6

Mercedes Benz LG 1519 6×6, Versi Militer dari Mbah Mercy Nonong

awansan.com – bro sis, awansan yakin hampir semua pembaca pernah melihat truk ini di jalanan, yup inilah Mercedes Benz L series, di Indonesia truk ini lebih dikenal dengan sebutan Mercy Nonong atau Mercy Bagong, bagi yang pengen tau lebih dalam silahkan baca artikel awansan disini :D. nah jika kemarin awansan membahas versi sipil kali ini awb akan membahas versi militer dari truk ini.

Mercedes Benz LG 1519 merupakan versi militer dari truk Mercedes L series yang hanya di produksi khusus untuk Brazil.. Truk ini terlahir pada tahun 1970 an dalam rangka memenuhi kebutuhan truk angkatan bersenjata Brazil, fungsi utama dari truk ini adalah untuk menarik Artileri Meriam M114 dan sebagai trasnporter alat berat batalyon teknik.

Lupakan tampang culun ala mercy bagong standar, Mercedes Benz LG 1519 mempunyai tampang yang justru sangar dengan bemper besi dan pelindung lampunya, selain itu kabinnya juga menggunakan terpal sehingga bisa dibuka tutup seperti kendaraan militer lain, jika dilihat truk ini tidak kalah sangar dari truk REO yang juga banyak digunakan oleh militer Brazil. Karena ukurannya yang cukup besar maka tak heran jika truk ini mendapat julukan “Mamute” .

Untuk urusan mesin, truk ini juga istimewa karena dilengkapi dengan mesin yang berbeda denganMercy L series lainnya, Jika L series standar hanya menggunakan mesin OM352 bertenaga 130 hp, maka LG 1519 ini sudah menggunakan mesindiesel  OM-355/5, dengan konfigurasi 5 silinder inline yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal hngga 215 HP @2.200 rpm, sementara untuk transmisi menggunakan transmisi manual 5 maju dan 1 mundur .

Kesitimewaan lain dari truk ini terletak pada kaki kakinya yang menggunakan basis kendaraan lapis baja Engesa Sucuri , konfigurasinya unik karena mirip seperti boomerang, hanya menggunakan satu gardan kemudian digunakan untuk menggerakkan keempat roda belakang. Sistem penggeraknya 6×6 dan sangat handal digunakan di medan offroad

Berat kosong truk ini adalah 10.8 ton , sedangkkan Kapasitas maksimum on road dari truk ini adalah 32 ton, dan untuk offroad adalah 5 ton, dibanding versi sipilnya LG 1519 ini sudah dilengkapi dengan kabin dan bemper yang sudah diperkuat, tersedia juga winch yang bisa digunakan dalam keadaan darurat.

Truk ini berdinas cukup lama di angkatan Bersenjata Bazil, karena baru dipensiunkan tahun 2014, , sayangnya truk ini khusus busat Brazil, andaikata masuk Indonesia, pasti buat rebutan kolektor đŸ˜€ .

Source
veiculosmilitaresdomundo.blogspot.co.id/

(Visited 47 times, 1 visits today)

awansan

6 Comments

  1. kemarin aku habis dari museum angkot..wah nemu boil boil model seperti ini memang keren..
    disana koleksinya lengkap bang..cuma yang mercy kebanyakan sedan..

  2. truk truk jadul banyak yang kaca depannya bisa dibuka. yang jadi pikiran saya, apa buka kaca samping saja masih kurang semriwing hingga perlu buka maca depan. lagi pula kan rawan kliliben

    • mungkin karena hawa brazil panas, tidak sama dieropa yg dingin, makanya butuh extra ventilasi. pikir-pikir cocok juga di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *