0

Mengenal Hino GT Series , Truk 4×4 Handal Untuk Keperluan Special Vehicle

Hino GT 4×4 Single Tyres ( dok cornelius randy)

awansan.com – Sebagai market leader di segmen medium duty truck, Hino punya banyak varian truk yang dipasarkan di Indonesia, mulai dari yang paling umum seperti Hino 500 series (Hino Lohan), Hino Ranger, hingga yang paling langka seperti Hino GT yang ajaibnya ternyata varian ini juga ada yg masuk Indonesia.

Keberadaan Hino GT ini terendus oleh awansan dalam salah satu postingan di media sosial, dimana dalam postingan tersebut ada sesosok Hino GT telah dikonversi menjadi Fire Truck, nampak sangar dengan ban single wide tyre berukuran raksasa, tak kalah gagahnya dengan truk Rally Dakkar yang dibawa Hino dalam pameran GIIAS 2019 Kemarin.

Ya maklum saja Untuk pasar Indonesia truk ini masih dijual by order, which is tidak dijual bebas di semua dealer dan masuk hanya berdasar permintaan saja, karena selain segmennya yg sangat kecil , harganya pun tentunya mahal karena status CBU dan Sistem Penggerak 4×4 yang dimilikinya.

Hino GT sendiri merupakan salah satu varian truk medium duty truck dari Hino yang dikhususkan untuk segmen special vehicle, yang biasanya memang membutuhkan spek di atas rata rata, jadi meskipun dimensinya pendek dengan wheelbase hanya 4100 mm , kaki kakinya sudah mengaplikasikan sistem 4×4 dan mesinnya bertenaga besar, maka tak heran jika di beberapa negara truck ini sangat populer digunakan sebagai kendaraan emergency service (medis/pemadam kebakaran), Manhauler Pertambangan, dan kendaraan support infrastruktur.

Untuk tipenya sendiri ada dua type yang beredar yaitu Hino GT 1322 dan Hino GT 1528 , tergantung di negara mana ia beredar, namun untuk artikel kali ini kita ambilkan spek dari negara tetangga terdekat Australia .

Tipe yang pertama adalah Hino GT 1322, sesuai dengan nomenklaturnya truk ini mempunyai GVW 13 ton dan tenaga mesin sekitar 220 ps , Sektor dapur pacu Hino GT 1322 disokong oleh mesin diesel 6 silinder inline seri J series , varian awal masih menggunakan versi J08C dengan tenaga 207 PS dan torsi 603 nm, sedangkan untuk versi mesin J08E tenaganya lebih besar mencapai 215ps (JIS) dan torsi maksimal 637 nm, fyi seri mesin ini juga beredar di Indonesia untuk mentenagai chasis bus Hino RK8.

Tenaga dari mesin kemudian disalurkan ke roda via gearbox 6MT yang juga dilengkapi dengan transfercase part time, sehingga bisa dipilih antara 2 H, 4H dan 4 Low yang mempunyai ratio 2.22:1 . Untuk beberapa negara tersedia juga pilihan transmisi otomatis menggunakan Allison seri 2500.

Tipe kedua yang beredar adalah Hino GT 1528 , versi ini merupakan pembaharu dari Hino GT 1322 yang kemudian ditingkatkan tenaga mesin dan kapasitas gandarnya , untuk sektor dapur pacu mesin masih dengan versi GT 1322 yaitu seri J08E , namun sudah diupgrade menggunakan sistem commonrail sehingga mampu mengeluarkan tenaga lebih besar mencapai 280 hp dan torsi maksimal 824 nm , kebayang kan truk sekecil ini tapi tenaganya raksasa, penyempurnaan lain juga dilakukan pada dual range transfercase yang digunakan , sehingga bisa menghandle peningkatan teaga dan torsi dari mesin.

Tidak hanya power mesinnya saja yang ditingkatkan tapi juga kapasitas angkutnya, dimana gandar depan mempunyai kapasitas 5.5 ton dan gandar belakang 10 ton , sehingga GVW nya mencapai 15.5 ton.

Layknya mobil penumpang, sektor keamanan dan kenyamanan Hino GT 1528 juga sangat diperhatikan dengan penyematan berbagai fitur modern seperti Anti-lock Brake System (ABS), cruise control (single cab only), driver’s SRS airbag, dan Elektrik Mirror

(Visited 307 times, 1 visits today)

awansan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *