Sejarah Daihatsu Taft Part III : Taft GT, Hiline dan Rocky

Assalaamualaikum bro sist, bagaimana kabarnya ? well semoga semua selalu sehat wal afiat 😀 , oh ya kali ini awb akan melanjutkan pembahasan sejarah Daihatsu Taft, bagi yang belum membaca bisa dibaca disini untuk pembahasan pertama ( Taft F10/20) dan pembahasan kedua (Taft F50) .

Image result for taft gt

Taft GT generasi pertama

Daihatsu Taft GT (F70)

Kesuksesan generasi Taft F10 dan F50 series tidak membuat Daihatsu menjadi terlena, bahkan secara mengejutkan pada tahun 1985 Daihatsu meluncurkan generasi Taft F70 di Indonesia. , Generasi F70 ini kemudian lebih populer dengan nama  Taft GT.  Jika Dibanding generasi Taft F50 Series maka bisa dibilang Taft GT ini betul betul all new di segala aspek.

Di sektor eksterior model body menjadi lebih kotak dan mempunyai banyak sudut tegas sehingga menambah aura maskulin, pun dengan dimensi kendaraan yang juga ikut membesar. Tak ketinggalan sektor interior juga dibenahi sehingga kesannya jauh lebih manusiawi dibanding generasi sebelumnya.

Urusan mesin Daihatsu Taft F70 juga menggunakan mesin diesel yang lebih besar dan bertenaga daripada sebelumnya,  mesin dengan kode  DL41 ini mempunyai kapasitas 2.8L (2765 cc) berteknologi indirect injection. Tenaga maksimumnya mencapai 72 hp (53,5 kW, 73 ps) @ 3600 rpm dan torsi maksimumnya 170 Nm / 125 ft-lb @ 2200 rpm. Mesin ini dikenal bandel karena masih menggunakan timing gear sebagai penggerak katupnya dengan pompa injeksi masih menganut model in-line.  Tenaga dari mesin kemudian diteruskan ke roda menggunakan transmisi manual 4 percepatan.

Di sektor kaki kaki daihatsu Taft F70 series sudah menggunakan rem cakram di roda depan, sedangkan roda belakang masih teromol, untuk meningkatkan kinerja rem, daihatsu juga memberikan booster rem yang lebih mumpuni sehingga makin nyaman digunakan. Mewarisi kemampuan Off road dari generasi sebelumnya Semua Taft F70 yang beredar dilengkapi dengan kemampuan 4wd. Dengan 2 gardan solid depan belakang. 

Untuk sektor kaki kaki, Taft GT masih mempertahankan per daun (leafspring)  yang dibantu oleh shock absorber baik di depan maupun belakangOh ya Taft GT sudah dilengkapi dengan power steering sehingga stir lebih ringan.

 

Taft Rocky (F75)

Selain meluncurkan Taft GT, Daihatsu meluncurkan versi baru dari Taft yang diberi kode F75, atau kemudian lebih populer disebut sebagai Taft Rocky. Berbeda dengan Taft GT yang atapnya paten, Taft Rocky memiliki atap removable yang terbuat dari resin, selain itu whellbasebya juga lebih panjang dibandingkan Taft GT.

Image result for brosur rocky

Update Tahun 1988

Pada tahun 1988 Daihatsu memberikan update cukup signifikan, antara lain  mengganti mesin DL41 dengan  Diesel DL42, meskipun volume total silinder masih sama (2765 cc). Tetapi mesin ini sudah menggunakan timing belt sebagai penggerak katup, selain itu pompa solar juga berubah menggunakan injeksi rotari menggantikan pompa injeksi in-line pada  mesin DL41. Transmisi juga mendapat upgrade dari 4 speed menjadi 5 speed.

Sedangkan di sektor eksterior lampu depan yang awalnya berbentuk bulat kemudian berubah menjadi kotak.

Image result for brosur daihatsu taft independen

 

Taft Hiline (F69)

Khusus Di Indonesia Daihatsu juga meluncurkan Taft versi 4×2 yang kemudian berkode Taft F69 (Hiline), Taft Hiline diluncurkan tahun 1986 dengan 3 variasi whellbase, sebelum tahun 1988 Hiline series masih menggunakan mesin DL41, sedangkan setelah tahun 1988 Hiline series juga mendapat upgrade mesin DL42.

Varian Whellbase Taft Hiline 

(Hiline GTS, short-wheelbase),

(Hiline GTX, medium-wheelbase),

(Hiline GTL, long-wheelbase).

Meskipun secara resminya merupakan 4×2 tetapi beberapa Hiline pesanan khusus ada juga yang berpenggerak 4×4 untuk varian GTS dan GTL . Hingga akhir masa produksinya di tahun 2007 -2008 Taft Hiline semuanya menggunakan per daun, hal ini dikarenakan Hiline banyak digunakan sebagai angkutan kargo dimana per daun dianggap memiliki durabilitas yang lebih baik.

Related image

Hiline GTS

 

Related image

Hiline GTL

 

Image result for daihatsu hiline brosur

Hiline Pick Up

TAFT INDEPENDENT (F73)
Pada tahun 1996, Daihatsu meluncurkan generasi terakhir Taft yang diberi kode F73. Taft generasi ini juga disebut Taft Independen tkarena telah memakai suspensi independen (Independent front suspension) untuk roda depan dan gardan solid dengan per keong untuk roda belakang. penggunaan per keong membuat Taft Independen lebih nyaman digunakan,

Secara Eksterior tidak ada perbedaan bentuk yang signifikan antara F73 dengan F70 kecuali pada gril dan lampu bagian depannya, mesinnya juga tetap menggunakan mesin diesel DL42 2.8L (2765 cc) yang dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan.

Selain F73, Daihatsu juga meluncurkan Rocky generasi terbaru yang diberi kode F78. Pembaharuan yang dilakukan sama dengan F73, yang membedakan keduanya hanyalah sumbu rodanya saja. Taft F73 dan F78 diproduksi di Indonesia hingga tahun 2007.

 

Iklan

2 comments

  1. bagus artikelnya,jd bernostalgia deh,hehe
    serie 4×4 Daihatsu bersama LandRover dan LandCruiser merupakan kendaraan2 yg sangat familiar di masa kanak2 saya,saya tinggal di Kalimantan,dan dulu,untuk menembus area pedalaman,hanya mobil2 inilah yg mampu.Suzuki,walaupun ada serie 4x4nya sangat jarang ditemui dipedalaman,mungkin karna terlalu mungil kali yah,gak muat banyak.

    Suka

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s