Sejarah Toyota Kijang Part II : Kijang Doyok ( KF20 )

Image result for kijang kf20

2nd Generation 1981 – 1985 : Kijang Doyok

Pada September  tahun 1981 PT. Toyota Astra Motor mengeluarkan generasi kedua Toyota Kijang yang memiliki kode KF20. Kijang Generasi kedua hadir dengan  bodi yang lebih halus, letak engsel pintu yang tersembunyi, kap mesin yang hanya membuka di bagian atas moncong, mobil ini sudah mengusung pintu kaca, knob pintu mobil dan memiliki kunci serta grille dan permukaan pintu sejajar bodi. sementara lampu depan masih bulat yang mirip dengan Kijang sebelumnya.

Mesin pun mengalami ubahan sehingga kijang makin bertenaga. Pada awal kemunculannya, mobil ini dibekali dengan mesin 4K  yang sama dengan mesin Toyota Corolla DX. Mesin Toyota 4K berkapasitas 1290cc (1300cc) yang masih menggunakan pushroad OHV. Mesin 4K ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 74Hp pada 5600Rpm dan torsi 105Nm pada 3600Rpm.

Pada tahun 1984, Toyota memeberikan facelift pada kijang generasi ini, terlihat  perubahan pada grille dan bumper dan perpindahan letak lampu sein yang berada di sisi lampu sedangkan lampu utama berubah dari bulat menjadi kotak menjadi kotak.. mesin  yang digunakan diupgrade oleh Toyota dengan mesin 5K 1500cc yang nantinya juga digunakan oleh Kijang Super. Selain upgrade mesin, kijang doyok facelift ini juga sudah mengadopsi booster rem, dan perubahan rasio diferential transmisi

Kijang Doyok tersedia dalam versi pick up dan minibus, untuk versi minibus pembuatan bodynya dilakukan oleh beberapa perusahaan karoseri lokal yang ditunjuk oleh PT. Toyota Astra Motor. Perusahaan karoseri tersebut adalah karoseri Family dan Comando. Ciri khusus dari minibus masing masing karoseri ini adalah pada karoseri Family, Toyota Kijang ini memiliki 3 pintu (2 didepan dan 1 di samping kiri). Selain itu pada karoseri family, mobil ini memiliki semacam bagasi di bagian belakang yang bentuknya mirip dengan mobil Colt T120 minibus karya New Armada. Pada tipe ini, semua kursi menghadap ke depan, dan dapat memuat 7 penumpang.

Sama halnya dengan Kijang Buaya, penamaan ‘Kijang Doyok’ datang dari masyarakat, dimana nama itu tentu belum ada ketika diluncurkan. Kijang generasi kedua ini dinamakan Kijang Doyok mungkin lantaran sosoknya yang kotak – kotak kerempeng diidentikkan dengan tokoh kartun Doyok di Pos Kota. Bisa juga lantaran baik Doyok maupun Kijang sama – sama populer saat itu dan dianggap ikon potret rakyat Indonesia sesungguhnya.

Berikut ini adalah tipe tipe Kijang Doyok Produksi dari Berbagai Karoseri

Kijang Nasmoco

Kijang Beta
Kijang Beta ini. Toyota Kijang Beta dibuat oleh karoseri Langgeng Putra dari PT. Kusuma Motor. Fitur yang ditawarkan standar karoseri yang lebih mewah daripada versi pabrik dengan jok reclining dan sliding ditambah sandaran kepala, dashboard model sedan, velg racing serta ban radial, serta tambahan berupa lampu indikator pintu. Bentuk pintunya juga cukup canggih dimana terdapat 3 pintu disamping dan sebuah pintu belakang model swing door atau membuka keatas.

Toyota Kijang Beta

Kijang Tamara
Selain berbentuk minibus, Kijang juga dibuat menjadi mobil semi jip. Ada karoseri yang membuat Kijang menjadi mirip mobil lain ada juga yang membuat desain bodinya sendiri secara original. Salah satu bentuk kijang semi jip ini adalah Kijang Tamara yang dibuat oleh karoseri Hobart.

Fitur yang diusung masih relatif sama dengan Kijang Beta dengan jok reclining ditambah sandaran kepala, dashboard model sedan, velg racing dengan ban radial, serta tambahan berupa lampu indikator pintu di panel speedometer.

Toyota Kijang Tamara

Kijang Turangga
Toyota Kijang Turangga merupakan Kijang KF20 yang menggunakan body dari karoseri Tugas Anda , Sepintas desain mobil ini mirip seperti Daihatsu Taft generasi kedua dengan bagian belakang yang terlalu panjang. Maklum saja karena Kijang Turangga ini hanya memiliki 3 pintu seperti Taft yang banyak beredar di Indonesia sementara sasis yang digunakan memakai sasis panjang (long wheel base).

Toyota Kijang Turangga

Kijang Targa GT
Kijang Targa GT merupakan Kijang KF20 dengan bodi buatan karoseri Laksana , sekilas ini lebih menyerupai sebuah Mercedes-Benz Geladenwagen atau G wagen W460.

Mobil yang dijual oleh PT. Astrindo Jaya Mobilindo ini memiliki fitur berupa jok reclining dan sliding ditambah sandaran kepala, dashboard model sedan, velg racing serta ban radial, serta tambahan berupa lampu indikator pintu dan jam. Berbeda dengan Kijang lain yang mampu mengangkut 7, 8 atau 9 penumpang, Kijang Targa GT ini hanya dibuat untuk 5 penumpang saja.

Toyota Kijang Targa

Selain Kijang KF20 diatas, masih banyak juga model Kijang lain yang diproduksi oleh berbagi karoseri di Indonesia dengan berbagai nama .

 

Kijang Super Lion

 

Kijang Alfa

 

 

Kijang Beta

toyota-kijang-tamara_5671939528_o

KIjang Patria

source :
mobilmotorlama.com
google
nasmoco.id

Advertisements

4 comments

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.