11

Sejarah Karoseri New Armada , Karoseri Kelas Dunia Yang Berawal Dari Bengkel Rumahan

awansan.com – Berawal dari bengkel rumahan, siapa sangka karoseri ini kemudian mampu berkembang menjadi salah satu karoseri terbesar di Indonesia dengan produk – produk yang diakui kualitasnya, tidak hanya di Indonesia saja namun juga di luar negeri.

Berdiri tahun 1974, pada awalnya New Armada didirikan oleh seorang pedagang pakain David Herman, pada saat itu David berniat membuat pick up Colt T120 menjadi minibus untuk dipakai sendiri membawa dagangan ke luar kota .

Tak tanggung-tanggung, untuk mewujudkan niatnya david kemudian memanggil 30 orang tukang, yang sudah terbiasa bekerja di bengkel karoseri, dari Madiun. Tak dinyana hasil mengubah pick up menjadi minibus ini ternyata langsung menarik konsumen, buktinya lima unit minibus yang dibuat langsung dipesan oleh teman Pak David yang memiliki usaha travel. Harga satu unit mobil pada waktu itu adalah Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta.

Seiring terus mengalirnya pesanan, usaha karoseri yang semula menempati areal di sekitar rumah pun dirasa tak lagi cukup sehingga rumah tetangga  pun dibeli David agar area produksinya lebih luas. namun dua tahun kemudian lokasi bengkel itu pun tetap dirasa kurang. Akhirnya pada 1976 David membeli lahan bekas pabrik bihun seluas 2 hektar di Mertoyudan, Magelang.

Di situlah resmi berdiri PT Mekar Armada Jaya (MAJ) yang dikenal dengan merek dagang New Armada. Nama “New Armada” sendiri ambil dari merek cerutu berkualitas ekspor milik tetangga david, dengan lahan yang lebih luas , maka pada tahun 1977 produksi karoseri New Armada pun meningkat drastis hingga menjadi 200 unit / bulan.

Untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi , Sejak tahun 1980an Karoseri New Armada menambahkan fasilitas penunjang produksi seperti ruang spray booth, mesin press pelat, spot welding dan lain-lain

Order besar pertama New Armada datang ketika pemilu tahun 1982, ketika New Armada mendapat kontrak pengadaan mobil minibus pemilu bagi camat seluruh Indonesia, Ribuan Unit Minibus Colt T120 pun berhasil digelontorkan New Armada untuk kebutuhan pemilu.

Pada tahun 90an Karoseri New Armada mencapai puncak kejayaannya dengan Jumlah karyawannya 4.000 orang dan kapasitas produksi 1000 kendaraan per tahun, pengembangan karoseri dilakukan dengan menambah luas areal pabrik menjadi 18 hektare, bahkan new Armada juga mampu untuk mengakuisisi Karoseri Alexander.

Salah satu model karoseri dari New armada yang terkenal di era 90an adalah seri Grand Cruiser, meskipun satu seri tapi tipe Grand Cruiser ini memiliki banyak varian yang bisa disesuaikan dengan keinginan customer

Sebagian besar Customer dari Karoseri New Armada pada saat itu adalah perusahaan otobus yang berasal dari Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur, Sedangkan untuk area Jawa Barat dan DKI customer terbesarnya adalah “Steady Safe” yang bahkan memesan ratusan unit model khusus hanya untuk satu po ini saja.

Tak cukup dengan pasar dalam negeri saja, pada tahun 1992 New Armada berhasil menjangkau pasar ekspor hingga Brunai Darusalam, Cyprus, Sri Lanka dan Arab Saudi dengan model bus “Sigma”, salah satu produk ekspor new Armada masih ada hingga sekarang dan menjadi bus kesayangan pemilik Po Putra Remaja

Pretasi lain dari Karoseri New Armada Adalah dipercaya oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) merakit Colt T 120 SS mulai tahun 1994, Produk ini kemudian lebih dikenal dengan nama MOC (Mitsubishi Original Component).

