Sejarah Karoseri Nusantara Gemilang , Pendatang Baru Yang Langsung Menggebrak Pasar Indonesia

Bismillah

Assalaamualaikum bro sist, jika dibandingkan dengan karoseri besar lain seperti Adiputro, Laksana, Morodadi Prima dan New Armada, bisa dibilang Karoseri Nusantara Gemilang merupakan pendatang baru, karena berdasarkan akta notaris, Karoseri yang terletak Jl. Raya Demak-Kudus Km. 5, ini baru didirikan sekitar tahun 2011, namun di umurnya yang muda ternyata Karoseri Nusantara Gemilang langsung menggebrak pasar karoseri bus premium dengan produk produknya yang Inovatif dan anti maistream.

Karoseri Nusantara Gemilang sendiri merupakan hasil kerjasama antara Po Nusantara Kudus dan Gemilang Coach Malaysia, dimana teknisi dan pekerjanya sudah dilatih dan disertifikasi terlebih dahulu di Malaysia, bahkan alat-alat produksi bus pun didatangkan secara lengkap dan utuh dari Malaysia, maka tak heran jika bus bus produksi Nusantara Gemilang mempunyai model yang sama dengan bus produksi Gemilang Coach Malaysia.

Salah satu inovasi dari karoseri dari karoseri Nusantara Gemilang adalah seluruh produk busnya menggunakan panel alumunium yang lebih kuat, ringan dan tahan terhadap karat.

Image result for skybus nusantara gemilang

Skybus milik Po Nusantara

Produk pertama Karoseri Nusantara Gemilang adalah Skybus, secara sekilas mungkin kitaakan mengira bahwa bus ini adalah Travego asli Eropa karenna bodynya yang begitu jangkung, tapi ternyata ini adalah produk pertama Nusantara Gemilang, beberapa Po yang menggunakan body model Skybus adalah Nusantara dan Pahala Kencana.

Maxy Miracle Single Decker mlik Po Primadona (Sulawesi)

Nusantara Gemilang kembali membuat kejutan ketika meluncurkan model keduanya yaitu Maxy Miracle Single Deck, kehadirannya langsung membetot animo publik lantaran modelnya yang tidak pasaran, dan ukuran bodynya juga terlihat Jumbo, maklum saja karena Maxi Miracle Single-Deck tingginya 3.850 mm alias 3,85 meter, hanya beda tipis dengan bus double decker.

Struktur bus Maxy Miracle menggunakan sistem u hoop high tensile galvanised steel. Besi rangka yang digunakkan adalah besi yang digalvanis dengan proses high tensile, sedangkan pelat penampang bodi menggunakan aluminium khas karoseri Nusantara Gemilang.

Bagasi Maxy Miracle

Keunggulan lain dari Maxi Miracle adalah bagasinya yang superbesar, dengan tinggi bagasi mencapai 110 cm , bagasi yang berukuran jumbo seperti ini memungkinkan beragam jenis barang besar seperti sepeda motor bisa diangkut ke dalam bus. Dengan semua keunggulan tersebut wajar saja jika kemudian banyak Po bus yang kemudian kesengsem.

Image result for maxi miracle double decker nusantara gemilang

Maxy Miracle Double Decker

Selain Maxi Miracle single decker Nusantara Gemilang juga Kemudian juga meluncurkan produk Maxi Miracle Double Decker. Maxi Miracle Versi Double-Deck pertama dibangun di atas chassis MAN R37, ukurannya pun jumbo dengan tinggi bus mencapai 3,9 meter.

Hingga saat ini sudah puluhan bus Maxi Miracle double decker yang sudah diproduksi, dengan pengguna terbanyak adalah Transjakarta. Baru baru ini pemkot semarang juga telah membeli satu unit maxi miracle double decker dan digukanan sebagai bus wisata semarang.

Image result for maxi miracle double decker nusantara gemilang

Karoseri Nusantara Gemilang juga melebarkan pangsa pasarnya dengan mengembangkan bus kota low floor dan high floor, produk pertama bus kota low floor dibangun diatas chasis MAN 18.220 lansiran Jerman. sedangkan versi high floor menggunakan Mercedes Benz 2542 , dan ternyata berhasil suskses dengan dipesannya 101 unit city bus oleh PT Transjakarta memesan , rencananya 101 unit bus tersebut akan dibangun menggunakan chassis dari Mercedes-Benz dan Scania.

Citybus Maxytrans Produksi Karoseri Nusantara Gemilang

Demikianlah pembaca sekilas sejarah Karoseri Nusantara Gemilang, thanks for reading and see you next time

Wassalaamualaikum

Foto Kakang Nakula Sadewa.

Karoseri Nusantara Gemilang (source: kakang nakula sadewa)

Foto Kakang Nakula Sadewa.

 

Iklan

2 comments

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s