0

Sejarah Bus Trans Jogja , Moda Transportasi Murah dan Nyaman Kebanggaan Kota Yogyakarta

awansan.com – Assalaamualaikum bro sist, bagi anda semua yang tinggal di jogja, atau pernah ke jogja tentunya tidak asing dengan bus yang satu ini :D, bagi awb sendiri adanya bus Trans Jogja merupakan suatu terobosan besar, mengingat banyak bus kota jogja yang keadaannya sungguh memprihatinkan. Bus Trans Jogja seakan menjadi oase pagi pengguna bus kota di Jogja, dengan tarif yang murah dan bus yang cukup nyaman.

FYI sebetulnya rencana pembuatan Trans Jogja sudah ada sejak tahun 2004, Guna meningkatkan trasnportasi perkotaan, Dinas Perhubungan DIY melakukan studi kelayakan angkutan eksekutif pada Bus Patas. Bus Patas merupakan sebutan Trans Jogja saat itu. Sedangkan Penetapan nama ‘Trans Jogja” diberikan oleh Gubernur DIY pada tahun 2007. Akhirnya bus Trans Jogja mulai beroperasi tahun 2008 setelah melakukan 10 kali percobaan.

Armada Awal Bus Transjogja (source : buserbbs)

Armada awal bus Trans Jogja berwarna Hijau dengan menggunakan chasis Bus Mitsubishi dan Hyundai.

Dalam mengelola Trans Jogja, Dinas Perhubungan bekerjasama dengan PT Trans Tugu Jogja (JTT) sebagai penyedia bus. Pada awal beroperasi, trans Jogja memiliki 54 Bus dengan 76 Halte. Kemudian pada tahun 2010 Trans Jogja menambah 36 Halte. Pada tahun 2011 Trans Jogja menambah 10 titik halte portable.

Pada tahun 2012 Trans Jogja mendapat Rekor MURI sebagai transportasi pertama yang menggunakan fitur e-ticketing (Tiket elektronik) di Indonesia. Trans jogja bekerjasama dengan empat bank nasional, yaitu BRI, BNI, BCA, dan Bank Mandiri.

Pada tahun 2017 Dinas Perhubungan bekerjasama dengan PT Anindya Mitra International (AMI) dalam mengelola Trans Jogja. Dikarenakan kerjasama dengan PT JTT berakhir pada 2016. Trans Jogja terus berusaha meningkatkan kualitas transportasi dengan memperbaiki bus, menambah armada bus dan halte.

Pada tahun 2016 Trans Jogja kembali mendapat tambahan 25 unit bus baru dari Pemrov DIY, bus Trans Jogja yang baru kali ini berubah wajah. Jika sebelumnya didominasi warna kuning dan hijau, unit yang baru berwarna biru

Saat ini armada bus berjumlah 105 bus dengan 15 jalur, Halte permanen berjumlah 113, dan halte portable berjumlah 90. Diharapkan dengan perbaikan tersebut Trans Jogja dapat melayani masyarakat dengan baik.

Source : Dinas Perhubungan Yogyakarta

(Visited 86 times, 1 visits today)

awansan

Leave a Reply