Sejarah Panjang Moto GP

10 Fakta Sejarah MotoGP Ini Unik Banget, Agan Pasti Belum Tahu ?

awansan.com – Siapa yang tidak tahu Moto GP ? Balapan Motor Paling bergengsi di dunia, dimana setiap gelarannya selalu menyedot perhatian para bikers, tak ubahnya sepak bola persaingan di Moto GP pun cukup keras, dan setiap pembalap juga mempunyai fans fanatik tersendiri 😀 .

Bibit bibit kejuaraan MotoGP sebetulnya sudah ada sejak tahun 1900an, tapi Motot GP baru pertama secara resmi dihelat sebagai Kejuaraan Duni pada tahun  pada tahun 1949a oleh FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) . Pada tahun awal Moto GP , balapan motor dibagi pada beberapa kelas sesuai dengan kapasitas mesin motor,baik itu motor biasa maupun untuk kelas sidecars/sespan.

kelas Single

Kelas Balap Moto GP era 1950an

  1. Kelas 50 cc
  2. Kelas 125 cc
  3. Kelas 250 cc
  4. kelas 500 cc
  5. kelas 350 cc (sidecars)
  6. kelas 500 cc ( sidecars)

Ketika GP pertama diadakan tahun 1949, bisa dibilang pembalap dan pabrikan inggris berjaya menguasai jalannya balapan,  juara dunia pertama kelas  “500 cc” diraih oleh pembalap inggris   Leslie Graham  yang menggunakan Motor AJS. pembalap inggris lain  Freddie Frith (Velocette)juga meraih juara dunia kelas  350 . sementara pembalap italia seperti Bruno Ruffo (Moto Guzzi) dan Nello Pagani (Mondial) menjadi juara dunia pertama GP kelas  250 dan 125 cc. kelas sidecars pun tak lupput dari sapuan pembalap inggris dengan   Britons Eric Oliver dan Denis Jenkinson yang menjuarai kelas ini menggunakan motor norton.

Related image

Namun kejayaan pembalap inggris tidak bertahan lama, ketika akhirnya pada tahun 1957 pabrikan Italia dan jerman  mulai mendominasi balapan , Pabrikan Italia (MV Agusta) berhasil menyapu bersih semua juara dunia 4 kelas pada tahun 1958-1960, bahkan MV Agusta masih perkasa mendominasi kelas para raja Moto GP (500 cc) selama 17 tahun hingga tahun 1970an dengan pembalap andalan “Giacomo Agostini” . sementara untuk sidecars pabrikan jerman BMW berhasil menjadi juara dunia.

FYI
Giacomo Agostini merupakan salah satu pembalap legendaris Moto GP bahakan jika dibandingkan dengan pembalap era sekarang, Giacomo Agostini selalu mengikuti balapan pada 2 atau 3 kelas secara simultan, agostini mampu meraih 10 dari 15 gelar juara dunia hanya dalam 5 masa balapan saja, jadi tiap tahun agostini meraih  juara double di kelas 350 cc dan 500 cc.

Dominasi Italia ini mulai luntur setelah pabrikan Jepang mulai masuk pada tahun 1960-an. Ketika itu, Jepang membawa tiga merek, yaitu Honda, Suzuki, dan Yamaha, pabrikan jepang  berhasil meneror pabrikan Italia di semua kelas Moto GP. namun sayang karena tingginya biaya Moto GP maka kemudian beberapa pabrikan jepang undur diri dan hanya menyisakan Yamaha di akhir dekade 1960an. FIM pun kemudian merespon dengan mengeluarkan aturan baru yang melimitasi jumlah silinder dalam Moto GP.

  1. kelas 50 cc  (1 silinder)
  2. kelas 125 cc dan 250 cc (2 silinder)
  3. kelas  350 cc dan 500 cc (4 silinder)

Setelah hampir 12 tahun mengundurkan diri dari Moto GP, Honda kembali bergabung dengan Moto GP akhir dekade 70an, pada tahun 1983 Honda mengubah filosofi mereka yang setia dengan mesin  4 tak menjadi 2 tak, Honda pun membangun mesin 2 tak  V3 500cc yang kemudian dikenal dengan nama Honda NS500,  di tangan pembalap Freddie Spencer, maka pada tahun yang sama akhirnya Honda mendapat juara dunia Moto GP pertama mereka menggunakan motor 2 tak.

Pada tahun 1984 ini kelas GP 350 cc juga sudah ditutup, sehingga hanya menyisakan 4 kelas saja yaitu :
1. Kelas 80 cc
2. Kelas 125 cc
3. kelas 250 cc
4. kelas 500 cc

Moto GP era  1980an dan 1990an  memperlihatkan kulitas balap yang jempolan dengan persaingan yang keras antara pabrikan Honda, Suzuki and Yamaha tak ketinggalan juga persaingan antar pembalap top asala amerika seperti  Eddie Lawson, Randy Mamola, Freddie Spencer, Wayne Rainey dan Kevin Schwantz. khusus untuk kelas  125 cc dan 250 cc  .. pada era ini pabrikan pabrikan motor eropa seperti Derbi, Garelli dan Aprilia masih mampu memberikan perlawanan sengit kepada pabrikan pabrikan raksasa jepang .. Sementara untuk tahun 1990an bisa dibilang ini adalah era kejayaan Honda dengan pembalap legendarisnya “Mick Doohan”.

Image result for rossi vs max biaggi

Image result for casey stoner ducati

Tahun 200o menjadi era baru dalam balap Moto GP, karena adanya regulasi kapasitas motor, yaitu 500 cc untuk dua tak, dan 990cc  untuk 4 tak.. pada era inilah persaingan antara Valentino Rossi dan Max Biaggi semakin sengit, balapan makin seru ketika tahun 2006an Ducati masuk kembali ke Moto GP, dengan rider andalannya “Casey Stoner” akhirnya pada tahun 2008 pabrikan italia bisa kembali merebut juara dunia Moto GP yang sudah puluhan tahun dicengkeram pabrikan Jepang seperti Yamaha dan Honda.

Untuk saat ini balapan GP dibagi menjadi 3 kelas yaitu :

  1. Moto GP (1000 cc)

  2. Moto 2 (600 cc)

  3. Moto 3 (250 cc)

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.