2

GIIAS 2019 : TAM Luncurkan New Hiace Premio , Lebih Mewah dan Bertenaga

awansan.com – Bertempat di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 , PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali melengkapi jajaran kendaraan komersialnya di Indonesia dengan meluncurkan Van Toyota Hiace Premio . Menyasar segmen yang lebih tinggi Toyota HiAce Premio dihadirkan untuk mengisi pasar premium, dengan perubahan yang cukup revolusioner dibanding generasi sebelumnya di segala sisi, mulai dari eksterior, interior, engine hingga fitur – fitur safety baru yang digunakan.

Perubahan paling mencolok terlihat di bagian eksterior dengan adanya penambahan bonet untuk meletakkan mesin, berbeda dengan generasi sebelumnya yang masih terletak di bawah jok, selain menambahkan rasa aman karena adanya crumple zone, peletakan mesin di depan juga membuat ruang di kabin menjadi lebih lega dan mengurangi kebisingan kabin, desain bonet yang manis membuat kesan Hiace Premio menjadi semakin mewah jauh dari kesan mobil travel biasa.

Dimensi Hiace Premio juga membengkak, dimana Hiace Premio ini memiliki panjang 5.915 mm dibandingkan varian commuter 5.380 mm. Lebar mencapai 1.950mm dibandingkan varian commuter hanya 1.880mm. Adapun tingginya berkurang menjadi 2.280 mm dibandingkan varian commuter dengan tinggi 2.285 mm. Jarak sumbu roda yang panjangnya 3.860 mm menjadikan mobil ini lebih stabil ketika di jalanan.

Untuk sektor engine, Pertama kali dibawa ke Indonesia, HiAce menggunakan mesin 1GD-FTV 4 silinder menggantikan mesin 2KD pada generasi sebelumnya, mesin yang sama digubnakan juga oleh Toyota Innova Reborn, dengan konfigurasi 4 silinder inline, dan dilengkapi teknologi commonrail turbo intercooler ,Tercatat mesin ini mampu memberikan tenaga maksimal mencapai 154 daya kuda, atau lebih besar 54 daya kuda dari edisi Commuter, sedangkan torsi maksimal yang dihasilkan yaitu 420 Nm, yaitu lebih besar 158 Nm.

Tenaga dari mesin kemudian disalurkan ke roda via Transmisi FR-6 speed manual transmission yang ringkas dengan rentang gigi yang lebar. Sistem transmisi ini sudah mengadopsi teknologi IMT atau Intelegent Manual Transmission yang mampu meningkatkan kontrol sekaligus mengurangi kebisingan di kabin.

Interior Hiace Premio

Interior HiAce Premio dirancang dengan nuansa mewah dan elegan dibalut warna abu-abu gelap, dashboard depan mengusung desain baru yang lebih manis dan fungsional dibanding generasi sebelumnya, untuk versi pameran ini Hiace premio menggunakan kursi berkonfigurasi 12 seat sehingga terasa sangat lega , penumpang juga main nyaman berkat hembusan ac yang merata di seluruh kabin via 13 unit kisi ventilasi,

Di samping desain dan mesin baru, dari segi keamanan, Toyota juga meningkatkan fitur keamanan pada HiAce Premio. Diantaranya adalah fitur Vehicle Stability Control (VSC) yang akan berfungsi secara otomotis membatasi output drive train dan pengereman selektif. Mobil ini juga dipersenjatai Hill-Start Assit (HSA) yang mencegah kendaraan mundur secara tidak terkendali, pengereman ABS, seatbelt tiga titik dan Dual SRS Airbag .

Untuk saat ini Hiace Premio hanya dipasarkan dalam satu varian saja dengan banderol harga Rp516,6 juta, lebih mahal sekitar Rp41 juta dibandingkan tipe terdahulu dengan harga Rp475,25 juta.

Spesifikasi Toyota HiAce Premio 
Mesin1GD-FTV (Diesel)
Jumlah Silinder4, Segaris
Teknologi MesinDOHC, Common Rail Direct Injection, Variable Nozzle Turbocharger, Intercooler
Kapasitas Mesin2.755 cc
Tenaga Maksimum161 hp (163 PS) @ 3.600 rpm
Torsi Maksimum420 Nm @ 1.600-2.200 rpm
TransmisiManual 6-percepatan
Layout MesinMesin Depan Penggerak Roda Belakang
Kapasitas Tangki70 liter
Dimensi
Panjang5.915 mm
Lebar1.950 mm
Tinggi2.280 mm
Wheelbase3.860 mm
Radius Putar6,5 m
Kaki-Kaki dan Pengereman
Ukuran Ban235 R16C
Suspensi DepanMcPherson Strut
Suspensi BelakangTorsion Beam dengan Leaf Spring
Rem DepanCakram Ventilasi
Rem BelakangCakram Ventilasi
Sistem RemABS, EBD, ESC, HSA
(Visited 92 times, 1 visits today)

awansan

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *