Sejarah Bus Robur , Bus Kota Andalan Jakarta di era Orde Lama

Bus Robur dalam sebuah Pameran

awansan.com – Pembaca yang budiman, di tahun Pada era 60an, Indonesia sangat dekat negara – negara dengan blok timur, maka tak heran jika kemudian banyak kendaraan yang di datangkan dari negara tersebut, salah satunya adalah bus Robur Lo 2500 , merk ini mungkin sangat asing di telinga kita, tapi siapa sangka ternyata bus ini pernah merajai jalanan ibu kota Jakarta pada masa rezim orde lama.

Well Robur sendiri  adalah merk bus dan truk yang berasal dari negara Jerman Timur, nama asli pabriknya adalah Volkseigener Betrieb VEB Robur-Werke Zittau, sanga sulit diucapkan oleh kita yang berlidah Indonesia 😆

Image result for bus robur indonesia
Bus Robur bertuliskan TAVIP . Dok Kompas

Bus Robur mulai masuk Indonesia pada era 60an, ketika diadakan evet GANEFO , berdasarkan penelusuran awansan Jumlah Bus Robur yang masuk Indonesia ada sekitar 2000 unit dalam bentuk cbu ckd, tercatat 950 unit bus ini kemudian dirakit di Surabaya. Kedatangan pertama pada bulan Juli dan Agustus 1965, sebanyak 200 badan (body) bus Robur kiriman tahap pertama diberangkatkan dari pabriknya di Kota Halle, Jerman Timur.

Importir bus ini adalah PT Imermotors Djakarta, sedangkan eksportir dari Jerman adalah Transportmaschinen , Bus Robur yang masuk Indonesia bertipe Robur LO 2500 dengan kapsitas penumpang 29 orang, uniknya lagi karena ini diimpor dari Eropa, letak stirnya masih di kiri , bukan di kanan seperti lazimnya kendaraan di Indonesia, harga per unit bus robur adalah sekitar 100.000 rupiah .

robur

Untuk urusan mesin , Robur Lo 2500 masih menggunakan mesin bensin 4 tak, dengan konfigurasi 4 silinder inline, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 70 ps, uniknya bus ini tidak memiliki radiator karena mesinnya masih bertipe air cooled, dengan kapasitas bahan bakar hanya 10 liter, kebayang kan berapa kali bus ini harus bolak balik ke pom tiap harinya.

Ciri khas lain dari Bus Robur adalah bentuknya yang sangat unik, khas bus masa lalu dengan body penuh lengkungan,  layaknya roti yang sering kita makan 😆 .

Khusus untuk Jakarta, Bus ini dikelola oleh PT Tavip dan mulai beroperasi sejak tahun 1967, Tavip sendiri merupakan salah satu jargon revolusi yang digaungkan oleh Soekarno pada masa tersebut, (Tavip=Tahun Vivere Pericoloso, Tahun Menyerempet Bahaya). Beberapa Trayek yang dilalui bus robur adalah Grogol-Lapangan Banteng, Jembatan Semanggi-Harmoni-Lapangan Banteng, dan Rawamangun-Salemba-Lapangan Banteng.

Selain untuk bus kota Jakarta , bus Robur ini juga disalurkan secara bertahap ke ke daerah-daerah lain seperti Jatim, Jateng, Makasar, Aceh, Yogyakarta, dan lain-lain, bus ini juga digunakan oleh beberapa Instansi Pemerintah sebagai kendaraan operasional dinas.

Semua kendaraan ada masanya, begitu pula dengan bus Robur, sayangnya bus ini tidak mampu bertahan lama di Indonesia , salah satunya karena haluan politik Indonesia yang kemudian berubah menjauhi blok timur, perlahan bus bus produk timur seperti robur dan ikarus pun terbengkalai karena sulitnya suku cadang, akhirnya pada awal 70 – 80an bus ini mulai digantikan dengan Bus Dodge bantuan USAID dan Bus Mercy dari Jerman.

sumber :
kompas.com
Indonesia tempo dulu
Google
wikipedia

Baca Juga, Serial Bus Lawas di Indonesia :

Mengenal Mercedes Benz O321 H , Pelopor Bus Modern di Indonesia

Sejarah Bus Robur , Bus Kota Jakarta era Orde Lama

Sejarah Bus Ikarus , Bus Hungaria Yang Pernah Mewarnai Jalanan Jakarta

Sejarah Leyland Tiger Cub , Bus Persahabatan Indonesia dan Australia

Sejarah Leyland Comet , Cikal Bakal PPD dari Benua Australia

Sejarah Leyland Titan , Bus Tingkat Pertama di Indonesia

Sejarah Leyland Atlantean , Bus Tingkat Generasi Kedua di Indonesia

Sejarah Bus Dodge di Indonesia , Warisan Amerika di Tanah Indonesia

Sejarah Bus Fargo, Bus Diesel Pertama Amerika di Indonesia

Sejarah Bus Chevrolet di Indonesia, Bus Tangguh Penakluk Pegunungan Sumatera

Sejarah Bus Ford di Indonesia , Dari Ford D series Hingga Ford Metsec

Sejarah Volvo Ailsa B55 , Bus Tingkat Volvo Pertama di Indonesia

Sejarah Bus Tata LP 1210 , Bus Kota India Andalan Damri era 80an

Menelusuri Jejak Sejarah Bus Gandeng di Indonesia

Bus Robur di jakarta . Dok Kompas
Deretan Bus Robur di Terminal Lapangan Banteng