Mengenal Suzuki Stockman , Pick Up Iconic Dari Klan Jimny

Sobat jipmania, jika kemarin kita telah membahas tentang Suzuki Farm Worker, maka kali ini kita akan membahas tentang pendahulunya yaitu Suzuki Stockman.

Fyi Suzuki stockman sendiri merupakan salah satu varian pick up dari Suzuki Jimny yang hanya beredar di Benua Australia saja.

Suzuki Stockman 1st Generation (Jimny LJ81) .

Jika dirunut sejarahnya, Suzuki Stockman sebetulnya sudah ada sejak era Jimny LJ80 series, Suzuki Stockman pertama dibangun menggunakan basis Jimny LJ80 Long Wheel Base, ciri khas dari Suzuki Stockman adalah bak belakang model three way atau lebih dikenal dengan sebutan “ute” di Australia.

Suzuki Stockman (LJ81) mulai dipasarkan di Australia pada bulan april 1979. Secara dimensi Suzuki Stockman mempunyai wheelbase 2200 mm wheelbase (270 mm lbh panjang dari LJ80) dan panjang total 3,620 mm (143 in) , bandingkankan dengan LJ80 standar yang hanya 3,185 mm .

Seperti halnya LJ80 series lainnya, Suzuki stockman ditenagai oleh mesin bensin F8A yang mempunyai tenaga maksimal 41 ps @ 5500 rpm dan Torsi Maksimal 61 nm @3500 rpm.. Tenaga dari mesin kemudian disalurkan via transmisi manual 4 percepatan

Untuk sistem 4wd nya, Suzuki Stockman dilengkapi dengan dual speed transfercase with low range, dipasangkan dengan dua solid axle di bagian depan dan belakang.

Suzuki Stockman generasi pertama dipasarkan sampai tahun 1981, kemudian digantikan Suzuki Stockman generasi kedua mulai tahun 1982.

 

Suzuki Stockman 2rd Generation

Ketika Jimny generasi kedua diluncurkan pada tahun 1980an, maka diluncurkan pula Suzuki Stockman generasi kedua. Dengan mesin baru yang lebih bertenaga dan bak belakang yang lebih luas. Basis yang digunakan juga sama yaitu Versi LWB dari Jimny SJ Series.

Suzuki Stockman generasi kedua ditenagai oleh mesin bensin F10A, yang bertenaga maksimal 45 hp dan torsi maksimal 75 nm, tenaga dari mesin kemudian disalurkan via transmisi manual 5 percepatan.. Sedangkan untuk sistem 4wd nya masih setia menggunakan dual speed transfercase with low range.

Pada sektor kaki kaki, Suzuki Stockman masih konvensional dengan gardan solid axle di depan dan belakang, per juga masih mengandalkan leaf spring + shock absorbser di keempat roda.

Untuk variannya sendiri, Suzuki Stockman ditawarkan dalam dua pilihan, yaitu Stockman Utility dan Stockman Allow Tray.

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.