4

Lebih Dekat Dengan Truk Ural 4320 , Truk Russia Andalan Tentara

Ural 4320

awansan.com – Bro sis sekalian, Produk otomotif blok timur saat ini memang kurang populer di Indonesia jika dibandingkan produk otomotif blok barat seperti Jepang, Jerman dan Amerika, maklum pasca tahun 1965 hubungan Indonesia dan negara blok timur berada pada titik paling nadir, padahal pada periode 1960an Indonesia sangat akrab dengan berbagai merk blok timur di segala segmen, termasuk di segmen kendaraan komersial dengan masuknya Bus Robur, Bus Ikarus, