Sejarah Bus Mercedes Benz OF 1113 , Legenda Bus Bermesin depan di Indonesia

Dear pembaca tersayang, bisa dibilang Mercedes Benz OF 1113 merupakan salah satu bus paling legendaris di Indonesia, meskipun produksi bus ini sudah berhenti hampir 30 tahun lalu, namun bus ini masih banyak yang beroperasi hingga sekarang. Mercedes Benz OF 1113 pertama kali diluncurkan di Brazil pada tahun 1970, dan baru masuk indonesia pada tahun 1971 , pemilik pertama bus model ini adalah PPD (Perum Pengangkutan Djakarta).

Pada era 80an merupakan masa keemasan mercy OF 1113 bus ini pun sangat laris dan menjadi armada andalan oleh banyak PO di indonesia baik itu untuk Bus Kota, Bus Pariwisata, Bus AKDP dan Bus Akap.
Beberapa keunggulan dari Mercy OF 1113 adalah mesin yang bandel dan irit, dimensi bus pun termasuk besar di era itu sehingga bisa memuat penumpang lebih banyak. Chasis bus ini juga didesain flexible dan tidak kaku seperti truk, peredaman shock juga cukup empuk sehingga banyak disukai oleh penumpang. Maka tak heran jika di masa itu banyak juga mercy OF yang dijadikan armada bus patas juga.

Foto Dimas Pratomo.

Mercy OF 1113 juga dikenal stabilitasnya ketika melibas medan medan pegunungan, hal ini dikarenakan Mercy OF1113 sudah menggunakan stabilizer di Chasisnya, dimana stabilizer menggunakan batang baja bulat untuk beban torsi (puntiran) murni yang disambung dengan lengan ayun.

Dengan semua keunggulan tersebut Mercy OF1113 pun mulai menggeser dominasi bus bus Amerika seperti Dodge , Chevrolet dan Ford yang tadinya banyak dipakai oleh perusahaan otobus di Indonesia. di era peralihan ini Mercy OF1113 pun menjadi tren baru di era itu, sebetulnya tidak sendirian di pasar Indonesia karena pada zaman itu ada juga Hino AK, Nissan CB dan Mitsubishi BM yang sama sama mengisi pasar ini.

Mercedes Benz OF 1113 A
Selama masa edarnya tercatat ada 3 generasi Mercy OF 1113 yang beredar di Indonesia, Mercedes Benz OF 1113 generasi pertama mempunyai whellbase 4570mm sehingga terkesan agak bantet, sedangkan untuk mesinnya sendiri mrnggunakan mesin diesel legendaris OM352 , berkonfigurasi 6 silinder dengan kapasitas mesin 5.638 cc , bertenaga 130 @2800 rpm dan torsi maksimal 363 nm @1700 rpm.

Ciri ciri Mercy OF 1113 generasi pertama ini adalah mesin dan rangka masih bercat merah, dengan jumlah baut roda 8 buah, oh ya Mercy OF 1113 generasi pertama masih belum dilengkapi dengan power steering dan rem juga belum full air brake.

Mercedes Benz OF 1113 B
Pada tahun 1986 kemudian muncullah generasi kedua dari Mercedes Benz OF 1113, Pada generasi ini seri mesin mendapat upgrade menggunakan OM 352 A yang sudah menggunakan turbo, tenaga pun naik menjadi 136 hp, ciri lain yang mudah dikenali adalah baut roda sudah menjadi 10 dan mesin ber cat hijau, Rem sudah menganut sistem full air, tetapi belum dilengkapi power steering.

Mercedes Benz Of 1113 gen 3
Pada Generasi terakhir OF 1113 , mesin kembali diupgrade menggunakan mesin OM 366 A yang sudah dilengkapi Turbo, tenaga pun naik hingga 170 hp, rem sudah full air dan dilengkapi dengan power stering.

Foto Alfie Adhitya.

Iklan

One comment

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.