Sejarah Karoseri Rahayu Santosa , Salah Satu Karoseri Terbesar di Indonesia

awansan.com –  Dari puluhan karoseri yang ada di Indonesia, Bisa dibilang Karoseri ini merupakan salah satu karoseri tertua di Indonesia yang masih mampu bertahan hingga sekarang. Karoseri Rahayu Santosa awalnya didirikan oleh Bambang Mulyadi pada tahun 1951 dan berlokasi di Jalan Sukasari Bogor.

Mungkin tidak banyak yang tahu jika awalnya Rahayu Santosa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang transportasi angkutan umum. Pada waktu itu, perusahaan ini melayani trayek Jakarta, Bandung, Sukabumi, dan sekitarnya.

Seiring dengan perkembangan perusahaan sekaligus menjawab kebutuhan akan jumlah bis yang semakin meningkat, maka pada tahun 1972 Rahayu Santosa kemudian mulai melebarkan sayapnya ke dunia karoseri, Tidak hanya bus saja tapi Karoseri Rahayu santosa juga memproduksi body untuk Colt T120 yang memang pada saat itu permintaannya sangat tinggi.

Tidak lama setelah mendirikan karoseri akhirnya Rahayu Santosa memutuskan mundur dari bisnis perusahaan otobus dan lebih fokus untuk membangun karoserinya, keputusan ini ternyata berbuah manis dengan semakin moncernya Karoseri Rahayu Santosa, banyak perusahaan otobus yang mempercayakan pembuatan body di karoseri ini karena produknya dikenal kuat dan berkualitas tinggi, terutama bagi perusaan otobus yang berasal dari Jawa Barat dan Sumatera , bahkan lama kelamaan Karoseri Rahayu Santosa mampu menyishkan Karoseri Telaga Herang dan International yang berada dalam satu kota .

Tahun 1980 hingga 199o bisa dibilang era keemasan karoseri Ini , saat itu Rahayu Santosa bersaing sengit dengan Karoseri – Karoseri besar lain di pulau Jawa , Seperti Morodadi Prima dari jawa Timur dan New Armada di Jawa Tengah.

Selain kuat body bus buatan Karoseri Rahayu Santosa mempunyai desain yang khas pada setiap model busnya, yaitu simpel dan elegan, tidak neko neko, tapi justru inilah yang kemudian banyak digemari oleh penggemar otobus, pada era 90an Karoseri Rahayu Santosa banyak mengeluarkan model – model bus yang sangat legendaris seperti Setra, Euroliner, dan Jetliner..  bahkan model “Setra” sempat menjadi trensetter karoseri di Indonesia, karena akhirnya banyak karoseri lain  mengeluarkan model yang sama.

Seiring dengan pesatnya perkembangan  karoseri Rahayu Santosa pun membutuhkan area yang lebih luas untuk produksinya . Untuk itu Karoseri Rahayu Santosa kemudian membeli lahan seluas 3,6 hektar di Desa Nanggewer, Cibinong, setelah sebagian besar usaha dipindahkan ke Desa Nanggewer Cibinong,

Rahayu Santosa kemudian juga mendirikan anak perusahaan seperti PT Restindo Dayatama yang bergerak di bidang produksi bangku bis (seat factory) dan PT Prima Sentra Compositindo yang bergerak dalam industri Fiberglass dan PT. Karya Santosa Putra yang bergerak di bidang body repair.

PT Rahayu Santosa terus melakukan inovasi-inovasi dalam pengembangan produk, divisi, layanan hingga kualitas produksi. bahkan Sejak tahun 2010 hingga sekarang, PT Rahayu Santosa juga telah menerapkan ISO 9001: 2008 Quality Management System dan Go Green

Selain memproduksi body bus, Karoseri Rahayu Santosa juga memiliki divisi spesial design untuk memenuhi pasar kendaraan custom, seperti kendaraan tambang, box truck, ambulans dll.

Namun sayang seribu sayang, pada tahun akhir tahun 2018 ini Karoseri Rahayu Santosa memutuskan untuk sementara berhenti produksi karena adanya problem finansial, kita doakan semoga karoseri legendaris ini segera kembali bersaing di kancah Karoseri Nasional.

Baca Juga :

Sejarah Karoseri Adiputro , Trendsetter Karoseri di Indonesia

Sejarah Karoseri Morodadi Prima , Karoseri Tertua di Kota Malang

Sejarah Karoseri Rahayu Santosa, Karoseri terbesar di Jawa Barat

Sejarah Karoseri Restu Ibu , Karoseri Besar Yang Bermula Dari Usaha Taxi

Sejarah Karoseri New Armada , Berawal Dari Bengkel Karoseri Rumahan

Sejarah Karoseri Tugas Anda , Bermula Dari Bengkel Otomotif

Sejarah Karoseri Laksana , Karoseri Terbesar di Jawa Tengah

Sejarah Karoseri GMM , Karoseri Resmi Bus Mercedes Benz di Indonesia

Sejarah Karoseri Trijaya Union , Karoseri Resmi Bus Mitsubishi di Indonesia

Sejarah Karoseri Tentrem , Awalnya Hanya Khusus Po Tentrem Saja

Dan berikut ini daftar nama-nama bus produksi karoseri Rahayu Santosa:

  1. Jetliner
  2. Setra
  3. Millenium
  4. Concerto
  5. New Celcius
  6. Celcius
  7. Evo C
  8. Evo G
  9. Evo S
  10. Evo X
  11. Evolution
  12. Ecoline
  13. Tour Liner
  14. Skyliner 2012
  15. New Skyliner
  16. Viero
  17. New Viero
  18. Euroliner
  19. Aero Queen
  20. Jetliner (Double Decker)
Advertisements

10 comments

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.