6

Berbagai Macam Cara Menambal Tangki Motor Yang Bocor


awansan.com – Dear pembaca tersayang, 7 tahun memelihara motor sport Honda membuat awb sudah sangat akrab dengan penyakit “Tangki Bocor” , bukan rahasia lagi bahwa tangki motor sport Honda dari generasi GL – Pro Neotech, Megapro, Hingga Tiger bahan tangkinya tipis, selain itu tangkinya juga mudah kemasukan air hingga menyebabkan tangki berkarat dan bocor. meskipun penyakit ini juga bisa saja menyerang tangki motor merk lain yang sudah keropos parah.

contoh bagian tangki yang bocor setelah dibersihkan


Dari belasan kali tangki bocor yang awb alami, sudah berbagai macam cara awb lakukan untuk menambalnya, jikalau bocor kembali itu bukan karena tambalannya yang gagal, tetapi karena muncul bocoran baru di tempat yang lain 😆 , nah berikut beberapa cara yang pernah awb praktekkan :
  1. Menggunakan Sabun Batang
    Cara ini hanya dilakukan untuk keadaan darurat saja , misal ketika dalam perjalanan dan bocornya masih kecil, potong bagian kecil sabun batang, kemudian tempelkan langsung ke bagian tangki yang bocor, niscaya bocor akan berhenti dengan segera.menambal dengan sabun ini tidak bertahan lama, jadi ketika sampai tujuan segera copot tangki dan tambal permanen dengan cara cara lain
  2. Menggunakan Lem Alteco + Debu Halus/Bedak Bayi
    Sebelum ditambal , Bersihkan terlebih dahulu area tangki yang bocor,  dan pastikan bersih dari debu dan bensin, setelah permukaan betul betul  bersih dan kering, teteskan lem alteco kemudian taburi dengan Debu Halus/Bedak Bayi.. Tunggu sekitar 15 menit sampe lem betul betul kering dan mengeras, niscaya tangki bocor pun bakal mampet permanen.
  3. Menggunakan Lem Besi (Plastic Steel)
    Sebelum ditambal , Bersihkan bagian yang bocor terlebih dahulu dari debu dan bensin, setelah betul betul bersih , baru kemudian oleskan lem  besi secara merata pada area tangki yang bocor, tunggu 1 -2 jam sampai lem besi keras, dan tangki pun siap digunakan kembali
  4. Patri Tangki
    Nah ini cara paling ampuh, tapi harus meluangkan waktu untuk pergi ke tukang patri/radiator, untuk proses pematriannya serahkan saja ke ahlinya .. Biasanya bahan patri menggunakan timah putih.

Well demikian beberapa cara menambal tangki yang per nah awb praktekkan, thanks for reading,  stay tune and see you next article 😀

(Visited 1,209 times, 1 visits today)

6 Comments

  1. ternyata ini alasannya mengapa Saya pernah melihat ada tanki di beri sabun batangan hehe
    terimakasih atas ilmunya…

  2. Ms Dhukha – Surabaya - Jawa Timur – Salam kenal untuk pembaca semua, melalui blog ini saya coba menulis semampu saya. Melalui blog ini juga saya ingin menambah teman, dan wawasan dalam segala hal yang berhubungan dengan dunia otomotif, dunia yang tidak ada hubungannya sama pekerjaan saya saat ini yaitu bidang desain grafis & percetakan. Oleh karena itu, mohon maaf bila ada tulisan yang kurang berkenan. Kritik, saran dan masukan dari pembaca sangat kami harapkan.
    Ms Dhukha

    😀

      • Ms Dhukha – Surabaya - Jawa Timur – Salam kenal untuk pembaca semua, melalui blog ini saya coba menulis semampu saya. Melalui blog ini juga saya ingin menambah teman, dan wawasan dalam segala hal yang berhubungan dengan dunia otomotif, dunia yang tidak ada hubungannya sama pekerjaan saya saat ini yaitu bidang desain grafis & percetakan. Oleh karena itu, mohon maaf bila ada tulisan yang kurang berkenan. Kritik, saran dan masukan dari pembaca sangat kami harapkan.
        Ms Dhukha

        Ampun… 😀

  3. kita senasib dalam hobi tambal tanki wkwk… pake lem besi kuatnya cuma 2 bulan paling, pernah dibawa untuk dilas, awalnya minta 100ribu, eh pas kelar minta nambah 100 ribu lagi wkwk..

    • hahaha ada yg senasib ternyata, btw punya saya alhamdulillah tahan lama lem besinya
      tukang lasnya minta gelut tuh, 200 k 😆

Leave a Reply