Kisah Suzuki Carry Futura, Mobil Van Andalan Suzuki Indonesia

Foto Historika Eleganitas Literasi Periklanan.

Bismillah

Assalaamualaikum bro sist, setelah kemarin kita membahas tentang Suzuki Carry 1000 maka kali ini kita kan membahas adiknya yaitu Suzuki Carry Futura, berbeda dengan Suzuki Carry 1000 yang kini telah tutup usia, Suzuki Carry Futura masih tetap diproduksi hingga kini dan menjadi tulang punggung penjualan Suzuki Indonesia di segmen mobil niaga, mobil ini tetap laris meskipun Suzuki Indonesia sudah mengeluarkan Suzuki Mega Carry/APV yang lebih modern dan lebih nyaman.

Suzuki Carry Futura pertama kali diproduksi pada tahun 1991, mobil ini berbagi platform dengan Mitsubishi, kalau sekarang mirip mirip lah seperti Xenia dan Avanza, namun kala itu Suzuki Memberi nama produknya Suzuki Futura, sedangkan Mitsubishi memberi nama Colt T120SS , namun meskipun bentuknya sama, mesin yang digunakan berbeda.

Pada awal kemunculannya Suzuki Futura menggunakan mesin bensin G13A , mesin ini merupakan mesin baru bagi Suzuki pada saat itu, mesin G13A mempunyai konfigurasi 4 silinder inline 8 valve, berkapasitas 1326 cc, dengan konfigurasi Bore x Stroke : 74.0 x 77.0 mm bisa dibilang mesin ini bertipe overstroke, sementara untuk sektor pengkabutan masih mengandalkan karburator. Tenaga yang dihasilkan mesin ini adalah 63 ps @6000 rpm, dan torsi 100 nm @3500 rpm, baik tenaga maupun torsi naik cukup signifikan dibanding mesin F10A milik Suzuki Carry. Tenaga dari mesin kemudian disalurkan via transmisi manual 5 speed ke roda belakang.

Suzuki Futura generasi awal memiliki beberapa varian yaitu

Type SRV  (Standar Real Van ) ,  SRV merupakan varian terendah Futura, tidak ada AC, tidak ada radio tape dan menggunakan velg kaleng.

Type DRV (Deluxe Real Van) sudah ada radio tape, AC single blower yang ada di dashboard, dan menggunakan velg racing palang 3/velg kaleng + dop,  jok baris 3 hadapan.

Suzuki Carry GRV (Grand Real Van) varian tertinggi  bermesin 1500cc dengan fitur terlengkap seperti: radio tape,central lock, AC double blower ,menggunakan velg racing palang 5, jok baris ke 3 mengadap kedepan.

Hasil gambar untuk brosur suzuki futura

Mulai tahun 2000an varian SRV dihilangkan, dan Carry Futura hanya memiliki 2 tipe, yaitu tipe GX dan DX.
Futura  Real Van GX,  memiliki fitur air conditioning, side body moulding, radio tape, ABS door trim, rear foot step, electrical door lock dan high mount brake lamp.  sedangkan Tipe DX  hanya mendapat fitur High mount brake lamp, rear foot step, dan Central Door Lock

seiring dengan kebijakan baru pemerintah tentang standar emisi, Futura kemudian diupgrade mesinnya dengan perangkat injeksi, mesin injesksi yang digunakan adalah G15A, 4 silinder, 1492 cc, 16 valve, multi point injection, yang mampu memberikan tenaga maksimal 78.8 PS/5.500 rpm dan torsi maksimal 122 Nm/3.000 rpm, dimana mesin ini juga digunakan oleh Suzuki APV .

Selain diproduksi oleh Indomobil, Suzuki Carry Futura juga dikaroseri oleh Adiputro Malang, Futura hasil Karoseri Adiputro kemudian diberi nama Suzuki Aventura, ciri khas karoseri Adiputro adalah bodynya yang lebih membulat, yang disebut oleh adiputro sebagai “Dynamic Rounded Body” . 

Meskipun Suzuki Indonesia sudah mengeluarkan Suzuki APV yang lebih modern, Suzuki Carry Futura masih tetap diproduksi hingga kini karena masih adanya permintaan masyarakat.

Iklan

4 comments

  1. Mobil pertama keluarga saya th 83-84 adalah suzuki ST20 dengan mesin 2 tak kalo gak salah dan mesin cuma 550cc tanpa ac kaca masih geser dan rem parkir model tarik. Mobil berikutnya baru suzuki carry 1000cc masih tanpa ac tapi velg sudah racing dan jok depan sudah misah terus cat sudah metalik….

    Suka

  2. Pernah punya SRV 1.5 buatan tahun 2001
    Beli baru,cash sekitar 70 jutaan lebih dikit ( pas nya berapa,lupa )
    Pasang AC,audio & LCD tv sendiri.
    Pakai 12 tahun,belum pernah rusak,belum pernah mogok.
    Hanya ganti kanvas rem 2x
    Dijual tahun 2013 karena ada saudara memaksa pingin beli 50 juta tanpa nawar 🙂

    Suka

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.