Sejarah Suzuki Carry 1000 , Legenda Mobil Suzuki di Indonesia

awansan.com – Assalaamualaikum bro sist, siapa yang tidak kenal dengan Suzuki carry ? mobil yang sempat merajai jalanan Indonesia di era 80 -90 an di sektor kendaraan niaga  mobil ini tak kalah legendarisnya dari Mitsubishi Colt T120 dan Mitsubishi Colt L300 . Bahkan hingga sekarang Suzuki Carry masih bisa dengan mudah kita temukan di jalanan terutama dalam bentuk angkot , pick up dan minibus.

Suzuki Carry 1st Gen (Carry Bagong)
Suzuki Carry generasi pertama keluar tahun di Indonesia pada tahun 1984, dengan ciri utama  lampu depan bulat. Suzuki Carry generasi pertama ini kemudian lebih dikenal dengan nama Carry Bagong, generasi pertama ini bisa dibilang masih sangat sederhana karena masih mengandalkan rem tromol di depan dan belakang.

Untuk urusan mesin, Suzuki Carry dibekali oleh mesin legendaris berkode F10A berkapasitas 970 cc, 4 silinder, OHC. Tenaga yang dihasilkan 44 hp @ 5.300 RPM dan torsi 75 Nm @ 3.200 RPM, tenaga dari mesin kemudian disalurkan via gearbox 4 speed ke roda belakang.

Mesin Suzuki Carry bisa dibilang mesin sejuta umatnya milik Suzuki, karena mesiin ini juga digunakan oleh produk Suzuki yang lain seperti Suzuki Jimny, Suzuki Katana, Suzuki Forsa dan Suzuki Karimun, banyaknya mesin yang beredar membuat ketersediaan spare part melimpah dan mudah didapatkan dimana – mana. 

Selain dijual dalam bentuk pick up, Suzuki Carry 1000 juga banyak dibuat minibus oleh berbagai macam karoseri lokal seperti Adi Putro, Alexander, New Armada, ABC, Tugas Anda, Tugas Kita, Kuda Terbang, Gajahmada, Podo Joyo dan sebagainya.

Suzuki Carry 2nd Gen
Pada tahun 1986, muncul versi facelift dengan bentuk lampu yang berbentuk trapesium, namun model ini hanya beredar sebentar karena ternyata banyak orang yang lebih suka dengan model lampu bulat seperti generasi sebelumnya.

Gambar terkait

Suzuki Carry 3rd Gen ( Carry Extra )
Suzuki Carry kembali mendapat facelift di tahun 1988 dengan ciri khas  lampu kotak dan bagian depan yang sedikit lebih maju. pada tahun ini Suzuki Indomobil juga memberikan major change pada Carry ST100 diantaranya adalah perubahan pada model kabin dan dashboard.

mesin F10A yang digendong juga dinaikan kemampuannya sehingga mengeluarkan tenaga sampai 50HP dan dikawinkan dengan transmisi 5 speed, serta diberikan rem cakram pada roda depan. Selain itu, Carry Extra ini diberikan fitur takchometer.Carry ini kemudian diberi julukan Carry Extra sesuai pada tulisan yang ada pada pintu jendela depan.

Suzuki Carry 4th Gen ( Carry Injeksi )
pada tahun 2005 Suzuki Carry kembali mendapat update di sektor mesin,  dengan mengganti sistem pasokan BBM karburator menjadi sistem injeksi elektronik, namun sayang versi ini hanya bertahan setahun karena pada tahun 2006 Suzuki Carry dihentikan produksinya.

Hasil gambar untuk iklan mobil tempo dulu

Suzuki Carry 1000 di Indonesia memiliki keistimewaan berupa chasis yang lebih panjang 10 – 20 cm dibandingkan dengan Suzuki Carry diluar negeri, sehingga meskipun kelihatannya kecil Suzuki Carry 1000 bisa muat 9 orang, bahkan bisa lebih kalau dijejal jejalkan. keunggulan lainnya adalah rem depan sudah dilengkapi dengan boster, sehingga lebih ringan, rem depan pun sudah mengaplikasikan  cakram. mesinnya  juga terbilang irit dan bandel, dan sparepart bertebaran dimana mana.

Dengan semua keunggulan tersebut tak pelak membuat Suzuki Carry 1000 laris manis, bahkan sempat menjadi tulang punggung penjualan mobil Suzuki di Indonesia.

Foto Ranger Giga.

Foto Agus Bramantyo.

source pic : ranger giga

Advertisements

6 comments

  1. Beneran bisa muat 9 orang dewasa. Depan 2, tengah 3 dan belakang bisa 4 org. Padahal klo dari luar kecil bgt bentuknya.
    Kakak punya tahun 93. Klo pulang ke Pringsewu, Lampung pasti di ledek sama petugas pelabuhan merak, katanya emang kuat.
    Padahal tuh carry tiap bulan jalan Depok – Pringsewu

    Like

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.