Mengenal Karoseri Trijaya Union , Karoseri Legendaris Bus Mitsubishi Indonesia

Mitsubishi RM dengan Body Trijaya Union

awansan.com – Dear pembaca semua, dari sekian banyak karoseri besar yang berdiri di Indonesia, Karoseri Trijaya Union bisa dibilang merupakan salah satu karoseri tua yang masih mampu bertahan di Indonesia, dimana Karoseri ini  telah berdiri sejak tahun 1978, jadi kalau dihitung Karoseri Ini sudah hampir 40 tahun umurnya.

Karoseri Trijaya Union merupakan salah satu Karoseri yang mempunyai hubungan kerjasama yang erat dengan Mitsubishi Indonesia.  hampir semua body big bus Mitsubishi yang beredar di Indonesia merupakan produk Karoseri Ini.

Mitsubishi Motor Pun tidak main main dalam bekerjasama, bahkan pada tahun 1982 Mitsubishi Bus Manufacture Japan memberikan bantuan teknis kepada Karoseri Trijaya Union, mulai dari tahap pendirian pabrik karoseri, hingga teknik pembuatan body bus..

Pada tahun 1986 hubungan antara Karoseri Trijaya Union dan Mitsubishi semakin erat dengan dipercanyanya karoseri Trijaya Union Mendirikan pabrik perakitan (assyplant) Chassis Mitsubishi fuso bus BL 117. bahkan kemudian Karoseri Trijaya Union dipercaya juga untuk merakit Chasis Medium Bus Mitsubishi.

Karoseri Trijaya Union mencapai puncak kejayaannya pada dekade 1990an, apalagi pasca karoseri Trijaya Union berhasil mengakuisisi Pabrik karoseri Prabu Jaya (1987) dan mendapatkan suntikan modal dari ATPM Mitsubishi PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (1991).

Pada periode ini  juga PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) bekerjasama dengan Karoseri Trijaya Union untuk  assembling Chasis Bus Mitsubishi yang dipasarkan di Indonesia meliputi Big Bus Mitsubishi RM series, Mitsubishi BM Series, dan Medium Bus Fe Series (Colt Diesel), Kapasitas assembling yang  terpasang adalah 100 unit perbulan atau 1200 unit per tahun, di masa jayanya karoseri ini memproduksi minimal 60 unit per bulan.

Jika diamati body bus lawas buatan Trijaya Union selalu memiliki desain sendiri yang khas, tidak meniru dedsain karoseri lain, untuk body tahun 80 – 90an Trijaya Union mempunyai ciri khas kaca geser samping ukurannya besar, menggunakan lampu depan Mitsubishi Fuso dan Memakai Whelldop Chrome 😀 ..

Kepopuleran Karoseri Trijaya Union pun makin berkibar seiring dengan larisnya penjualan Bus  Mitsubishi di Indonesia, Chasis Bus Mitsubishi + Body Trijaya union seperti sudah paketan 😁. Meskipun dikenal lekat dengan Mitsubishi tetapi Karoseri Trijaya Union juga menerima pembuatan Body untuk dari merk Chasis lain seperti Mercy dan Hino. untuk era medio 90an model bus yang laris dari Karoseri Trijaya Union adalah Triun X-2000

Body Bus buatan Trijaya Union pun juga dikenal awet, bahkan meskipun ada banyak model body buatan Trijaya Union Lawas yang masih dipakai hingga sekarang meskipun sudah diproduksi puluhan tahun lalu.. salah satu rahasia awetnya body buatan Karoseri ini adalah Trijaya Union sudah menerapkan Sistem pre-treatment, dengan proses kimiawi surface conditioning berupa Pencelupan Anti Karat ( Phospating ) pada komponen Body Plate yang menjamin ketahanan dari karat / korosi dan keropos serta cat akan melekat lebih kuat, terbukti body bus lebih tahan lama.

Sama seperti Karoseri Besar lainnya, Karoseri Trijaya Union juga sempat goyah ketika krisis ekonomi tahun 1998, apalagi ditambah dengan Mitsubishi yang memutuskan hengkang dari pasar big bus Indonesia, sehingga perakitan bus Mitsubishi di Trijaya Union juga ikut terhenti.. Nemun seiring membaiknya perekonomian Indonesia, Karoseri Trijaya Union pun mulai kembali bangkit dengan meluncurkan model bus baru mereka seperti Prabu dan Pointer.

Kini Trijaya Union telah bangkit kembali, Disamping divisi karoseri (body manufacturing), Karoseri Trijaya union juga melebarkan sayap dengan memproduksi special vehicle seperti  Manhauler (bus khusus karyawan tambang) dan memasok bangku (seat) khusus bus, serta suku cadang (spare part).

Trijaya Union juga memulai kembali divisi perakitan (assembling plant) khususnya untuk chassis bus medium Mitsubishi Fuso FE 84 BC dan FE 83 BC serta memproduksi atas order dari Krama yudha tiga berlian motor untuk Mitsubishi L300 Minibus Starwagon.

source : haltebus.com , marketingtiju.wp.com, Trijaya Union,

Baca Juga :

Sejarah Karoseri Adiputro , Trendsetter Karoseri di Indonesia

Sejarah Karoseri Morodadi Prima , Karoseri Tertua di Kota Malang

Sejarah Karoseri Rahayu Santosa, Karoseri terbesar di Jawa Barat

Sejarah Karoseri Restu Ibu , Karoseri Besar Yang Bermula Dari Usaha Taxi

Sejarah Karoseri New Armada , Berawal Dari Bengkel Karoseri Rumahan

Sejarah Karoseri Tugas Anda , Bermula Dari Bengkel Otomotif

Sejarah Karoseri Laksana , Karoseri Terbesar di Jawa Tengah

Sejarah Karoseri GMM , Karoseri Resmi Bus Mercedes Benz di Indonesia

Sejarah Karoseri Trijaya Union , Karoseri Resmi Bus Mitsubishi di Indonesia

Sejarah Karoseri Tentrem , Awalnya Hanya Khusus Po Tentrem Saja




22 thoughts on “Mengenal Karoseri Trijaya Union , Karoseri Legendaris Bus Mitsubishi Indonesia

  1. ane dulu waktu study tour naik bis Hasti sempat naik mitsu bm karoseri TU. waktu itu memang bagus bodinya, didukung mesin bus mitsubishi yg tarikan awalnya lebih kontan daripada hino ak17 yg agak lelet tarikan awalnya hehehe

    Like

  2. Suka bgt ama karoseri Trijaya Union yg model kaca lebar ini, seperti gambar bis lubuk basung jaya di atas, pernah charter bus luragung jaya model itu waktu ke kuningan, jos larinya, cuma kayaknya shockbreaker bis mitsubishi agak2 gimana gitu…atos rek…

    Like

    1. betul sekali, pada zaman itu mmg hampir semua chasis mitsubishi karoserinya trijaya union, po yang pake bus mitsubishi pasti karoserinya trijaya union

      Like

  3. Favorit saya adl bus mitsubishi mesin belakang dg bodi jetliner (jk tdk salah) trijaya union non ac. Garang suaranya. Terakhir naik tahun 1997 ada bus surabaya semarang satu2nya. Pernah juga lihat sumber kencono pakai body ini. Tapi saya cari2 fotonya kok g nemu ya… Adanya sahabat tapi yg ac. Kangen bus body tsb. Tolong jika ada fotonya

    Like

Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.