Hyundai Mighty 136, Medium Bus Korea Pendobrak Pasar Indonesia

Bus Medium Hyundai Mighty milik PT Korindo

awansan.com – Setelah kemarin kita membahas tentang big bus Hyundai, rasanya tak lengkap jika tidak membahas medium busnya sekalian yaitu “Hyundai Mighty” yang juga cukup banyak beredar di Indonesia.

Sama seperti versi trucknya, Hyundai Mighty sendiri merupakan chasis medium bus didevelop oleh Hyundai Korea berdasarkan rancang bangun dari generasi Mitsubishi Canter (Colt Diesel), jadi tak heran jika ada yg menjuluki Hyundai Mighty sebagai Colt Diesel Korea.

Untuk pasar Indonesia Hyundai Migty dipasarkan oleh Korindo sejak tahun 2007, dan ditawarkan dalam 3 Varian Chasis yaitu :

  1. Hyundai Mighty 136 B (Wheelbase 3755 mm, front overhang 940 mm, rear overhang 1655 mm)
  2. Hyundai Mighty 136 BL (Wheelbase 3755 mm, front overhang 1545 mm, rear overhang, 1910 mm)
  3. Hyundai Mighty 136 BLX (Wheelbase 4085 mm, front overhang 1545 mm, rear overhang 1800 mm)

Untuk urusan dapur pacu, bisa dibilang Hyundai Mighty setara dengan Colt Diesel FE84BC, dilengkapi dengan mesin Diesel D4D8 yang bertenaga maksimal 136 ps dan torsi maksimal 380 nm, seperti halnya chasis mesin ini juga di develop oleh Hyundai berdasar rancang bangun mesin 4D34 dari Mitsubishi, dilihat sekilas mesin ini memang sama plek dengan 4D34 meskipun jeroannya ternyata berbeda.

Tenaga dari mesin kemudian diteruskan ke roda via transmisisi manual 5 percepatan berkode CA5-38HC, serupa dengan versi truknya. Untuk transmisinya sendiri Hyundai Mighty ada tiga versi, dimana Hyundai Mighty keluaran awal masih menggunakan transmisi buatan Hyundai, kemudian diganti dengan transmisi buatan FAW dan terakhir menggunakan buatan Harbin.

Semenjak kemunculannya Hyundai Mighty bisa dibilang cukup sukses di pasar medium bus Indonesia, dan menjadi salah satu alternatif utama bagi perusahaan otobus untuk peremajaan armadanya selain Mitsubishi Colt Diesel. Meskipun belum mampu menggeser posisi Colt Diesel tapi secara mengejutkan Hyundai mampu menggeser pabrikan Jepang lain yang sudah lama mapan seperti Isuzu, Hino dan Toyota di segmen medium bus.

Hyundai Mighty 136 BLX , Chasis panjang

Beberapa Po yang menggunakan Chasis Hyundai Mighty adalah Transjogja, Batik Solo Trans, Sinabung Jaya, Damri, Metromini, Hiba Group, Parung Jaya, Ragil Kuning, Hyundai Mighty juga cukup populer digunakan sebagai bus pariwisata, apalagi Hyundai Mighty mempunyai varian 136 BLX yang super long.

Selain digunakan oleh berbagai perusahaan otobus swasta, Hyundai Mighty juga banyak di borong oleh dishub, dan kemudian disebar di berbagai kota di Indonesia sebagai bus bantuan pemerintah baik itu bus trans maupun bus sekolah , belum lagi yang kemudian dibeli oleh berbagai instansi pemerintah lainnya.

Nah selain versi bus chasis , Korindo Juga menawarkan “Koty Bus”, yang sudah dilengkapi dengan body buatan Karoseri Korindo.

Namun sayang sekali, sama seperti big busnya, penjualan Hyundai Mighty harus dihentikan tahun 2012 karena adanya perselisihan antara Korindo dan Prinsipal Hyundai di Korea, secara berlahan akhirnya banyak Bus Hyundai Mighty yang mangkrak akibat kesulitan suku cadang,

Selain sulitnya suku cadang, Hyundai Mighty juga banyak dikeluhkan bermasalah di sistem penerus dayanya, baik itu transmisi maupun gardannya, terutama bagi Hyundai Mighty gen terakhir yang menggunakan Transmisi buatan Harbin China.

Advertisements

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.