Mengenal Bus Volvo B11R , Senjata Baru Volvo di Segmen Commercial Vehicle Indonesia

Bus Maxi Volvo B11R

awansan.com – Dear pembaca semua, sedikit menengok ke belakang produk bus volvo pernah sukses di Indonesia pada tahun 2000an lewat varian Volvo B7R , bersama dengan Scania, Volvo menjadi benchmark baru bus nyaman di Indonesia, chasis bergengsi andalan para priyayi, namun sayang sekali suku cadang yang mahal dan sulit dicari menjadikan banyak bus Volvo yang akhirnya dongkrok di berbagai pool bus yang pernah memilikinya.

Namun siapa sangka pada tahun 2018  Volvo kembali masuk meramaikan pasar bus di Indonesia, dengan memasukkan 128 chasis premium Volvo B11R triple axle, bus ini digunakan untuk memperkuat armada Transjakarta dan akan dioperatori oleh PT Steady Safe Indonesia.

Di Indonesia Volvo B11R ditawarkan dalam dua varian yaitu Volvo B11R 370 dan Volvo B11R 430, meskipun identik tapi dua varian tersebut memiliki perbedaan pada tenaga mesin, transmisi, dan Gerak axle ke tiga.

Volvo B11R 370 (City Bus)
Volvo B11R 370  merupakan merupakan produk terbaru Volvo untuk segmen bus kota, dengan konfigurasi triple axle (6×2) membuat chasis volvo B11R 370 bisa dikaroseri lebih panjang dari bus biasa, ujung ujungnya kapasitas penumpang pun terdongkrak.

Volvo B11R menggunakan mesin diesel Volvo D11A berkapasitas 10.8 liter yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga370 hp dan torsi maksimal 1750 nm, tenaga dari mesin kemudian disalurkan via transmisi otomatis 6 percepatan ZF 6AP2000B yang memang dirancang khusus untuk bus kota ..

Transmisi ini dilengkapi dengan teknologi Automatic Idle Shift (AIS) dengan torque converter yang akan memposisikan bus secara otomatis pada gigi netral saat berhenti. Transmisi 6AP2000B juga sudah tterintegrasi dengan retarder dan electronic control system.

Volvo B11R 430 (Intercity Bus)
Selain varian B11R 370 HP, ada juga varian B11R 430 HP yang lebih ditujukan untuk pasar bus antarkota, Volvo B11R 430 masih menggunakan mesin Diesel D11A hanya rate tenaganya nya saja yang dibedakan, sehingga B11R 430 mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 430 hp dan torsi maksimal 2200 nm

Tenaga dari mesin kemudian disalurkan via transmis automatic I-Shift AT2612D dengan 12 percepatan yang dikontrol secara elektronik

sama dengan varian B11R 370, varian ini juga berkonfigurasi triple axle (6×2), hanya saja Pada Volvo B11R 430 HP, roda di axle ketiga bisa berfungsi sebagai steering wheel yang bergerak mengikuti roda depan, sehingga memudahkan bus saat harus bermanuver di tempat tempat sempit.

Hasil gambar untuk volvo b11r chasis

Kedua varian Volvo B11R sudah menggunakan Sistem pengereman  twin-circuit system, dimana axle depan memiliki sirkuit yang terpisah dari kedua axle belakang. Kelebihan sistem ini dibanding sistem konvensional yang memiliki satu sirkuit, bus akan menjadi lebih stabil karena rem pada roda depan bisa menyesuaikan daya cengkeramannya sesuai kebutuhan.

Mekanisme pengereman menggunakan Volvo disc brake yang dikontrol secara elektronik dengan sistem EBS generasi 5. Sistem EBS ini mampu mengontrol secara bersamaan sistem pengeraman ABS yang mencegah roda mengunci pada saat pengereman dan Electronic Stability program (ESP), yang membuat disc brake mengunci secara seragam, mencegah bus melintir pada saat pengereman mendadak pada kecepatan tinggi.

Untuk memberikan kenyamanan pada para penumpang, suspensi dari bus-bus Volvo B11R sudah menggunakan suspensi udara (air suspension) yang dikontrol secara elektronik dengan Electronically Controlled Suspension (ECS) ECS ini mengontrol 2 shock absorber hidraulik dengan sistem teleskopik double acting pada axle depan dan 6 pada axle belakang, sehingga  membuat bus dapat menyesuaikan kekerasan/kelembutan suspensi sesuai dengan kondisi jalan dan banyaknya penumpang yang diangkut.

Chasis bus Volvo B11R sudah menggunakan sistem modular dengan chasis space frame di bagian tengah, sehingga lebih fleksibel dalam penggunaannya, bisa digunakan sebagai bus kota Low Floor, maupun digunakan sebagai bus antar kota biasa, tinggal menyesuaikan  chasis bagian tengahnya saja.

 

Advertisements

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.