Mengenal Lebih Dekat Volvo B11R 6×2 , Tonggak kembalinya Volvo ke Pasar Bus Indonesia

Bus Maxi Volvo B11R

Dear pembaca yang budiman, Volvo bukanlah merk baru dalam dunia perbusan di indonesia mengingat pada kurun waktu tahun 1981 hingga 1984, Volvo sudah mulai hadir di Indonesia sebagai penyuplai bus kota bertingkat di bawah program akuisisi Kementerian Perhubungan.

Mengenang Sejarah Bus Tingkat Volvo 

Pada tahun 200an Volvo juga kembali masuk ke pasar Indonesia, dengan produk andalannya yaitu Volvo B7R, produk ini sempat laris namun kemudian berlahan menghilang dari pasaran Indonesia, ditengarai karena mahalnya harga suku cadang, sehingga banyak Po yang akhirnya memilih untuk memensiunkan armada Volvo B7R

Sejarah Volvo B7R di Indonesia

Well setelah sekian lama menghilang akhirnya Volvo kembali ke pasaran Indonesia, melalui PT Indotruck Utama sebagai agen di Indonesia,  Volvo menyiapkan 128 unit Maxi bus untuk ikut dalam layanan Transjakarta. dan akan dioperatori oleh PT Steady Safe Tbk

Volvo B11R-370 6×2 memiliki keunggulan dengan chasis bus yang akan digunakan adalah produksi Volvo Bus Corporation, mesin menggunakan Volvo D11 berkapsitas 10.8 liter  yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 370 hp dan torsi maksimal 1750 nm, Konfigurasi bus ini adalah tiga axle 6×2, mirip dengan Scania K310 6×2..   besutan ZF, 6AP2000B, 6 percepatan otomatis. Transmisi ini dilengkapi dengan teknologi Automatic Idle Shift (AIS) dengan torque converter yang akan memposisikan bus secara otomatis pada gigi netral saat berhenti. Transmisi 6AP2000B ini terintegrasi dengan retarder dan electronic control system.

Sistem pengereman menggunakan twin-circuit system, dimana axle depan memiliki sirkuit yang terpisah dari kedua axle belakang. Kelebihan sistem ini dibanding sistem konvensional yang memiliki satu sirkuit, bus akan menjadi lebih stabil karena rem pada roda depan bisa menyesuaikan daya cengkeramannya sesuai kebutuhan. Mekanisme pengereman menggunakan Volvo disc brake yang dikontrol secara elektronik dengan sistem EBS generasi 5. Sistem EBS ini mampu mengontrol secara bersamaan sistem pengeraman ABS yang mencegah roda mengunci pada saat pengereman dan Electronic Stability program (ESP), yang membuat disc brake mengunci secara seragam, mencegah bus melintir pada saat pengereman mendadak pada kecepatan tinggi.

Untuk memberikan kenyamanan pada para penumpang, suspensi dari bus-bus Volvo Trans Jakarta menggunakan suspensi udara (air suspension) yang dikontrol secara elektronik dengan Electronically Controlled Suspension (ECS) ECS ini mengontrol 2 shock absorber hidraulik dengan sistem teleskopik double acting pada axle depan dan 6 pada axle belakang membuat bus dapat menyesuaikan kekerasan/kelembutan suspensi sesuai dengan kondisi jalan dan banyaknya penumpang yang diangkut. Stabilizer pada axle depan dan belakang membuat bus menjadi lebih stabil sekaligus mereduksi getaran yang tersisa setelah diserap oleh shock absorber.

Chasis bus Volvo B11R sudah menggunakan sistem modular dengan chasis space frame di bagian tengah, sehingga lebih fleksibel dalam penggunaannya, bisa digunakan sebagai bus kota Low Floor, volvo juga berpeluang digunakan sebagai bus antar kota biasa, tinggal menyesuaikan dengan chasis tengahnya saja.

 

Volvo B11R  Spec
Lenghth : 13m – 14m
Engine : Volvo D11K
Power : 370hp /430hp /460hp
Transmission : Volvo I-Shift Automatic or ZF Ecolife
Suspension :Volvo Beam or IFS
Brakes : Disc + ESP + VEB and Brake Blending, Hill Start Aid and Brake Assistant
Safety features : EBS – Electronic Braking System featuring ABS and ASR functions (Antilock and Antislip) ESP – Electronic Stability Programme. Driver support system including Collision Warning, Emergency Braking system (CWEB), Lane Keeping Support system (LKS). Adaptive Cruise Control (ACC) available as an option (only on I-Shift Gearbox).
Transmission : Volvo AT2412E I-Shift fully automated 12 speed gearbox with integral retarder. Optional ZF Ecolife 6AP2000B 6 speed automatic hydraulic transmission available (370hp engine only).

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.