2

Lebih Dekat Dengan Toyota HiAce , Van Mewah Andalan Para Pengusaha Travel

awansan.com – Sedikit melirik ke balakang, sebetulnya Hiace pernah beredar di Indonesia mulai akhir 70an hingga medio 80an, saat itu hiace bersama dengan Mitsubishi L300 bersaing sama sama bersaing di segmen Light Commercial Vehicle (LCV) baik itu versi pick up maupun versi van (karoseri lokal), namun pasca dihentikannya penjualan HiAce pada tahun 1985 lambat laun nama Toyota HiAce mulai pudar terkikis zaman, angin segar baru kembali muncul ketika akhirnya PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan Toyota Hi Ace di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012.

Disini Toyota melihat dengan cerdik adanya peluang pasar di segmen kendaraan travel yang kebutuhannya sedang meningkat di Indonesia, Dan segmen yang disasar pun tidak main- main karena Hi Ace mengincar segmen mobil travel menengah ke atas, baik itu untuk kebutuhan travel, tourism, maupun commuter bisnis. Untuk segmen ini lawan terdekatnya adalah Isuzu ELF series .

Dan terbukti strategi Toyota untuk menyasar segmen mobil travel menengah ke atas mendapat sambutan yang baik dari pasar di Indonesia, HiAce pun laris manis diborong oleh berbagai perusahaan travel untuk dijadikan armada travel eksekutif. Beberapa keunggulan Hiace dibanding kompetitornya adalah suspensinya yang lebih soft, suara mesinnya yang lebih senyap, serta sistem Ac yang dingin dan stabil.

HiAce yang masuk Indonesia saat ini adalah Toyota HiAce generasi ke enam, melompat jauh dari Hiace terdahulu yang masih generasi kedua, dan Hiace juga masuk dalam bentuk CBU dari Jepang sehingga tidak perlu diragukan lagi build qualitynya, tentunya hal itu sebanding dengan harganya yang cukup mahal.

Dengan body bongsor, kapasitas Hiace pun meningkat jadi 16 orang, menganut formasi bangku 3-3-3-3-4 dan dilengkapi pintu sliding door, Untuk kenyamanan dan keamanan penumpang dilengkapi dengan pendingin udara Pada setiap bangku juga sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman. 

Pada interior depan Hiace dilengkapi dengan Dual SRS Airbag untuk melindungi penumpang dan pengemudi. Dasbord yang ergonomis untuk memberikan informasi dan kenyamanan berkendara yang dilengkapi dengan tempat penyimpanan multifungsi dengan rang glove box yang besar.

Sandaran jok bagian tengah dapat dilipat ke depan guna menciptakan armrest dan terdapat cup holder diatasnya, sektor safety juga lebih baik karena Dilengkapi juga dengan airbag dan sistem pengereman anti-lock brake system (ABS) untuk varian Hi Ace Commuter.

Toyota HiAce generasi baru ini menggunakan  mesin diesel commonrail 2KD-FTV 2.5L Turbocharged , Mesin ini menghasilkan daya masksimum sebsar 102/3600 ps/rpm dan torsi maksimum 26.5 / 1.600 – 2.400. tenaga dari mesin kemudian diasalurkan ke roda lewat transmisi manual 5 kecepatan. FYI mesin ini juga digunakan oleh Toyota Innova Diesel sehingga mempermudah dalam mencari suku cadangnya, mesin ini dikenal bandel irit dan mudah dioprek untuk meningkatkan tenaganya. Untuk dapat menembuh jarak jauh Hiace semua tipe menggunakan tangki dengan kapasitas 70 L .

Untuk memperbanyak pilihan bagi konsumen di  Indonesia, Toyota menawarkan Toyota Hi Ace dalam tiga varian, yakni Toyota Hi Ace Standard, Toyota Hi Ace Commuter, dan Toyota HiAce Luxury.  Secara sekilas ketiga produk tersebut sama, perbedaannya lebih banyak berada di fitur dan interior, untuk lebih jelasnya yuk kita bhas satu per satu

HiAce Standart merupakan varian terbawah, eksteriornya mudah dikenali karena masih menggunakan velg kaleng dan tidak adanya foglamp pada bagian depan, sedangkan pada sektor interiornya bangku penumpang tidak terdapat cup holder dan head rest.

Hiace Commuter/High Grade merupakan varian tengah, di sektor eksterior terlihat lebih mewah dengan adanya fog lamp dan pemakaian velg alloy, sedangkan interiornya juga mendapat lebih banyak fitur seperti Power Window, Power Door Lock, windows defogger Sandaran kepala pada kursi baris 2 dan 3 , pada varin ini juga sudah dilengakapi dengan SRS Airbag dan ABS.

Hiace Luxury merupakan varian tertinggi yang dikembangkan lebih mewah, eksteriornya masih mirip commuter ditambah paket krom pada bagian radiator grille, kaca spion, dan tulisan emblem Luxury pada bagian belakang.

Interior HiAce Luxury

Interior juga lebih lega karena hanya menggunakan 11 bangku, dimana baris 1 dan 2 menggunakan desain captain seat, dibalut bahan kulit dan dilengkapi dengan Ottoman dan Sliding 4 arah. Bangkunya juga dilengkapi meja lipat dengan cup holder. Head unit menggunakan AVX 6 inci, lebih mewah dibandingkan varian lain serta bahan material lantai lebih berkualitas.

Untuk tahun 2019 ini Toyota Astra Motor juga sudah meluncurkan generasi ke 7 dari Toyota Hiace, yaitu Hiace Premio tentunya dengan banyak perubahan spesifikasi yang cukup revolusioner jika dibanding generasi ke 6, mulai konfigurasi mesin, dimensi body, dashboard dan juga engine yang digunakan, untuk lebih lanjut awansan sudah buat artikel tersendiri bisa dibaca disini 😀 .

Oh ya ngomong ngomong harga, kini Harga Toyota Hiace varian standar berkisar pada 440 juta, varian Commuter sekitar 475 juta, sedangkan untuk Toyot Hiace Premio lebih tinggi lagi hingga 520 juta .

(Visited 310 times, 1 visits today)

awansan

2 Comments

  1. Dulu nama y masih Toyota Commuter belum ada Hi Ace y, waktu mau nikah thun 2009 di Purwokerto pakai mobil ini sewa dari White Horse, unit y masih jarang, kata supir y, kampas rem aja masih indent dari thailand. Suara mesin halus, suspensi empuk.

    • nama asli jepangnya sih mmg toyota hiace commuter, namun lebih dikenal dgn Toyota Commuter oleh sebagian pemakai, nah betul suspensi empuk sama suara lebih halus, soalnya udah commonrail , siulan turbonya juga lebih nyaring nyenengi kalau didengarkan 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *