Mengenal MAN R37 , Bus Triple Axle Flagship MAN Indonesia

MAN R37 Milik Transjakarta

awansan.com – Sobat bismania sebetulnya chasis bus MAN bukanlah barang baru di Indonesia, mengingat pada era 2000an chasis bus MAN pernah masuk ke Indonesia bebarengan dengan masuknya Scania dan Volvo, beberapa unit Chasis MAN 18.310 HOCL pun sempat dimiliki oleh beberapa po besar di Indonesia dan menjadi Chasis andalan untuk rute jarak jauh.

Namun sayang setelah itu keberadaan chasis Bus MAN kemudian seolah lenyap ditelan bumi, Chasis Bus MAN akhirnya baru masuk kembali pada tahun 2013 dengan PT Duta Putera Sumatera sebagai atpm nya.

dsc_1278
Chasis MAN R37

Kali ini MAN tak tanggung tanggung dengan langsung mendatangkan chasis bus premiumberkode MAN R37, Sebagai Chasis Bus premium tentunya bus ini dilengkapi dengan spesifikasi di atas rata rata, untuk sektor engine , Chasis MAN R37 ditenagai oleh mesin Diesel Commonrail MAN-D2676 LOH10 Euro III , dengan konfigurasi 6 silinder inline berkapasitas 12,4 liter, mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 460 HP, tenaga dari mesin kemudian disalurkan via  transmisi ZF-12 AS 2301 Tipmatic .

MAN R37 juga dilengkapi dengan berbagai fitur safety sepertinExhaust Valve Brake , Electronic Braking System termasuk Anti-lock Braking System (ABS)/Traction Control System (TCS), tak lupa disematkan juga  fitur retarder dengan lima tingkatan dengan tombol tersedia di steering wheel.

dsc_1064
Engine MAN R37

Sedangkan untuk sektor kaki – kaki , MAN R37 sudah menggunakan konfigurasi triple axle dengan poros roda depan independen (independent front axle) , kenyamanan penumpang juga sangat diperhatikan dengan ditanamkannya 6 balon air suspension, 2 balon pada suspensi pada poros roda depan dan 4 balon pada suspensi pada poros roda belakangbelakang, untuk memudahkan manuver roda pada  Poros ketiga bus bisa bergerak untuk ikut mengarahkan bus .

Uniknya lagi, dari semua MAN R37 yang sudah mengaspal di Indonesia, seluruhnya menggunakan karoseri Nusantara Gemilang dengan model Cityliner double decker. Unitnya sendiri sebagian besar dimiliki oleh Transjakarta, dan satu unit dimiliki oleh pemerintah Kota Semarang.

Advertisements

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.