3

Mitsubishi L300 Baru Sudah Meluncur, Mesinnya Pakai Turbo Intercooler !!!

The New Mitsubishi L300

awansan.com – Sebagai salah satu mobil komersial terlaris di Indonesia, Sosok Mitsubishi Colt L300 ini sudah tak perlu dipertanyakan lagi kelegendarisannya, karena mampu bertahan lebih dari 35 tahun di indonesia tanpa adanya perubahan model yang berarti, Tidak hanya model cabinnya saja, dapur pacunya pun tidak berubah signifikan, masih terus mengandalkan seri mesin 4D56 dari tahun 1980-an hingga sekarang .

Dan ternyata Mitsubishi L300 tidak hanya populer di Indonesia saja, namun juga negara tetangga kita Filipina, dimana Mitsubishi L300 menjadi tulang punggung penjualan Mitsubishi Filipina, namun sehebat – hebatnya penjualan suatu produk, kadang harus kalah dengan aturan pemerintah, dan inilah yang terjadi dimana pada tahun 2018 Mitsubishi L300 harus dihentikan produksinya di Filipina karena mesin 4D56 series tidak bisa memenuhi standar regulasi Euro 4 yang ditentukan oleh pemerintah Filipina.

Karena statusnya sebagai volume maker, Mitsubishi Filipina pun tentu tidak mau kehilangan sumber cuan andalannya, akhirnya pada april 2019 Mitsubishi L300 pun reborn dengan beberapa perubahan spesifikasi yang cukup signifikan agar bisa memenuhi standar pemerintah Filipina.

Mesin baru 4N14 , Sudah Commonrail turbo intercooler

Perubahan paling besar berada di sektor dapur pacu dengan dipakainya mesin baru berkode 4N14 Turbodiesel Common Rail yang notabene juga digunakan di beberapa line up Mobil Mitsubishi lainnya di pasar luar negeri seperti Mitsubishi Outlander, Mitsubishi Delica D5, dan juga Mitsubishi ASX .

Jika dibandingkan dengan 4D56, mesin baru ini memang lebih kecil kapasitasya, fyi mesin 4D56 berkapsitas 2500 cc sedangkan 4N14 hanya 2200 cc, namun berkat tekologi commonrail dan dan sokongan turbo intercooler, mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 99 ps dan torsi 200 nm, jauh lebih besar dari tenaga 4D56 series yang hanya 70 ps dan torsi 140 nm, itu saja Mitsubishi sudah menspec down habis-habisan output power mesin 4N14 untuk menyesuaikan dengan kekuatan chasis dan transmisi L309, fyi aslinya mesin 4N14 ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 177 ps dan torsi 380 nm.

Perubahan lain adalah di sektor interior, meskipun secara sekilas sama, namun jika diperhatikan lebih detail, L300 baru ini mempunyai desain cluster meter baru yang lebih manis dan sudah dilengkapi dengan multi information disiplay (mid) pada sebelah kirinya, pada bagian tengah juga ada grill blower horizontal untuk mendinginkan driver dan penumpang tengah, cuman blower aja ya alias kipas angin, ya maklum ini kan kendaraan niaga 😁 , kalau mau ac bisa pasang sendiri 😆 .

Interior New L300

Namun sayangnya untuk pasar Indonesia hingga kini belum ada kabar untuk update pick up legendaris ini, dan nampaknya memang masih jauh karena hingga sekarang pemerintah Indonesia masih berkutat di Euro II, well meskipun saat ini tiada lawan dan mempunyai basis pengguna yang sangat fanatik, bukan tidak mungkin L300 lama kelamaan akan tergusur oleh kompetitor jika tidak mau berbenah, jangan sampai ada jargon pabrikan KTB (Kalau Terlambat Biasa) karena Mitsubishi terlalu lemot dalam mengantisipasi kompetitor.

awansan harap sih misalpun tidak dikasih spek mesin comonrail 4N14 seperti Filipina, dikasih 4D56 Turbo Intercooler seperti Triton HDX juga sudah lumayan kok, biar tetap bisa menenggak solar busuk di Indonesia, tapi sekali lagi ini baru sebatas harapan dan doa 😁😁 #semogasaja .

(Visited 320 times, 1 visits today)

awansan

3 Comments

  1. solar busuk solar busuk yg subsidi jd rebutan perusahaan transpotasi antar kota, perkebunan pertambangan hingga veri ‘ kapal nelayan / angkut antar pulau ….tulang pungung ekonomi kia ….24jam 365 hari …..solar busuk + minyak goreng sikit2x

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *