Mengenal Hino Poncho , Minibus Imut nan Menggemaskan Dari Jepang

awansan.com – Pada event GIIAS 2019 lalu, HMSI memamerkan beberapa produk unggulan mereka yaitu Hino Poncho EV Community Bus, truk Hino Dakar Rally 2014,  dan truk ringan Hino 300 Series Hybrid wide body, namun yang paling menarik bagi awansan justru Hino Poncho, karena bus ini ukurannya imut dan bentuknya sangat menggemaskan, seperti mainan tayo 😆 .

Hino Poncho sendiri merupakan low floor minibus yang sudah diproduksi oleh Hino Jepang sejak tahun 2002 lalu, Hino Poncho generasi pertama dibangun berdasar basis Fiat Ducato , sedangkan untuk generasi kedua yang sekarang beredar dibangun berbasis Hino Liesse.

Semenjak diluncurkan Hino Poncho sangat populer digunakan sebagai bus komuter di berbagai kota besar Jepang. Konstruksinya yang low floor memudahkan keluar masuk penumpang, terutama untuk para penyandang disabilitas.

Ukurannya yang mini membuat bus ini lincah menembus lalu lintas dan masuk di jalan – jalan kecil perkotaan, panjang bus ini hanya sekitar 6.99 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 3,1 meter . sedangkan kapasitas penumpangnya adalah 18 seat (termasuk 2 seat untuk penyandang disabilitas)

Meskipun berukuran kecil, namun ternyata Hino Poncho ditenagai oleh mesin yang sangat bertenaga, FYI Hino Poncho menggunakan mesin turbo diesel 4 silinder inline berkode J05E-TS , dengan kapasitas 5.1 L mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 180hp (132kW) dan torsi maksimal 530Nm, mesin ini kemudian dipasangkan dengan Aisin A500 automatic transmission (5 speed) yang dilengkapi teknologi torque converter.

Kebayang kan tenaga segede itu cuman buat gendong minibus berkapasitas 18 penumpang, kalau sama orang Indonesia pasti udah pada bilang man eman 😆 .

Selain versi diesel, ada juga Hino Poncho EV (electric vehicle), model elektrik inilah yang kemarin dibawa oleh HMSI pada event GIIAS 2019 , dengan baterai Lithium Ion berkapasitas 30 kWh , Hino Poncho EV ini diklaim mampu melaju hingga 60 km/j , dan cukup dicharge tiap 80 km.

Untuk menjamin kenyaman penumpang Hino Poncho sudah menggunakan suspensi model air suspension yang dilengkapi dengan shocks and stabilisers. Tidak hanya kenyaman saja yang diperhatikan oleh Hino namun juga faktor safety, dimana Hino Poncho dilengkapi juga dengan tiga pintu darurat, sistem pengereman abs dan rem air-over-hydraulic .

(Visited 6 times, 1 visits today)

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *