Service Besar dan Oversize Piston Honda Blade 125 Fi

Blade 125 di depan bengkel MJM

awansan.com – Pembaca yang budiman, ketika beberapa waktu lalu ganti oli Blade 125, awansan dibuat terkejut karena oli yang tersisa tinggal sedikit, mungkin hanya sekitar 100 ml saja, padahal oli baru diganti sekitar satu bulan dengan jarak tempuh dibawah 1000 km, dan anehnya lagi motor nggak ngebul, wah ini pasti ada yang tidak beres, mengingatkan pada motor megapro milik awansan dulu yang kasusnya sama, nggak ngebul tapi tau tau oli sudah habis 👿 .

Tak mau ambil resiko, akhirnya setelah ganti oli , awansan giring si Blade ke bengkel langganan “MJM Motor” di daerah Manding Temanggung, disana awansan utarakan keluhan habisnya oli Blade 125 kepada mekanik sekaligus owner bengkelnya yaitu “Mr Muqorrobin” , karena sudah mepet jam kerja, si Blade kemudian awansan tinggal untuk dibongkar dulu dan diperiksa lebih lanjut.

Siang harinya tiba tiba owner bengkel muncul di kantor awansan sambil membawa blok piston, dan ternyata masalahnya adalah pada liner silindernya yang sudah aus , jadi antara piston dan liner sudah tidak rapat lagi, pantesan aja ini Blade doyan minum oli, jalan satu satu nya ya harus oversize piston, kebetulan tempat kolternya dekat kantor awansan bekerja.

Mesin Blade 125

Percobaan pertama menggunakan piston oversize 25, masih longgar, akhirnya diputuskan memakai piston oversize 50 baru kemudian bisa rapat kembali, dan pistonnya juga pakai merk federal, karena pas cari yang orisinil barangnya sedang langka.

Setelah selesai urusan kolter, motor pun segera dirakit kembali seperti semula, dan lhadalah motor malah jadi brebet 😆 , bongkar lagi dan baru ketahuan kalau throttle body sudah sangat kotor kondisinya, bersihkan dan alhamdulillah kini sudah normal kembali.

Selesai motornya, saatnya itung – itungan ama bengkel, berikut biaya turun mesin awansan kemarin :

Piston Oversize 50 + Korter : 165.000
Oli Federal 800 ml : 35.000
Paking Magnet : 10.000
Rol Kamrat : 45.000
Jasa Service : 40.000

Total Biaya : 295.000 , lumayan nguras uang jajan bulan ini hahaha

(Visited 20 times, 1 visits today)

2 comments

    1. tinggal dicek saja mas pas ganti oli rutin, sisa olinya tinggal berapa ml, kalau sisanya tinggal sedikit bisa dipastikan ada bagian mesin yang tidak beres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *