4

Mengenang Sejarah Truk Perkasa , Produk Lokal Indonesia Yang Layu Sebelum Berkembang

The First Indonesian Truck-Perkasa.With this the Texmaco Logo found its place on a Commercial Vehicle for the First Time.The Indonesian People could boast of their very own Truck.


awansan.com – Mobil nasional bukanlah barang baru dalam industri otomotif nasional, program ini sudah ada sejak tahun 70an namun selalu saja kandas,  jika baru baru ini Indonesia dihebohkan dengan polemik mobil nasional Esemka yang dianggap hanya rebadge mobil cina, maka sebetulnya kita sudah pernah punya yang lebih di masa lalu
Sedikit sedikit menengok ke belakang, sebetulnya Indonesia sudah pernah punya Perkasa, brand Mobil Nasional bergerak yang dalam bidang kendaraan niaga, brand ini diproduksi oleh PT. Wahana Perkasa Auto Jaya anak perusahaan grup Texmaco.
Brand perkasa pertama kali diluncurkan pada pertengahan 1998 dengan produk pertamanya berupa truk, sebagai produk nasional, Truk Perkasa pun kemudian  sudah mendapat pesanan dari berbagai Instansi pemerintah baik itu  Tentara Nasional Indonesia (TNI) maupun Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk kendaraan militer (ranmil) dan kendaraan taktis (rantis).
Sebagai produk nasional, Truk perkasa diklaim mempunyai kandungan lokal lebih dari 90 persen, tetapi tetap memiliki teknologi terbaik di kelasnya, Untuk itu perkasa kemudian melisensi teknologi dari berbagai pabrikan truk dan sparepart ternama di dunia.
Sebagai part inti, Texmaco kemudian melisensi mesin diesel , persneling, axle, dari pabrikan Styer Austria, seakan belum cukup bahkan Texmaco juga melisensi mesin diesel cummins dari   Amerika Serikat (AS) . Mesin diesel yang dilisensi oleh Perkasa (Texmaco Group) adalah mesin diesel Steyr WD Series, yaitu WD 612 series dan WD 602 series, mesin diesel wd 612 series merupakan mesin berkonfigurasi 6 silinder inline dengan kapsitas 6956 cc , ukuran bore x stroke dari mesin ini adalah 108 x 120 mm, karakter mesinnya adalah  overstroke sehingga torsinya yang raksasa sudah didapat sejak rpm rendah.
A : Steyr Diesel WD612 A , Tenaga 195Ps (220Ps-JIS) pada 2.400rpm, Torsi 650Nm pada 1.300rpm
B : Steyr Diesel WD612 B , Tenaga 220Ps (250Ps-JIS) pada 2.400rpm, Torsi 720Nm pada 1.300rpm
C : Steyr Diesel WD612 C , Tenaga 240Ps (265Ps-JIS) pada 2.400rpm,Torsi 825Nm pada 1.300rpm
Untuk transmisi  Truk Perkasa mengadopsi brand ternama dari Jerman ZF, sedangkan untuk axle/gardan perkasa menggunakan produk lisensi dari Eaton Amerika.
Untuk versi sipil perkasa memasarkan 3 varian truck, yaitu Perkasa T30H (Tractor Head), Perkasa Bromo 195 ps 4×2, dan Perkasa Bromo 220 ps 6×4
Perkasa juga mempunyai propotipe truk Laskar, Tractor Head yang menggunakan kabin dari DAF

10 T-Laskar, 24 T 6×4 Bromo.Laskar and Bromo were conceived to Face-Off competition from Japanese and European Trucks in their respective categories


Selain pasar sipil, Perkasa juga secara serius menggarap pasar militer, dengan menyuplai ratusan truck perkasa ke TNI dan Polri baik itu untuk kebutuhan ranmil (kendaraan militer) maupun rantis (kendaraan taktis), bahkan perkasa juga sempat bekerjasama dengan PT Pindad untuk membuat kendaraan lapis baja berbasis truck perkasa .
Gambar terkait

14 T Truck For The Army.The Prototype was vigourously tested by the Army for Performance and Durability across Java Island.


Produk lain perkasa yang banyak terlupakan adalah Medium Truck Perkasa T10, yang ditujukan untuk pasar ligh duty truck di Indonesia, di era tersebut bisa dibilang truck ini merupakan yang terbaik dari segi kapasitas angkut dan tenaga mesinnya,
Perkasa T10 mempunyai  wheelbase yang cukup panjang mencapai 3360mm, sehingga kapasitas angkut lebih banyak, begitu juga untuk urusan kabin, termasuk jumbo untuk kelas light duty truck dengan lebar hingga 2.1 meter.
Perkasa T10menggunakan mesin Steyr Diesel WD412T berkapasitas 4397cc,  Dengan sokongan turbo Output mesin WD412 ini juga paling tinggi di masanya, yakni 140ps dan torsi 432nm, bisa dibilang mesin ini adalah versi 4 silinder dari mesin WD612, sehingga bisa lebih memudahkan perawatan mesin, karena spare partnya sama.
Hasil gambar untuk truk perkasa
Namun sangat disayangkan produk Truk Perkasa akhirnya harus layu sebelum berkembang,  karena group Texmaco yang menaungi Perkasa kemudian dipailitkan oleh BPPN, pada tahun 2004 pabrik kendaraan niaga yang sempat jadi kebanggan Indonesia itu pun akhirnya harus berhenti produksi dan terbengkalai hingga sekarang.
http://www.geocities.ws/kapoor3/Heavyvehicle.html
FB Ranger Giga
[archives limit=10]

(Visited 83 times, 1 visits today)

awansan

4 Comments

  1. Ayo………..bangkitkan lagi jangan putus asa,berjuanglah untuk terus bisa hidup

    • menunggu dukungan dari pemerintah aja kalau spt ini, kalu dukungan minim sepertinya nyaris mustahil membangkitkan industri kendaraan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *