Jenuh Dengan Artikel Press Release, Merindukan Atmosfer Blog Jaman Dulu

awansan.com – Dear pembaca semua, tidak ada maksud untuk menjelekkan/mendiskreditkan orang lain dalam artikel ini, tulisan ini murni hanya unek unek awansan saja melihat dunia perbloggeran saat ini yang semakin lama cenderung menjadi monoton, terkhusus blogger dunia otomotif indonesia.

Sebetulnya tidak ada yang salah dengan press release, press release merupakan salah satu cara pabrikan untuk berkomunikasi dengan blogger, dan menjadi hak blogger mau di posting atau tidak, tidak ada paksaan dan sistemnya win win solution, dimana blog dapat bahan buat artikel dan pabrikan dapat tambahan pemberitaan,  awansan sendiri juga pernah beberapa kali mempost press release dari pabrikan .

Namun yang membuat jenuh adalah artikel press release yang frekuensinya terlalu sering, bayangkan dalam waktu satu minggu saja ada sudah ada 4 press release dari satu pabrikan motor bakan bisa lebih ,pernah satu hari double press release dari pabrikan yang sama, belum dari pabrikan -pabrikan lain yang tentunya juga mengirim press release program/ produknya.

Dan ketika press release tersebut diposting secara bersamaan oleh para blogger otomotif, efeknya bisa dilihat sekarang, dimana blogger otomotif indonesia arikelnya cenderung monoton, buka blog otomotif ini isinya press release, buka blog otomotif itu isinya press relese, hanya kadang judulnya saja yang dimodifikasi isinya plek sama saja, bahkan terkadang konten asli blog tersebut seakan terkubur konten press release pabrikan, Padahal konten asli blog lah yang membuat daya tarik tersendiri bagi blogger otomotif jika dibanding media -media otomotif yang sudah besar.

Pada titik seperti inilah akhirnya banyak pembaca yang jenuh, dan merindukan atmosfer blogger otomotif seperti dulu, dimana masih terdapat keanekaragaman konten , karena setiap blog biasanya mempunyai ciri khas tersendiri baik gaya menulisnya atau sudut pandang mereka terhadap suatu produk dan fenomena otomotif, beraneka ragam pandangan inilah yang asyik untuk dibaca dan memberi pencerahan bagi pembacanya, bukan sudut pandang monoton ala artikel press release.

Demikian pembaca semua, sedikit opini unek unek awansan tentang dunia perboggeran otomotif Indonesia pada saat ini, karena unek unek ini jugalah awansan juga jarang mempost artikel press release, well bagaimana dengan pembaca semua ? apakah merasakan hal yang sama dengan yang awansan rasakan ? .

Advertisements

31 comments

  1. Tidak hanya blogger auto aja sih mas, tapi rata2 blogger lain juga gitu, sudah trlalu banyak postingan bersponsor. Lagian, semuanya juga tetap kembali sama masing2 bloggernya. Ada yg lebih mentingin duit, ad juga yg lebih concern sama pembacanya.

    Like

  2. Merindukan bloger yg masih mau membalas komen pembaca setia blog nya walau nggak kenal pribadi secara langsung.
    Blog yg sekarang sudah besar,terlalu sibuk untuk menyapa penggemarnya 😁

    Like

    1. Halo om lama nggak keliatan 😁
      , iya tempo dulu masih sering saling balas membalas, kalau sekarang selain terlalu sibuk kadang ada juga blog yang sulit dikomen, terutama yang sudah self host,

      Like

  3. Harga idealis itu mahal, bila tulisan ada isi n ilmunya, klw cuma pindahin brosur …. press relese ngk apa asal kritis …. bisa ngk ada amplop nyangkut …. blm ketakutan ngk dipinjemin motor tes😂 aha, bloger vloger yg pinter analisa yg kaya materi , jd ngk mudah di tekan atas bawah samping , pure pecinta penikmat motor …. demi seduluran agar tdk mudah konsumtif….

    Like

  4. wkwkwk.. aku presrilis ngono yo males nerbitke.. ndisik ketoke pernah, tp jaman isu bWAdai kae tak resiki.. alhamdulillah aman.. bar iku akeh artikel gawean dewe walau mungkin sebisanya dan viewer gak akeh.. syukur nek bermanfaat dan tetep iso berbalas komen.. memang beberapa kali sponsored post, tapi yg memang sesuai tema blog dan bahasa boleh disesuaikan.. 😁

    Like

    1. Mantap kang, ya sebenere press release ya gpp, cuman kalau terlali sering aja sek kadang marai artikel asline tenggelam

      Btw blog e sampeyan wes berubah dadi blog mlayu, mlh enek segmen pembaca baru 😁😁

      Like

      1. hahahaa.. sakjane blogku tentang opo sik lagi tak senengi kok kang.. kebetulan lagi sering mlayu dan numpak kereta.. nek tentang transportasi umum biarpun nggak banyak ki tiap hari selalu ada.. :mrgreen:

        Like

  5. ada lho, seorang blogger yg independen dan idealis isi tulisan2nya tidak bermuatan pabrikan, namun sekarang blogger tersebut sudah menambatkan hatinya pada pabrikan penguasa, bukti otentiknya dia dikirimi kue ulang tahun sama pihak pabrikan penguasa, hehehe….

    Like

    1. Hehe ya tidak apa apa, itu pilihan dia

      Artikel press release/sponsor pun sebetulnya sah – sah saja, yang penting frekuensinya jgn terlalu sering sehingga konten aslinya terkubur

      Like

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.