0

Cara Pasang Ronsel Tiger di CB GL dan Megapro

Perbedaan Rumah Kopling GL/Megapro dengan Tiger , Tiger tengahnya polos sedangkan GL/Megapro beralur ( source : Kunara)

awansan.com – Sobat bikers, tukar menukar part dalam dunia permotoran merupakan hal biasa, apalagi di dunia CB, GL Megapro dan Tiger mengingat basis mesin yang digunakan sama, meskipun kadag tidak plek ketiplek tapi dengan sedikit akal semua bisa dipasang, nah beberapa waktu lalu setelah stroke up 9mm, awansan putuskan untuk pasang ronsel tiger ke megapro awansan, dan well ternyata tidak pnp begtu saja.

Perlu diketahui bahwa pemasangan Ronsel Tiger di CB, GL dan Megapro tidaklah pnp ( plug and play), yang pnp hanya gigi primer dan gigi pompa olinya saja , sedangkan untuk gigi sekunder perlu cara khusus. karena  Jikalau nekat pasang gitu aja niscaya kopling bakal ngelos.

Hal ini disebabkan perbedaan konstruksi antara as kopling GL dan as kopling Tiger, dimana as kopling GL series berundak beralur, sedangkan as kopling tiger polos di bagian tengahnya. otomatis bentuk rumah kopling pun berbeda, bisa dicermati pada gambar di bawah ini.

As Kopling GL Series (berundak dan beralur) source : 5osial.com
As Kopling Tiger (Tengahnya Polos) source : Irfan Ali

Pemasangannya harus diakali dengan mengawinkan Mangkok Kopling asli GL/ Megapro dengan bagian gear sekunder milik tiger, jadi hanya gearnya saja yang dipakai sedangkan mangkoknya tidak, untuk proses pengkawinan serahkan saja ke tukang bubut aja, murah kok paling 15 – 20 ribu ongkosnya..

Oh ya mumpung rumah kopling dibuka, sekalian karet koplingnya diganti jika sudah oblak, kalau masih bagus mah biarin aja. btw cara ini hanya digunakan kalau masih menggunakan rasio asli cb,gl dan megapro, kalau rasio sudah diganti dengan tiger tidak perlu, langsung pnp aja tanpa perlu proses pengawinan rumah kopling.

(Visited 3,840 times, 1 visits today)

Leave a Reply