Upgrade CB / GL Jadi Tiger, Jangan Lupa Ganti Draf Gear (Ronsel)

awansan.com – Dear pembaca semua, pasca upgrade mesin jadi setara tiger, banyak pengguna CB / GL yang mengeluh nafas motornya jadi pendek pendek dan mesin hanya nggerung saja tidak bisa putaran tinggi, seakan ada tenaga yang tertahan.

Nah jika ada yang mengalami seperti itu wajar saja, karena pasca upgrade tenaga meningkat drastis, sedangkan sistem penerus daya belum dirubah, masih menggunakan drafgear asli yang dirancang untuk mesin dengan tenaga kecil.

Salah satu obat untuk hal ini adalah mengganti drafgear (ronsel) nya dengan milik tiger sekalian, hal ini untuk menyesuaikan reduksi tenaganya, karena tenaga sudah naik maka reduksi gigi perlu diperberat agar tenaga bisa keluar maximal.

gigi primer, sekunder dan pompa oli milik tiger, tengahnya polos tidak beralur

Oh ya kalau ganti drafgear harus sepaket ya, berupa gigi primer, gigi sekunder, dan pompa olinya, beli yang asli copotan saja, jangan beli yang custom, karena ada beberapa kasus gigi custom ini mlh rompal.

Saya sendiri pernah melakukan hal ini, ketika dulu upgrade megapro jadi tiger, maupun ketika stroke up 9mm, tarikan pendek dan tenaga mesin di putaran atas kayak kecekik.. nah setelah ganti ronsel milik tiger, tarikan bisa panjang mulur mulur, dan mesin bisa bergasing di rpm lebih tinggi, nikmat banget buat touring luar kota 😁.

Untuk pemasangannya akan saya bahas di artikel sepanjutnya, so stay tune ya.

4 thoughts on “Upgrade CB / GL Jadi Tiger, Jangan Lupa Ganti Draf Gear (Ronsel)

  1. mas kalau gl max pakek kellep camry,,askruk tiger STD,seker MP ovc 200,,
    yg saya tanyakan adalah??rasio std gl max nah draf gear mau tak ubah drafgear tiger itu enak apa enggak mas??
    mohon pencerahannya

    Like

    1. enak mas, nafas jadi lebih panjang panjang kalau pakai draft gear tiger, selain itu tenaga juga bisa lebih keluar di putaran atas tidak ketahan seperti menggunakan draft gear/ronsel max

      Like

  2. Sy punya megapro lama spek burkop bandul tiger…minta solusinya klo gnti draf gir tigernya saja . Sama sepaket draf gir sama ratio lebih enakan mana? klo pemakaian harian kerja
    .

    Like

Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.