Sejarah Bus Ford di Indonesia, dari Ford D series Hingga Ford R-1011 CBU

Hasil gambar untuk bus ford indonesia
Bus Ford R-1011 milik Po OBL

awansan.com – Ketertarikan awansan kepada Bus Ford dimulai ketika menemukan foto Bus Ford milik PO Safari Dharma Raya (OBL), hmm ternyata setelah awansan  menelisik Ford sudah cukup lama bermain di pasar bus Indonesia, secara garis besar awb membagi Bus Ford yang ada di Indonesia dalam dua golongan yaitu Bus Ford Lokal dan Bus Ford yang didatangkan secara CBU.

Bus Ford Lokal
Golongan pertama adalah Bus Ford Lokal, yang dimaksud dengan lokal disini adalah karoserinya dibuat di Indonesia, rata rata bus Ford Lokal menggunakan sasis  Ford D series, yang kemudian dikaroseri menjadi bus. ciri khasnya adalah lampu depan yang berjumlah dua buah, serta ukuran bodi yang relatif kecil. Sealin itu pintu depan terletak di belakang roda, karena yang dipakai adalah chasis truck.

Pada varian bus, terdapat 2 macam bentuk dasar, yakni sasis saja (D0710HD), juga sasis Cowl (D0710 & D0812). Cowl berarti dilengkapi dgn kabin tanpa atap, sehingga memiliki wajah yg serupa truk nya.

Berbeda dgn versi truk, versi bus nya hanya memiliki transmisi 4 percepatan maju saja, juga rem tangan masih tipe mekanik multipull. Khusus D0812 memiliki dimensi sasis yg paling kecil, tetapi justru sudah dilengkapi dengan exhaust brake. D0710HD, suspensi belakang nya dilengkapi dgn helper spring untuk meningkatkan daya muatnya.

Bus Ford D series milik Po YS

Khusus versi bus, mungkin bnyk yg jd bertanya-tanya, kenapa sampai ada 3 model yg ditawarkan? Jawabnya tentu, untuk menyesuaikan dgn kebutuhan pasar saat itu. D0710&D0812 ditujukan untuk medan jalan yg baik, dgn axle rasio kecil, sehingga top speed nya baik, 102 km/h. Sedangkan D0710HD untuk medan jalan yg lebih ekstrem, dgn axle rasio besar, meski mengorbankan top speed nya yg tinggal 89km/h.

Beberapa Po yang tercatat pernah menggunakan bus Ford Lokal adalah PO YS (Purwokerto), PO Peni (Yogyakarta), dan Indah Murni (Bogor), beberapa karoseri yang biasa digunakan adalah karoseri Neglasari dan karoseri Indah.

Bus Ford Built Up
Golongan kedua adalah Bus Ford CBU, Bus Ford CBU diimpor bulat bulat dari Inggris, baik Chasis maupun Body. Bus Ford CBU dibangun menggunakan basis Ford R series yang kemudian dikaroseri oleh Metsec Inggris, bisa dibilang Bus Ford Metsec ini merupakan salah satu bus terbaik di masanya.

Bentuknya sudah sangat modern untuk bus tahun 1970an, mengingat pada era 1970an masih banyak bus Indonesia yang masih menggunakan body dari kayu. jendelanya juga lebar sehingga memberikan pandangan yang lebih luas bagi penumpang, tak heran jika pada masa itu hanya Po Po besar yang mampu membelinya.

beberapa Po yang pernah menggunakan bus Ford CBU adalah PO OBL, PO Pahala, Muncul, Pahala, Oriental Marathon, Apollo, Bhisma , Adhi Dharma, OMS, Pringgondani, PO Madju Mapan. Selain itu Bus Ford juga banyak digunakan oleh Instansi Pemerintah dan Militer.

Ford R series sendiri merupakan chasis bus yang diproduksi Oleh Pabrik Ford di Inggris, Ford R series dilengkapi dengan mesin Diesel yang diletakkan secara vertikal pada bagian depan bus, chasis yang digunakan adalah Ford R-1011 PSV

Gambar terkait
Bus Ford R-1011 CBU milik Po Pahala

source : ranger giga, sejarah transportasi

Advertisements

3 comments

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.