Mengenal Mercedes Benz OF 1623 RF , Senjata Baru Mercedes di Segmen Big Bus Front Engine

Daimler Luncurkan Dua Chassis Bus Terbaru Mercedes-Benz OF 1623 RF dan O500RS 1836

awansan.com – Sobat bismania, tempo dulu Mercedes Benz pernah merajai pasaran bus bermesin depan di Indonesia dengan produk andalannya  Mercedes Benz OF 1113, namun pasca dihentikannya produksi chasis ini pada tahun 1990an, praktis pasar chasis bus bermesin depan kemudian menjadi bancakan bagi brand Jepang seperti Hino AK, Nissan CB, dan Mitsubishi BM, yang pada akhirnya hanya menyisakan Hino AK yang mampu bertahan, padahal chasis bus mesin depan pasarnya besar lho terutama untuk bus ekonomi dan bus atb, maka kemudian Hino lah yang panen dengan produk andalan mereka Hino AK8 .

Daimler Kenalkan Chassis Bus Baru Mesin Depan Mercy OF 1623, Sang Penantang Hino A215

Mercedes-Benz pun nampaknya sudah mulai gerah, dalam acara gala dinner  Mercedes-Benz Bus Club of Millionaires di Trans Luxury Hotel, Bandung, (8/12/17) Ralf Kraemer selaku Managing Director Commercial Vehicle PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) memberikan sambutan sekaligus memamerkan sketsa bus terbaru yang akan dipasarkan MBDI tahun depan.

Bus tersebut adalah bus Mercedes-Benz tipe bus besar bermesin depan dengan gross vehicle weight (GVW) atau berat kotor 16 ton.

Teka teki ini akhirnya menemukan titik terang ketika PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia selaku agen tunggal pemegang merk kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia secara resmi meluncurkan Mercedes -Benz  OF 1623 RF di ICE BSD City, Tanggerang, Kamis (6/12/2018) .

Dalam kesempatan ini Chasis Mercedes Benz OF 1623 Nampak sangat gagah dalam balutan body Max HDD jahitan Karoseri Tentrem , pada kaca depan terpampang besar besar tenaga dari chasis ini yaitu “230 Horsepower” yang seakan menunjukkan bahwa chasis ini mempunyai tenaga yang lebih superior dibanding rival terdekatnya Hino AK8 215.

Seperti halnya Fuso FJ dan Mercedes Benz OF 917, Chasis Mercedes Benz OF 1623 ini juga diproduksi di pabrik Daimler India (Bharat Benz), Chasis baru ini menggunakan mesin Mercedes-Benz OM 906LA ,mesin yang sam dengan yang digunakan oleh Mercedes Benz OH 1525 dan 1526 yang sudah terbukti durabilitynya. Dengan basis mesin sama tentunya mempermudah pemilik dalam urusan mencari spare part mesin. 

Mesin OM 906 LA untuk Mercedes Benz OF 1623 ini disetting untuk menghasilkan tenaga maksimal hingga  230 hp dan torsi maksimal 850Nm. Tenaga tersebut kemudian diteruskan ke roda via transmini manual 6 percepatan model G85, yang sudah dilengkapi dengan gigi overdrive untuk menambah efisiensi. 

Koplingnya sendiri berdiameter 395 mm dan mempunyai ketebalan 3.5 mm wear depth, yang dikembangkan khusus dari material organik sehingga bisa mienyalurkan tenaga lebih maksimal dan mengurangi panas kopling.

Mercedes-Benz OF 1623 RF

Meskipun chasis ini ditujukan untuk kelas entry level, tapi Chasis bus ini tetap dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan eksklusif dari Mercedes-Benz ,seperti sistem pengereman udara khas Mercedes-Benz, full air brake system, plus rem tambahan exhaust brake dan open throttle valve. Ada juga fitur auto slack adjuster  yang membuat pengereman lebih pakem dan pengemudi tidak perlu melakukan setting ulang komponen rem secara berkala

Untuk memastikan kenyamanan di perjalanan agar bus tidak limbung chassis Mercedes-Benz OF 1623 juga sudah dilengkapi dengan stabilizer pada roda depan dan roda belakang. Kenyamanan di perjalanan dimaksimalkan berkat pengaplikasian suspensi per daun (leaf spring) tipe parabolic dengan dual acting shock absorber untuk memberikan stabilitas bus, baik bagi kenyaman penumpang maupun pengemudi

Dengan  meluncurnya chassis terbaru OF 1623 ini, maka pelanggan-pelanggan lama bus Mercedes-Benz mesin depan, sangat potensial untuk ditarik kembali, terutama pada segmen bus kota dan bus antar kota jarak memengah, apalagi dengan nama besar OF series yang dulu pernah mendapat reputasi sangat baik.

Namun tentunya harga akan sangat berpengaruh, karena bisa dibilang chasis ini model entry level, kalau harganya terlalu mahal ya pastinya pada milih chasis bus mesin belakang/depan dari merk sebelah 😅😅

SPESIFIKASI MERCEDES BENZ OF 1623 RF

Chassis Specifications
Engine
TypeOM 906
Number of Cylinders6 in-line
Displacement3 670 cc
Output170 kW at 2 200 rpm
Torque (max)810 Nm at 1 200 – 1 600 rpm
Transmission
ModelG 85
Gearbox Type6 Speed Manual
DriveRear Axle Ratio 5.22
Braking Systems
Full braking system includesSpring loaded rear chambers with air release
Brakes
Front; RearABS-Drum brake front and rear
Dual circuit, full air system
Retarder
Suspension
FrontParabolic, double-acting telescopic shock absorbers
RearParabolic, double-acting telescopic shock absorbers
Fuel Tank
Capacity380 Litres
Gross Weight
Front axle6 600 kg
Rear axle11 000 kg
Tyres
Size295/80 R 22.5
Electrical System
Output24 V
Battery2 x 200 Ah
Alternator140 Ah
Starter4 kW

source : tribun news, Daimler Commercial Vehicle Indonesia, Daimler International, Daimler Benz 

Advertisements

4 comments

  1. kabar baik sebenarnya kalo mercedes benz mau mengeluarkan bus chassis mesin depan.. namun menurut analisa ane harusnya harga chassisnya dibawah Hino RK8. kalo ga, ya berat mau lawan AK8. walaupun AK8 speknya pas2an namun lebih mudah dioprek ketimbang MB. Sebenarnya Daimler MB sudah satu grup sama Mitsu.MB udah bermain di kelas premium bus mesin belakang, nah Mitsu bisa main kembali di bis mesin depan entri level. Mitsu tinggal ngembangin mesin 6d16 dan suspensi diracik sama mercedes dibikin empuk kayak 1521 udah lumayan nyaman dan harganya pun bisa kompetitif dengan Hino.. namun ya apa dikata. kebijakanya seperti itu hehehe

    Like

    1. Hehe iya om betul, mesin hino ak8 emg lebih gampang dioprek, basis mesinnya sama dengan hino rk8.. beda dengan mesin mercy.

      Kalo secara harga kayaknya tetap diatas Hino ak8, entah selisih tipis atau jauh.. Mingkin disini mercy akan lebih mengandalkan faktor loyalitas po.

      Like

    1. Hehe iya sudah jarang, terakhir keluar tahun 90an yang mesin depan, setelah itu semuanya mesin belakang..

      makanya mercy kemudian mengeluarkan produk ini untuk merebut kembali pasar yang dulu ada 😁

      Like

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.