Sejarah Karoseri Morodadi Prima , Karoseri Tertua Di Kota Malang

awansan.com – Dear pembaca semua, kota Malang sudah lama dikenal sebagai Kota Karoseri, Mengingat di daerah ini memang banyak berdiri perusahaan karoseri ternama di Indonesia, baik itu Karoseri besar maupun karoseri kecil. 

Berdiri sejak 1964 , bisa dibilang karoseri Morodadi merupakan perusahaan karoseri tertua di Malang, Karoseri yang didirikan oleh Lie Bambang Gunawan ini memempati lokasi seluas lima hektar di Desa Randuagung, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Sebelum menjadi besar, Karoseri ini pada awalnya masih bernama Karoseri Tanaking, pada awal masa produksinya Karoseri Tanaking masih berkonsentrasi pada kendaraan kecil seperti Suzuki ST20, Mitsubishi Minicab, Colt T120, Hiace dll.

Pada tahun 1978 Karoseri Tanaking kemudian merubah nama menjadi Morodadi Carroserie , “Morodadi” berarti “Kepercayaan” antara pelanggan dan perusahaan. Jika Anda datang (Moro) dan mempercayai perusahaan untuk membangun kendaraan Anda, Anda akan mendapatkanproduk yang berkualitas tinggi (Dadi), seiring berjalannya waktu Karoseri Morodadi kemudian berkembang dengan membuat body untuk light bus, medium bus hingga big bus.

Body bus buatan karoseri Morodadi Prima terkenal kokoh dan anteb, hal ini dikarenakan Morodadi Prima menggunakan plat body yang lebih tebal dari karoseri lain, body yang anteb membuat bus tidak limbung serta lebih stabil ketika di jalanan

Di awal tahun 80an karoseri Morodadi mulai berkembang pesat, dan bisa dibilang menguasai pasaran karoseri bus di bagian Timur pulau Jawa , dimana hampir semua bus dari Jawa Timur pada saat itu sangat menggemari body buatan karoseri Morodadi Prima, bahkan ada juga perusaan otobus dari luar pulau Jawa seperti ANS yang fanatik dengan body bus buatan karoseri ini.

Pada era ini juga image produk Morodadi mulai menjadi legenda karena kualitas body dan kekokohan strukturnya, menurut awansan bentuk body bus produk Karoseri Morodadi Prima era 80an nampak sangat rapi dan mempunyai karakter yang khas, body bus produk Karoseri Morodadi juga menjanjikan visibilitas tinggi baik bagi penumpang maupun sopir 😀 .

Bisa dilihat pada foto foto di atas ini, nampak kaca di bagian penumpang sangat luas, bahkan bagian atas kaca juga terdapat kaca lengkung, bisa dibayangkan betapa asyiknya para penumpang ketika menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan.

Posisi kursi driver juga lebih tinggi dari kursi penumpang, sehingga visibilitas lebih baik, beberapa bus bagian sampingnya juga kinclong seperti cermin, seperti memakai bahan alumunium.

Oh ya karena di zaman itu belum banyak lampu variasi, maka lampu bus akhirnya diambilkan dari Lampu OEM yang ada pada masa itu, nah Morodadi Prima pake lampu sedan mercy, jadi kesannya elegan 😀 .

Karoseri Morodadi Prima mencapai masa puncak kejayaan pada kurun waktu 1989-1992, dengan produksi rata-rata per bulan hingga 40 unit bus kelas eksekutif, belum terhitung pekerjaan kendaraan kecil seperti L300, Colt T120 SS, Carry dan Futura.

Menyesuaikan dengan perkembangan keadaan usaha yang makin pesat ,Morodadi Carroserie kemudian merubah bentuk usaha menjadi perusahaan terbatas (PT) pada bulan Desember 1993, muali saat itulah Morodadi secara resmi berganti nama menjadi P.T. Morodadi Prima

Untuk era 90an ada dua model body dari karoseri Morodadi Prima yang sangat legendaris , yaitu model Patriot dan New Patriot.. Kedua body tersebut mempunyai garis desain tegas tapi tetap elegan sehingga terkesan gagah, sehinggat kedua body tersebut sangat laris dan sekan menjadi jaminan mutu bagi para penggunanya,

Body Patriot dan New Patriot identik digunakan sebagai bus kelas eksekutif, secara otomatis hal ini menaikkan pamor Karoseri Morodadi Prima sebagai body builder bus eksekutif.

Seperti halnya karoseri lain, Karoseri Morodadi Prima juga sempat mengalami kemerosotan di masa krisis moneter 1998, pada era krismon jumlah order merosot 70 persen hingga berproduksi hanya 5-10 bus saja per bulan, diperburuk lagi dengan naiknya harga bahan baku sehingga ongkos produksi  naik drastis.

Namun seiring berjalannya waktu Karoseri Morodadi Prima mampu bangkit kembali, bahkan mampu meraih sertifikat ISO 9001-2008 (sertifikat Sistem Manajemen Mutu) dari British Standard Institute (BSI). Morodadi juga mendapat dua sertifikat dari Mercy sebagai body builder, Sertifikat itu mencakup kategori rekayasa desain (design engineering),proses produksi (production process), dan sign-off complete bus.

Beberapa model terbaru dari karoseri Morodadi prima seperti Tourismo, Grand Tourismo, Travego, Dan Tourismo Double Glass pun mendapat sambutan hangat dari pasar, bahkan kini Morodadi Prima sedang menggarap bus double decker pesanan salah satu Po di Jawa Tengah.

Baca Juga :

Sejarah Karoseri Adiputro , Trendsetter Karoseri di Indonesia

Sejarah Karoseri Morodadi Prima , Karoseri Tertua di Kota Malang

Sejarah Karoseri Rahayu Santosa, Karoseri terbesar di Jawa Barat

Sejarah Karoseri Restu Ibu , Karoseri Besar Yang Bermula Dari Usaha Taxi

Sejarah Karoseri New Armada , Berawal Dari Bengkel Karoseri Rumahan

Sejarah Karoseri Tugas Anda , Bermula Dari Bengkel Otomotif

Sejarah Karoseri Laksana , Karoseri Terbesar di Jawa Tengah

Sejarah Karoseri GMM , Karoseri Resmi Bus Mercedes Benz di Indonesia

Sejarah Karoseri Trijaya Union , Karoseri Resmi Bus Mitsubishi di Indonesia

Sejarah Karoseri Tentrem , Awalnya Hanya Khusus Po Tentrem Saja

Advertisements

11 comments

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.