1

Ganti Roller Tensioner Honda Blade 125 FI

awansan.com – Assalaamualaikum pembaca semua, beberapa hari terkahir ini muncul suara aneh di Honda Blade milik awb, seperti ada besi yang bergesekan di sebelah kiri mesin.. hmmm awb curiga nih jangan jangan rantai keteng/tensionernya sudah minta ganti, tapi ya sudah daripada menduga duga awb langsung bawa ke bengkel kepercayaan “Affan Minimalis” di dekat RSUD Temanggung.

Perlu diketahui pembaca semua, bahwa mekanisme tensioner di Honda Blade 125  berbeda dengan generasi Supra X125 yang menggunakan tensioner model batang . Dimana ketika rantai kendur, otomatis batang tensioner menekan supaya tidak naik-turun.
Tensioner Honda Blade 125 FI  sama modelnya dengan tensioner Honda Grand atau Legenda. dimana penstabil rantai keteng  pakai dua roller yang posisinya ada di atas dan bawah. Ditambah satu di tengah, antara gir keteng ada roller penstabil.
Sedang sistem penekannya selain pakai per juga andalkan tekanan oli. untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.


Roller-roller tersebut berbahan dasar karet. Sehingga ada batasan yang mesti diketahui lantaran ketahanan roller bergerigi itu maksimal cuma sampai 8.000 rpm. ketika roller sudah habis karetnya, otomatis timbul suara berisik karena terjadi gesekan antara rantai keteng dan besi roller.

Tapi saking semangatnya, awb datang kepagian 😆 , bengkelnya belum buka mas broo, akhirnya motor awb tinggal sementara keluhan keluhan pada motor, awb smskan sama yang punya bengkel, sorenya awb dikabari bahwa motor sudah selesai, baru kemudian awb ambil ke bengkel .

awb : jadi gimana mas apanya yang rusak ?
bengkel : karet roller tensionernya sudah habis mas, tadi saya ganti karet karetnya saja
awb : rantai ketengnya gimana mas ?
bengkel : aman mas masih kenceng
awb : oh nggehpun telas pinten niki mas ?
bengkel : 70.000 mawon

Alhamdulillah tidak jadi ganti rantai keteng 😀 , biaya service + rollernya juga muraah cuman 70.000 😀 . jadi monggo pembaca semua jika sudah mulai terdengar suara aneh di daerah kamrat, roller tensionernya segera diganti .

(Visited 444 times, 1 visits today)

awansan

One Comment

Leave a Reply