Jejak Sejarah Bus Tingkat di Kota Semarang

Assalaamualaikum bro sist, pada era 80an bus merupakan alat transportasi utama hampir di semua kota besar Indonesia, harap maklum pada zaman tersebut belum banyak orang yang memiliki kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. Oleh karena itu pemerintah pun selalu berusaha menyediakan berbagai angkutan umum untuk menunjang aktivitas perekonomian kota, salah satunya adalah menyediakan bus bus kota yang kemudian biasanya dioperasikan oleh perum Damri.

Well kembali ke laptop, baru baru ini masyarakat Kota Semarang dikejutkan dengan peluncuran bus tingkat citytour oleh pemerintah semarang, padahal sebetulnya tahun 80an bus tingkat pernah beroperasi di Semarang juga lhoo, dan digunakan sehari hari sebagai bus kota.

Jujur awb sendiri sempat kesulitan untuk mencari sumber yang kredibel tentang keberadaan bus kota tingkat di Semarang, namun titik cerah kemudian muncul tatkala facebook Perpustakaan Nasional Indonesia mengupload foto di bawah ini, sungguh benar benar informasi yang berharga.

Dari arsip tersebut bisa diketahui bahwa ada 10 unit bus tingkat yang beroperasi di Kota Semarang, unit unit tersebut sudah beroperasi sejak 7 November 1981.

Bus tingkat yang digunakan adalah Leyland Atlantean yang diimpor secara CBU dari inggris, bus ini melayani rute Pasar Johar – Jrakah, dengan harga karcis 150 rupiah, murah kan hehehe.. Well demikian artikel kali ini, semoga menambah pengetahuan kita semua, thanks for reading 😀🙏

Wassalaamualaikum

Iklan

2 thoughts on “Jejak Sejarah Bus Tingkat di Kota Semarang

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s