Spesies Bus Langka di Indonesia, Mercy Vario 815D 4×4

Vario 815 4×4 ketika masih beroperasi ( Source : Eko Susanto)

awansan.com – Dear pembaca tersayang, kembali lagi kita berjumpa dalam pembahasan bus langka the series, nah  yang belum membaca bisa  klik link di bawah ini 😀

Bus yang akan kita bahas kali ini adalah Mercedes-Benz Vario 815D 4×4  , yang unitnya terbilang sangat langka di Indonesia, berdasar penelusuran awansan bus ini hanya ada 3 unit di Indonesia dimana 2 unit dimiliki oleh Perum Damri (DMR 3768 dan DMR 3769), sedangkan 1 unit dimiliki oleh TNI dan digunakan oleh paspampres.

Selain langka kesitimewaan lain dari bus ini adalah adanya sistem penggerak 4×4 nya yang mampu melahap segala medan, bus ini masuk Indonesia tahun 2000an.

Mercedes-Benz Vario 815D 4×4 menggunakan mesin diesel OM904LA, dengan konfigurasi empat silinder segaris berkapasitas 4,25 liter , meskipun kapsitasnya kecil namun mesin ini sudah dilengkapi dengan perangkat Turbo Intercooler untuk mendongkrak output tenaganya

Mesin OM904LA ini memiliki dua  pilihan tenaga yaitu 136 HP dengan torsi maksimum520 Nm, atau 150HP dengan torsi maksimum 580Nm. Tenaga dari mesin kemudian disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan ke gardan depan dan belakang.

Untuk sektor kaki kaki Mercedes-Benz Vario 815D 4×4 dilengkapi suspensi parabolic leaf springs, remnya juga sudah menganut ventilated disc brakes , perangkat power steering juga sudah menjadi standar sehingga manuver bus bisa menjadi lebih mudah .

Dua unit Mercy Vario milik DAMRI awalnya dipergunakan untuk bus perintis di rute  Sintang – Putussibau , beratnya medan di rute tersebut memang mebutuhkan kendaraan yang  berpenggerak  4×4 , namun seriring berjalannya waktu akhirnya satu unit bus kemudian rusak,  dan hanya tersisa satu unit bus yang beroperasi baik.

Bus yang tersisa kemudian dipindah ke pool Pool Damri Purworejo untuk direstorasi, untuk saat ini Vario 815D akhirnya digunakan sebagai armada Pariwisata.

BACA JUGA :

Spesies Bus Langka Di Indonesia , Mercedes Benz OH 1634 L Megatrend

Spesies Bus Langka di Indonesia , Mercedes Benz OH 1632 V6

Spesies Bus Langka di Indonesia , Mercedes Benz OH 1725

Spesies Bus Langka di Indonesia , Mercedes – Benz Vario 815D 4×4 

Spesies Bus Langka di Indonesia , MAN 18.310 HOCL

Advertisements

9 comments

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.