Spesies Bus Langka di Indonesia, Mercedes Benz OH 1632

Bismillah

Assalaamualaikum bro sist, masih bertema “spesies bus langka” kali ini kita akan membahas tentang Chasis Mercedes Benz OH 1632 yang hanya ada satu di Indonesia, oh ya bagi pembaca semua yang belum membaca artikel sebelumnya bisa klik link di bawah ini 😀 .

Spesies Bus Langka di Indonesia Mercedez Benz OH 1634 L Megatrend

Spesies Bus Langka di Indonesia Mercedez Benz OH 1725

Mercedes Benz OH 1632  masuk Indonesia pada tahun 2003 – 2004 bersamaan dengan masuknya Chasis Bus Mercedes Benz OH 1725, dan memang masuknya Mercedes Benz Oh 1632 merupakan bagian dari rencana Mercedes-Benz Indonesia untuk menghadirkan bus berfitur suspensi udara dan bertenaga besar.

Mercedes Benz OH 1632 mengusung mesin tipe OM 926 LA yang berkapasitas 7200cc, konfigurasi mesin ini adalah 6 silinder inline, dengan sokongan Turbo dan Intercooler mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 320 HP dan  torsi maksimal 1200nm, mesin ini sama dengan mesin yang digunakan oleh Mercedes Benz OH 1830 hanya saja standar emisinya yang berbeda. Tenaga dari mesin kemudian disalurkan ke roda melalui transmisi manual 6 speed.

Selain tenaga yang besar keunggulan lain dari Chasis ini adalah bulit in air suspensionnya, tentunya air suspension membuat penumpang jauh lebih nyaman ketika perjalanan, namun sayangnya fitur suspensi udara untuk chassis Mercedes-Benz yang ditawarkan pada tahun 2003 lalu ini belum bisa diserap pasar. karena harganya dirasa masih terlalu tinggi, maka jadilah bus ini hanya sebatang kara di Indonesia.

 

Setelah sampai di Indonesia, bus ini kemudian sempat setahun digunakan oleh salah satu operator bus Indonesia,  kemudian  chassis OH-1632  menjadi chassis yang digunakan untuk pendidikan mekanik di Mercedes-Benz, sampai pada akhirnya Chasis ini dibeli oleh Blue Star dan ditempatkan pada divisi pariwisata Jakarta.

 

Iklan

One comment

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.