Sejarah Bus Mitsubishi di Indonesia , Mitsubishi RM (Rear Engine)

Dear pembaca sekalian, setelah kemarin kita membahas tentang big bus Mitsubishi BM (front engine), maka kini kita akan membahas tipe kedua yaitu Mitsubishi RM, oh ya bagi yang belum membaca tantang mitsubsihi BM bisa dibaca pada link dibawah ini 😀 .

Sejarah Bus Mitsubishi Fuso Bm di Indonesia

Mitsubishi RM Series (Mesin Belakang ), berbeda dengan Mitsubishi BM yang banyak digunakan sebagai bus ekonomi,  bus Mitsubishi RM lebih banyak digunakan sebagai bus patas/eksekutif dengan rute AKAP,  meskipun begitu ada juga beberapa po yang menggunakan bus ini untuk bus kota. populasi Mitsubishi RM di Indonesia relatif lebih sedikit sehingga lebih jarang ditemui.

Mitsubishi RM117L (Tahun 1991-1995)
Pada tahun 1990an,  tren bus yang patas/eksekutif mulai menjamur, penumpang pun mulai memilih bus bus yang nyaman..  maka memasuki tahun1991, pasar dikejutkan dengan masuknya sasis bus Mitsubishi Fuso bermesin belakang (rear engine) seri RM117L. Bus bermesin belakang dianggap lebih nyaman bagi penumpang karena suara mesin tidak terganggu,  selain itu akses keluar masuk penumpang juga lebih mudah karena tidak adanya gundukan mesin di deoan.

Mitsubishi Fuso RM 117L merupakan jawaban Mitsubishi atas keluarnya Hino RK174 di Indonesia. Mitsubsihi Fuso RM117L disokong oleh mesin diesel 6 silinder inline type 6D16-1A..  Dengan muntahan tenaga 190Ps dan torsi 530 nm,  sementara  transmisi  yang digunakan adalah manual 5 speed type M6S5 . untuk whellbase nya hanya terdapat satu varian yaitu  wheelbase pendek  5.200 mm.  Hal ini membuat Fuso RM117 L laris manis dengan total jumlah yang dapat dipasarkan mencapai 432 unit.

Mitsubishi RM117N (1995-2000)
Pada tahun 1995 KTB meluncurkan Fuso RM117N,  dibekali dengan mesin yang lebih bertenaga yaitu Mitsubsihi 6D16T turbo diesel berkapasitas 7.545 cc, penggunaan turbo pun otomatis mendongkrak tenaga hingga 220 ps, selain pembaharuan mesin,  transmisi pun juga mendapat upgrade menjadi 6 speed , whellbase juga dimelarkan hingga 5.800,  sehingga bisa mengangkut lebih banyak penumpang,  hingga akhir masa produksinya Fuso RM117N berhasil terjual sebanyak 198 unit.

Sejumlah perusahaan otobus (PO) di berbagai kota terutama di Pulau Jawa dan Sumatera, tercatat pernah menjadi pelanggannya. Beberapa diantaranya seperti PO Budiman (Tasikmalaya), PO SAN,  PO Sumber Kencono dan PO Mira di Surabaya, PO Akas II di Probolinggo, dan PO Hasti serta PO Jaya Raya di Kediri,PO Warga Baru, PO Luragung, PO Putra Luragung, PO Sahabat, PO Setia Negara dan PO Madonna. PO Rawit Mulyo,  dan Po Rukun Sayur.

Kiprah Bus Mitsubishi di Indonesia akhirnya harus berakhir pada tahun 2000 karena seretnya penjualan,  para kompetitor juga keroyokan mengeluarkan produk yang lebih bertenaga Hino RG1J, MB1521 dan Nissan-UD RB87P.

Well demikian sekelumit sejarah Bus Mitsubishi di Indonesia, semoga menambah pengetahuan kita semua,  update dan revisi dari pembaca are welcome 😀 .

Source : google,  bismania.com,  busnesia.com,  baloghelmi,  mobilkomersial.com

Foto Widodo Groho Triatmojo.

Dashboard Mitsubishi RM ( source : widodo groho)

 

Foto Widodo Groho Triatmojo.

Engine Bay Mitsubishi RM ( source : widodo groho)

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s