Sama seperti Karoseri lain di Indonesia, Karoseri New Armada juga mengalami kemunduran di era krismon 1998, dimana Order yang diterima New Armada tinggal 10% saja, selain itu para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mulai memproduksi sendiri mobil penumpang, akibatnya setengah dari karyawan perusahaan kemudian di phk massal.

Untuk dapat bertahan, Karoseri New Armada kemuduan memproduksi berbagai kendaraan untuk keperluan khusus, seperti bus, angkutan kota, dump truck, mobil boks, mobil roti, ambulan, mobil puskesmas keliling, mobil pemadam kebakaran, mobil sampah.

Karoseri New Armada pun mulai bangkit, bahkan antara tahun 1999 hingga 2001 New Armada sempat ekspor mobil minibus ke Arab, Bangladesh, Srilanka, dan Kenya.

Selain mendiversifikasi produk, Karoseri New Armada juga menggelontorkan dana puluhan milyar untuk membeli mesin mesin produksi agar kualitas produk semakin baik, hal ini akhirnya berbuah manis dengan dipercayanya divisi Stamping dan Tool Karoseri New Armada menjadi pemasok puluhan komponen mobil dan dies dari berbagai pabrikan mobil seperti PT Astra Daihatsu Motor, PT Indomobil Suzuki International, PT Mitsubishi Krama Yudha Manufacturing, Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Gema Kempa Dayadan dan PT Isuzu Inti Panca Press Indonesia

Untuk lebih mendekatkan diri ke konsumen pabrikan mobil, pada tahun 2003 Karoseri New Armada kemudian membeli membeli lahan seluas 7 hektare di Tambun, Bekasi, Jawa Barat .

Divisi manufacturing big bus juga tak ketinggalan, pasca krismon New Armada meluncurkan  model  “Genesia” yang sayangnya tidak terlalu laku di pasaran perusahaan otobus, namun New Armada tidak berputus asa dan kembali menggebrak dengan meluncurkan model “Evonext” pada tahun 2011, pada model inilah New Armada kembali mendapat perhatian publik, dilanjutkan dengan model “Evolander” dan “Aristo , salah satu order besar New Armada untuk segmen big bus adalah ribuan unit bus untuk Transjakarta .

Untuk saat ini  Karoseri New Armada mempunyai beberapa model bus seperti Evonext, Evolander, Evolander DD, Grand Aristo, Magneto

Image result for po primadona evolander
Evolander DD

Karoseri New Armada juga sudah berubah melebarkan group usaha di berbagai macam bidang bisnis non otomotif seperti Armada Hada Graha (kontraktor), Armada Town Square (Properti), Armada swalayan (Retail), Armada Finance (Finacial), Bumen Redja Abadi (Dealer), serat beberapa BPR yang tersebar di berbagai wilayah di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

sumber : ig busklasik

Karoseri New armada

Tabloid KONTAN No. 13, Tahun IX, 3 Januari 2005

Baca Juga :

Sejarah Karoseri Adiputro , Trendsetter Karoseri di Indonesia

Sejarah Karoseri Morodadi Prima , Karoseri Tertua di Kota Malang

Sejarah Karoseri Rahayu Santosa, Karoseri terbesar di Jawa Barat

Sejarah Karoseri Restu Ibu , Karoseri Besar Yang Bermula Dari Usaha Taxi

Sejarah Karoseri New Armada , Berawal Dari Bengkel Karoseri Rumahan

Sejarah Karoseri Tugas Anda , Bermula Dari Bengkel Otomotif

Sejarah Karoseri Laksana , Karoseri Terbesar di Jawa Tengah

Sejarah Karoseri GMM , Karoseri Resmi Bus Mercedes Benz di Indonesia

Sejarah Karoseri Trijaya Union , Karoseri Resmi Bus Mitsubishi di Indonesia

Sejarah Karoseri Tentrem , Awalnya Hanya Khusus Po Tentrem Saja

(Visited 67 times, 1 visits today)

awansan