Sejarah Mitsubishi Jetstar , Minibus Andal Kolaborasi Mitsubishi dan Daihatsu

awansan.com – Mitsubishi sudah sejak lama dikenal sebagai produsen kendaraan niaga yang handal dan tangguh, banyak kendaraan niaga produk Mitsubishi yang  menjadi legenda di dunia transportasi Indonesia, sebut saja Mitsubishi Colt T120, Mitsubishi L300, Truk Mitsubishi Colt Diesel , Truk Mitsubishi Fuso dan Bus Mitsubish BM / RM .

Nah kali ini kita akan membahas tentang Mitsubsihi Jetstar, salah satu kendaraan niaga Mitsubishi yang pernah diproduksi 30 tahun lalu. Mitsubishi Jetstar mulai diperkenalkan oleh Distributor kendaraan Mitsubishi PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors atau PT.KTB diawal September 1986. Mitsubishi Jetstar diposisikan sebagai pengganti Mitsubishi L100 minicab yang sudah usai masa produksinya.

Mitsubishi Jetstar merupakan Produk kolaborasi antara Mitsubishi dan Daihatsu ini, dimana Jetstar menggunakan body dari Mitsubishi sedangkan disegi dapur pacu, Mitsubishi Jetstar menggunakan mesin bensin CB20 dari Daihatsu, dengan konfigurasi 3 silinder berkapasitas 1000cc,  di atas kertas mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 52 ps dan torsi maksimal 75 nm. Mesin yang sama digunakan oleh Daihatsu Hijet 1000, tapi mesin ini mendapat telah disempurnakan oleh Mitsubishi pada bagian inlet dan outletnya dengan proses polishing sehingga mempunyai karakteristik tersendiri khas Mitsubishi, selain itu filter udaranya juga dibuat lebih besar sehingga tarikan lebih Jetstar terasa lebih mumpuni dibanding pesaingnya seperti Hijet dan Suzuki Carry 1000.

Selama masa produksinya ada 3 varian Mitsubishi Jetstar yang dipasarkan oleh Mitsubishi Indonesia :

Jetstar Pick Up
Dari namanya juga sudah ketahuan bahwa jenis pertama ini ditujukan untuk sektor niaga, terutama untuk angkut angkut barang.

Jetstar Minibus Original
Jetstar Minibus Original merupakan produk minibus yang dibuat oleh KTB , yang kemudian lebih populer dengan sebutan Jetstar Permorim, Jetstar minibus original dipasarkan dalam dua trim yaitu Jetstar Royal dan Jetstar Diplomat.

Jetstar Royal merupakan tiper tertinggi, dilengkapi dengan interior yang cukup mewah, sliding door, AC original Denso, ban radial serta body stripe kashizawa, bahkan pada tipe ini bangku tengah bisa diputar kearah belakang.

Sedangkan Jetstar Diplomat merupakan tipe standar dan hanya dilengkapi dengan sliding door.

Jetstar Bus Chassis
Jetstar bus chasis inilah yang kemudian digunakan sebagai basis kendaraan oleh karoseri lain non KTB , mengingat pada era 80an memang merupakan masa jaya Industri Karoseri di Indonesia, sebur saja New Armada, Gajah Mada, Podo Joyo, Arindo dll.

Image result for brosur mitsubishi jetstar

Selain digunakan oleh pribadi, Jetstar juga sangat digemari oleh pengusaha angkutan umum pada masa itu, jetstar banyak digunakan sebagai angkota di kota kota besar Indonesia seperti Semarang dan Surabaya, sayang sekali umur Mitsubishi Jetstar tidak lama, karena produksi Jetstar di hentikan pada tahun 1989 oleh PT KTB. well meskipun sudah lama tidak diproduksi akhir akhir ini Mitsubsihi Jetstar kembali naik daun seiring bermunculannya klub Jestar, dan harga second nya pun kembali melambung tinggi bahkan melampui harga mobil yang lebih muda .

source : achenk177.blogspot.co.id , google

Iklan

One comment

  1. Pak de saya pernah punya yg type royal 🙂

    Request artikel mobil jadul yg pernah booming di Indonesia mas,sebangsa citroen,opel kadet,alfasud,renault,peugeuot.
    Maturnuwun 🙂

    Suka

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.