Review Suzuki Nex II, Matic Entry Level Yang Irit dan Nyaman

awansan.com – beberapa waktu lalu awb sempat ngeces ketika Suzuki meluncurkan motor matic terbarunya yaitu Suzuki Nex II, rasanyan pengen banget review ini matic, tapi boro boro review, di kota kecil seperti Temanggung ini bahkan awb belum melihat satupun Suzuki Nex II melintas di jalanan 😂.

Beruntung ketika lebaran kemarin awb mudik ke Jogja, ternyata Bude awb baru saja beli ini matic dan motor ini kemudian dipakai operasional keluarga besar, well langsung saja awb bawa untuk review wkwkkw, oh ya awb pakai motor ini cukup lama sekitar 5 harinan, dan dicoba di berbagai macam jalanan dalam keadaan selalu berboncengan. Untuk lebih jelasnya yuk mari kita kupas satu per satu.

DESAIN DAN BODY

Ketika melihat skutik ini pertama kali awb langsung terkagum kagum, hmm akhirnya Suzuki bisa juga bikin matic yang cantik dipandang mata, dimensinya sedikit membesar dari Nex sebelumnya tetapi justru membuat Nex II semakin padat berisi, garis garis bodynya tajam menyiratkan kesan sporty, menurut awb sih Suzuki Nex II lebih cantik jika dibandingkan dengan Honda Beat dan Mio Z yang merupakan lawan di pasaran.

Lanjut ke speedometer, nampak speedometer simple saja dengan diisi engine check lamp, speedometer, odometer, dan fuelmeter, yah harap maklum ini skutik entry level, semua masih serba manual tanpa ada bau bau digital, tapi bagi awb justru yang manual seperti ini lebih mudah dipantau dan juga lebih awet.

Untuk kualitas body jangan ditanya, plastik terasa tebal dan solid, finishing catnya juga bagus, Suzuki sudah sejak lama dikenal mempunyai kualitas plastik body yang bagus, kecuali Suzuki Smash generasi awal 😆 .

 

SUSPENSI
Nah salah satu yang paling special dari Nex II adalah suspensinya yang sangat empuk, gronjalan kecil kecil nggak bakal berasa, dan ketika melewati jalan bergelombang kerasa mentul mentul asyik, melewati polisi tidur pun bukan masalah,  awb suka banget dengan suspensinya, bahkan istri awb pun mengatakan hal yang sama jika suspensi motor ini nyaman

MESIN
Suzuki Nex II mesin dipersenjatai dengan mesin 4 tak berkapasitas 115 cc dengan teknologi Suzuki Eco Performance (SEP). Pertama pencet stater, terdengar suara “Bletak” dan mesinpun kemudian menyala, stater memang masih model lama tidak sehalus acg stater. Namun ketika mesin sudah menyala ternyata sangat halus dengan vibrasi yang minim, di tangan nggak ada geter geternya 😁. Ketika dicoba jalan mesin terasa responsif terutama di putaran bawah hingga menengah, ketika awb jajal mendaki tanjakan tanjakan curam di sekitar piyungan masih bisa enteng dilibas, padahal boncengan hlooo 😂😂.

Lain cerita jika mesin sudah di putaran atas, terasa agak ampang tenaganya, di ring road jogja awb jajal naiknya enteng sampai 80 km/j, tapi dari 80 km/j naik rasanya berat banget.

Sedangkan soal bbm awb rasa ini motor irit banget, dibawa muter seharian bensin nggak abis abis, padahal awb kalau bawa gas poll rem poll, awb tidak menghitung detailnya tapi perkiraan awb sekitar 55 km/L.. Joss tenan pakai motor ini dompetnya bisa sedikit bernafas 😂.

Ukuran ban juga digendutin jika dibanding generasi sebelumnya, dimana Nex II mempunyai ukuran ban depan 80/90-14 dan ban belakang 90/90-14, ukuran ban yang gendut membuat awb jadi semakin pede buat bermanuver di jalan.

FUNGSIONALITAS
Urusan fungsionalitas, ini matic bisa bawa dua galon di dek bawah, tersedia juga dua laci untuk menaruh barang barang kecil di dek atas, lumayan bisa bawa dua botol air mineral 600 ml di laci tersebut.

Dan bagi para pecinta gadjet, jangan khawatir kehabisan baterai di jalan, karena Suzuki Nex II sudah dilengkapi dengan port usb untuk charge gadget kesayangan, memang bukan fitur baru, tapi cukup menjadi gimnick menarik pada skutik entry level ini

Namun tak ada gading yang tak retak, karena ternyata bagasi dibawah joknya ternyata berukuran kecil, mirip dengan Honda Beat generasi pertama, hanya cukup untuk bawa 1 stell jas hujan saja

LAMPU PENERANGAN
Ketika pertama motor hidup, lampu depan juga langsung menyala, dan surprisee ternyata lampu depan sudah memakai type LED yang menurut awb terang banget busyet dah Suzuki niat banget kasih fitur di matic entry level ini,

Jujur awb bukan sales Suzuki lhooo, tapi mmg produk yang satu ini patut diacungi dua jempol. Worth it banget buat dibeli dan jangan dijual lagi, karena kalau dijual lagi kdg harga bikin sakit hati 😂😂..

Demikian review alakadarnya dari awb, semua subyektif berdasar pengalaman awb, bisa saja kalau dicoba orang lain beda rasanya, thanks for reading and see you next time.

Iklan

3 comments

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.