapasitas 4.1L (136 hp) dan 4.8 L (150hp). Untuk transmisinya sedniri juga sudah diupgrade menggunakan 4 speed manual.

Puluhan tahun mendominasi jalanan, akhirnya kiprah bus Chevrolet harus terhenti pada tahun 1970-1980 an, dan digantikan bus baru bermesin diesel yang lebih hemat, seperti Mercedes benz LP 911, Mercedes benz OF113 (Untuk Jarak Jauh), dan Bus Medium Mitsubishi Fe 114 (untuk jarak menengah/dekat).

Bus Chevrolet C50 milik PO Antar Lintas Sumatera

Baca Juga, Serial Bus Lawas di Indonesia :

Mengenal Mercedes Benz O321 H , Pelopor Bus Modern di Indonesia

Sejarah Bus Robur , Bus Kota Jakarta era Orde Lama

Sejarah Bus Ikarus , Bus Hungaria Yang Pernah Mewarnai Jalanan Jakarta

Sejarah Leyland Tiger Cub , Bus Persahabatan Indonesia dan Australia

Sejarah Leyland Comet , Cikal Bakal PPD dari Benua Australia

Sejarah Leyland Titan , Bus Tingkat Pertama di Indonesia

Sejarah Leyland Atlantean , Bus Tingkat Generasi Kedua di Indonesia

Sejarah Bus Dodge di Indonesia , Warisan Amerika di Tanah Indonesia

Sejarah Bus Fargo, Bus Diesel Pertama Amerika di Indonesia

Sejarah Bus Chevrolet di Indonesia, Bus Tangguh Penakluk Pegunungan Sumatera

Sejarah Bus Ford di Indonesia , Dari Ford D series Hingga Ford Metsec

Sejarah Volvo Ailsa B55 , Bus Tingkat Volvo Pertama di Indonesia

Sejarah Bus Tata LP 1210 , Bus Kota India Andalan Damri era 80an

Menelusuri Jejak Sejarah Bus Gandeng di Indonesia

Bus Chevrolet C50 milik PO PMTOH Aceh, sedang menyeberangi sungai
(Visited 2,102 times, 1 visits today)

awansan

8 Comments

  1. Bus jaman dulu itu, rata2 pamer gigi yak.
    Kalau bus jaman sekarang rata rata pamer senyuman

  2. Dg perbandingan antara jumlah penumpang dan kendaraan yg tidak seimbang, pekerjaan sopir dan crew angkutan saat itu amat sgt menjanjikan….PNS ngga ada apa2nya,makan tiap hari ibaratnya kl ngga sate ya gulai.

  3. mantap gan,,,saya sangat suka tentang sejarah,,,!

Leave a Reply