1

Tata LP 713 , Chasis Bus Medium Terbaru dari Tata Motors

awansan.com – Sebagai merk pendatang baru di segmen kendaraan komersial, Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) terbilang cukup agresif mengisi pasar kendaraan komersial Indonesia yang selama ini dikuasai oleh brand Jepang dan Jerman, dalam kurun waktu relatif cepat Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) sudah mempunyai line up yang cukup lengkap, dari segmen Bus Chasis, Light Commercial Vehicle, Light Duty Truck, Medium Duty Truck hingga Heavy Duty Truck.

Untuk segmen bus chasis, salah satu produk yang menjadi andalan Medium Bus Tata adalah Tata LP713 , Chasis Tata LP 713 sendiri pertama kali diluncurkan di ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 bebarengan dengan diluncurkannya truk Tata LP 913, dan setelah lama tidak ada kabar chasis ini akhirnya muncul kembali dalam event IIMS 2017 bersama Tata LPT 407 yang diperuntukkan untuk segmen mikrobus 4 ban.

Di pasar chasis bus medium 6 ban Tanah Air, nantinya Tata LP 713 akan menjadi kompetior bagai trio medium bus Jepang yang selama ini sudah menguasai pasar, mulai dari Isuzu NQR 71 dari Isuzu Astra, Hino FB dari HMSI dan tentunya sang market leader Mitsubishi Colt Diesel FE 84 BC dari Krama Yudha Tiga Berlian Motors .

Sadar akan posisinya sebagai pendatang baru, maka Tata LP 713 pun kemudian dibekali dengan spesifikasi yang cukup mumpuni untuk melawan kompetitornya , dimulai dari sektor mesin dimana Tata LP 713 dibekali mesin Tata 697 TCIC Euro 2 . Mesin ini memiliki konfigurasi 6 silinder iniline dengan kapasitas 5.675 cc, terbesar di kelasnya. dan mampu menghasilkan tenaga maksimum 130 ps pada 2.400 rpm dan torsi puncak 416 Nm pada 1400 sampai 1700 rpm, mesin tersebut kemudian dipadukan dengan transmisi GBS-40 Synchromesh manual lima percepatan.

Untuk masalah tenaga memang cenderung setara dengan kompetitornya namun urursan torsi mesin boleh dibilang Tata LP 713 unggul jauh di banding para kompetitor lain. Durabilitas mesin Tata juga sudah tidak diragukan lagi mengingat di negara asalnya Bus Tata merupakan salah satu bus legendaris dan cukup mampu diandalkan seperti halnya Bus Colt Diesel di Indonesia

Keunggulan lainnya adalah padda sektor pengereman dimana Tata LP 713 sudah dilengkapi sistem pengereman full air agar lebih pakem dan safety, setingkat lebih maju dari para kompetitor yang masih menggunakan rem AOH .

GVW dari Bus Tata LP 713 adalah 7,7 Ton. Sedangkan untuk dimensinya masih standar dengan bus medium lain dengan panjang 7.125 mm, lebar 2.092 mm, tinggi 2.878 mm , masih mampu dikaroseri menjadi bus dengan kapasitas 30 seat.

Dengan segala keunggulan tersebut, Bus Tata Motors LP 713 bisa menjadi alternatif baru bagi perusahaan travel, otobus , instansi pemerintah maupun swasta yang memerlukan chasis bus medium, apalagi dengan iming – iming harga yang cukup miring dibanding pesaingnya karena Tata LP 713 hanya dibanderol hanya Rp. 270 juta saja . Beberapa perusahaan otobus yang sudah mengoperasikan medium bus Tata LP713 adalah angkutan bandara Kuala namu (PT Nice Trans) dan bus BRT Trans Binjai.

23-seat Tata LP 713 Bus at the 2014 Indonesia International Motor Show front quarters
Bus Tata LP713 dalam gelaran IIMS 2014 . dok indianautosblog
(Visited 42 times, 1 visits today)

awansan

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *