Sejarah Panjang Mobil Volkswagen Di Indonesia (Part III, Era Reformasi)

Pada 1996, Indomobil kembali menyuntikkan modal baru, perusahaan ini bernafas kembali. PT Garuda Mataram Motor kembali melakukan aktifitasnya dengan mengimpor VW Caravelle (komersial) dan Audi –unit bisnis dari VW. Khusus Caravelle, model yang diimpor berkode GL short wheelbase. Tersedia dua pilihan mesin, yaitu bensin 2.500cc 5 silinder dan turbo diesel 2.500cc 5 silinder. Pilihan transmisinya hanya matik. Fitur yang disandang kedua model ini termasuk berlimpah dan modern untuk ukuran mobil dieranya. Seperti AC climate control serta ABS dan airbag sudah jadi standar. Bahkan seatbelt telah tersedia untuk kedelapan bangku. Belum lagi kontrol traksi juga hadir sebagai standar. Sedangkan jok kulit dan sunroof dijadikan opsi.

Pada 8 Juni 2000, Volkswagen AG membentuk distributor resmi VW passenger cars di Indonesia lewat PT. Car and Cars Indonesia. PT. Car and Cars Indonesia adalah sister company dari Car and Cars Singapura, dan sebagai Presiden Direktur dipegang oleh Wenda Wonoseputro, yang memulai karir sebagai ‘sales lady’ di PT. PIOLA dari 1970 sampai 1976.

Foto: Wenda Wonoseputro dan New Passat di showroom PT. Car and Cars Indonesia.Foto: Wenda Wonoseputro dan New Passat di showroom PT. Car and Cars Indonesia.

Melalui PT. Car and Cars Indonesia, VW kembali hadir secara resmi di Indonesia dengan memasarkan model-model terbarunya seperti Golf (1.6 dan 1.8T GTI), Passat (1.8 dan 2.8), dan New Beetle 2.0. Semua tipe diimpor dalam bentuk utuh (CBU). PT. Car and Cars Indonesia sebagai distributor resmi VW Passenger Car di Indonesia melayani pemasaran, pengadaan suku cadang dan layanan purna jual bagi kendaraan-kendaraan tersebut. Sedangkan PT. Garuda Mataram Motor tetap dipercaya untuk memasarkan Caravelle dan Audi.

Foto: New Beetle 2.0 dan unit VAS 5051 (engine & electrical analyzer) di bengkel VW milik PT. Car and Cars Indonesia di Pluit, Jakarta pada Agustus 2002.Foto: New Beetle 2.0 dan unit VAS 5051 (engine & electrical analyzer) di bengkel VW milik PT. Car and Cars Indonesia di Pluit, Jakarta pada Agustus 2002.

Pada Januari 2009, PT. Garuda Mataram Motor kembali resmi menjadi satu-satunya Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) seluruh model VW di Indonesia setelah mengakuisisi VW Passenger Car dari PT. Car and Cars Indonesia. Akuisisi itu dilakukan karena Volkswagen AG Jerman sudah tidak lagi melanjutkan kerjasamanya dengan PT. Car and Cars Indonesia sejak akhir tahun 2008. Volkswagen AG mempercayakan sepenuhnya produksi dan distribusi semua mobil VW di Indonesia kepada PT. Garuda Mataram Motor.

Hadirnya kembali ATPM VW di Indonesia membuat varian VW dengan generasi-generasi terbaru kian memperbanyak mobil-mobil VW yang ada di Indonesia, yang ikut meramaikan klub dan komunitas penggemar VW, tak hanya penggemar VW klasik tapi juga penggemar varian-varian VW baru (seperti Caravelle, Touareg, Golf, Polo, Beetle New, Scirocco, Tiguan, Touran dan lain-lain).

Foto: Volkswagen Boutique Exhibition di Kota Kasablanka Mall, Ground Floor 20, Jakarta pada 2013.Foto: Volkswagen Boutique Exhibition di Kota Kasablanka Mall, Ground Floor 20, Jakarta pada 2013.

Pada 2013, Volkswagen Indonesia Asosiasi (VI), sebagai induk organisasi klub/komunitas penggemar VW di Indonesia, telah membawahi 70 klub dan komunitas VW dengan anggota sekitar 7000 orang, yang tersebar di seluruh Nusantara. Perkembangan klub-klub dan komunitas penggemar VW klasik maupun baru yang begitu pesat membuat Indonesia menjadi negara yang memiliki penggemar VW terbanyak di Asia.(©Reza J.F. Warouw)

 

Artikel Sebelumnya :

Sejarah Panjang Mobil Volkswagen Di Indonesia (Part I, Era Orde Lama)

Sejarah Panjang Mobil Volkswagen Di Indonesia (Part II, Era Orde Baru)

Iklan

5 comments

      1. tidak pernah merakyat malah wkwk.. saya kaget, pas kuliah, dosen orang jerman bilang: VW imagenya mobil mahal ..buat orang jerman juga ga dianggep mobil murah dia..

        Suka

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.