Ganti Bosh Conrod dan Laher Arm Yamaha Vixion

Memasuki tahun ke 5 ini, motor Vixion awansan mulai banyak jajan, untuk urusan mesin Alhamdulillah sampai sekarang masih aman, yang banyak jajan justru di sektor kaki kaki.

Setelah beberapa waktu lalu ganti Shockbreaker belakang , kini muncul masalah baru yaitu conrod monoshock berderit derit tiap melewati lubang atau gundukan, awalnya suaranya masih lirih tapi lama kelamaan semakin nyaring saja suaranya. Selain suara berderit motor juga terasa geal geol ketika diajak melewati tikungan.

Well akhirya awansan bawa ke bengkel langganan “MJM Motor” di Manding Temanggung, meskipun bengkelnya super duper nylempit tapi owner bengkelnya enak dan ramah, kerjaan juga memuaskan.

Langkah pertama langsung bongkar semua bagain kaki – kaki belakang untuk mengecek keadaan partnya, dan langsung ketemu tersangkanya yaitu ada bosh dan laher conrod yg ambrol.

Bosh Conrod Hancur

Laher yang ambrol membuat bosh kemudian langsung beradu dengan dudukan laher, besi beradu besi inilah yang kemudian menimbulkan suara berderit derit ketika melewati lubang atau gundukan.

Setelah diperiksa lagi ternyata kerusakan lebih parah, bisa dilihat di bawah ini :

1 laher conrod ambrol

3 laher conrod kocak

1 bosh conrod rusak

Untung saja 3 bosh conrod yang lain masih dalam keadaan bagus jadi tidak perlu diganti,

laher / bearing yang rusak

Selain pada conrod, ternyata arm belakang juga oblak, menandakan bahwa laher dan bosh di dalamnya juga perlu diganti, arm oblak inilah yang kemudian membuat motor geal geol ketika harus menikung

ketika dibongkar ketahuan kalau 2 laher/bearing arm sudah koclak, sedangkan untuk boshnya masih bisa dibalik posisinya.

Bosh arm conrod sampai terkikis (plg kanan)

setelah semua part yang rusak diketahui, langkah selanjutnya adalah belanja partnya di toko onderdil, awansan beli di toko part Jakarta Motor temanggung , dan ternyata habisnya lumayan juga mas brooo 👿 .

sampai bengkel langsung semua part tersebut dipasang, dan Alhamdulillah motor kembali normal, suara berderit derit sudah hilang dan motor tidak geol geol ketika diajak menikung .

Advertisements

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.