Sejarah Perkembangan Karoseri Tentrem

awansan.com – Dear pembaca semua, berawal dari bengkel sendiri, siapa sangka sekarang karoseri ini bisa bisa berkembang dengan pesat dan mampu  bersaing dengan Karoseri – Karoseri besar lain yang jauh lebih tua. 

Tentrem sendiri awalnya didirikan Tatang Wahyudi sebagai perusahaan otobus pada tahun 1983, Jika dibandingkan karoseri – karoseri besar lain di Indonesia, bisa dibilang Karoseri Tentrem masih tergolong muda, karena baru mendirikan divisi bengkel body pada tahun 1986.

Pada awal berdirinya karoseri ini masih berupa bengkel body khusus untuk Kebutuhan Po Tentrem Sendiri , dan baru tahun 1991 mulai menerima reparasi body bus dari po lain, maka tak heran jika sebelum dekade 2000an, nama Karoseri Tentrem belum begitu terkenal, nama “Tentrem” lebih melekat pada Po Tentrem yang memang wira – wiri di jalanan Jawa Timur.

Nama Karoseri Tentrem baru mulai mencuat pasca krisis moneter, ketika itu awalnya karoseri hanya mengerjakan model yang ramai diminati pasar seperti setra, tourismo dll, namun seiring berjalannya waktu Karoseri Tentrem kemudian mulai berinovasi dengan membuat model rancangan mereka sendiri.

Image result for inspiro tentrem
Tentrem Inspiro

Dengan Filosofi Rapi, disiplin dan berani membuat yang berbeda, Karoseri Tentrem sadar  jika hanya mengikuti selera pasar dengan mengerjakan model-model yang sudah beredar luas, tidak baik untuk perkembangan karoseri, harus ada Inovasi agar eksistensi karoseri ini makin diakui.

Maka kemudian lahirlah Model Inspiro (2005) untuk bus bermesin depan , model ini mulai banyak dikenal masyarakat di luar jawa Timur pasca digunakan oleh Po Mira untuk jalur Surabaya – Madiun – Yogyakarta.. Menyusul Tahun 2006 Po Tentrem kembali mengeluarkan model baru 
“Galaxy”  yang semakin melambungkan eksistensi karoseri Tentrem di dunia transportasi bus.

Pasca diluncurkan ternyata model “Galaxy mendapat sambutan yang sangat positif dari para pengusaha otobus,  PO mulai memesan model Galaxy, termasuk PO Hiba Utama, salah satu operator bus rental besar di Jawa. 

Model lain yang banyak berjasa memebesarkan Karoseri Tentrem adalah “Jupiter” (2006), model ini menggunakan basis Mercedes-Benz seri Travego yang memang pada saat itu lagi ngehits, untuk Indonesi model sperti ini lebih populer dengan sebutan “Marcopolo” dengan ciri khas lampu depan melebar ke samping dan lampu belakang ala bumerang.

Jupiter Li 
Galaxy EXL

Agar tidak stagnan,  model – model yang ada pun terus dikembangkan agara dapat sesuai kebutuhan pelanggan, dan teknologi bus terkini, sebagai contoh dari Model “Galaxy kemudian muncul varian “Galaxy EXL” yang sudah berstandar Merceddes, ada juga varian Galaxy Air-S yang di khususkan untuk jenis karoseri bersuspensi udara, hasil rakitan Tentrem sendiri.

Scorpion King

Pada tahun 2010 kemudian meluncur model “Scorpion King” yang sangat legendaris, ada cerita menarik dibalik pembuatan body model ini, karena ternyata body ini dibuat atas permintaan mendiang Kuncoro Cahyana dari PO Harapan Jaya dan M Taufiek dari PO Shantika.. 

Berbeda dengan karoseri di Indonesia yang banyak berkiblat pada model Bus Jerman (Setra/tourismo), model “Scorpion King” mengambil basis dari model Scania Touring Swedia, tetapi Karoseri Tentrem tidak serta merta meniru 100%, hal ini bisa dilihat pada model lampu depan yang sekilas mirip tetapi berbeda dari dimensi. Begitu juga dengan pintu depan ditambahkan kaca untuk mempermudah driver melihat sisi kanan dan kiri. Hanya 3 tahun diproduksi, model scorpion king kembali mendapat pembaharauan dengan munculnya model “Scorpion X” (2013)

Image result for tentrem scorpion x
Scorpion X
Image result for avante tentrem
Avante HDD

Ketika muncul tren bus SHD karoseri tentrem pun tak ketinggalan dengan meluncurkan model “Avante” lagi lagi dengan model yang anti mainstream dengan kaca jenong serta topi tipis sehingga view lebih luas, desain lampu pun juga tidak pasaran seperti jetbuss 

Untuk meningkatkan kualitas produk, Karoseri tentrem juga tak segan berinvestasi pada tool produksi dengan menggelontorkan dana miliaran rupiah untuk memborong CNC Cutting Machine, CNC Bending Machine, CNC Milling Machine, and also CNC Welding Machine.. Hasilnya dari investasi ini cukup signifikan, karena kualitas body karoseri tentrem tidak hanya diakui oleh perusahaan otobus pelanggannya saja namun juga oleh Mercedes – Benz Indonesia yang dibuktikan dengan penyerahan sertifikat sebagai body builder untuk bus Mercedes di Indonesia

Kini Karoseri Tentrem telah menjelma menjadi salah satu karoseri besar di Indonesia, dengan pelanggan dari berbgai perusahaan otobus di seluruh Indonesia, baik ituPO khusus Pariwisata dan PO Antar Kota baik di Jawa maupun Luar Jawa.

Untuk saat ini, line up model Karoseri Tentrem untuk body big bus adalah  Avante HDD, MAX HDD, dan Scorpion X, sedangkan untuk medium bigbus tersedia model venom dan new venom .

Source :

http://haltebus.com/ , karoseri tentrem, Google

Baca Juga :

Sejarah Karoseri Adiputro , Trendsetter Karoseri di Indonesia

Sejarah Karoseri Morodadi Prima , Karoseri Tertua di Kota Malang

Sejarah Karoseri Rahayu Santosa, Karoseri terbesar di Jawa Barat

Sejarah Karoseri Restu Ibu , Karoseri Besar Yang Bermula Dari Usaha Taxi

Sejarah Karoseri New Armada , Berawal Dari Bengkel Karoseri Rumahan

Sejarah Karoseri Tugas Anda , Bermula Dari Bengkel Otomotif

Sejarah Karoseri Laksana , Karoseri Terbesar di Jawa Tengah

Sejarah Karoseri GMM , Karoseri Resmi Bus Mercedes Benz di Indonesia

Sejarah Karoseri Trijaya Union , Karoseri Resmi Bus Mitsubishi di Indonesia

Sejarah Karoseri Tentrem , Awalnya Hanya Khusus Po Tentrem Saja




Advertisements

13 comments

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.