Sejarah Toyota land Cruiser Part II : FJ20 dan FJ30 Series

Dear pembaca semua, setelah sukses dengan Toyota Jeep BJ, maka pada bulan agustus 1955 Toyota Motor meluncurkan Generasi penerus Toyota BJ , dengan nama Land Cruiser 20 Series (Kode FJ 20) . FJ20 series merupakan penyempurnaan dari Toyota BJ, Jika Toyota BJ didesain awalnya untuk militer, maka Toyota FJ 20 series didesain menyasar rakyat sipil..

Interior FJ 20

3 row seat

Karena di di fokuskan untuk pasar sipil, maka Toyota pun melakukan banyak improvisasi yang meningkatkan kenyamanan pada Land Cruiser FJ 20 series, yang pertama adalah remounting mesin 120mm ke depan, sehingga akhirnya kabin bisa diperluas 20 cm, tentunya kabin menjadi labih legaaa.. Yang kedua adalah suspensi yang lebih lembut, dimana per daun dipanjangkan dan ditipiskan, Suspensi FJ 20 series tidak lagi diambil dari toyopet (9 lembar per daun) melainkan dari Toyota Crown (4 lembar per daun), Toyota juga menambah bushing karet di shackle, sehingga getaran dari jalan bisa teredam lebih baik..

Toyota BJ , dengan 9 per daun

FJ 20, dengan 4 per daun diperpanjang

Dalam masa produksinya Toyota Land Cruiser FJ 20 Series menggunakan 1 jenis mesin, tetapi dengan outpout yang berbeda, FJ 20 produksi awal  menggunakan mesin Tipe F , 3.9L 6 silinder segaris, dengan kompresi 6.8 mesin bertenaga 105 ps, sedangkan di FJ 20 produksi akhir kompresi ditingkatkan menjadi 7.5 sehngga tenaga pun kemudian melonjak menjadi 125 ps ..dengan kompresi serendah ini mesin menjadi sangat awet dan tahan banting ..  tenaga dari mesin kemudian diteruskan via gearbox 3 percepatan yang dilangkapi syncromesh di gigi ke 2 dan ke 3 ..

Land Cruiser FJ 20 series dipasarkan dengan bermacam macam wheelbase, dan dibuat dalam model Canvas Top dan Station Wagon. Model Pick-up juga diproduksi. mulai dari FJ 25 (Canvas Top/2 door/Short Body),, FJ 25V (Hard Top/2 Door/Short Body),, FJ 28V (Hard Top / 2 Door / Semi-Long Body),, FJ 28 VA (Hard Top / 4 door / Long Body),, FJ 35V ( Hard Top / 4 door / Long Body),, dan FJ Pick Up ..

Toyota Land Cruiser 20-30 series diproduksi dalam kurun waktu 5 tahun, mulai tahun 1955 dan ditutup pada tahun 1960, penerus FJ 20 series adalah Land Cruiser 40 series (FJ/BJ/HJ), atau di Indonesia lebih dikenal sebagai Toyota Hardtop, Insya Allah akan awb bahas di artikel selajutnya, oke cukup sekian artikel kali ini, masukan dan revisi dari pembaca are welcome 😀 ..

FJ 35V

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Info, Mobil

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s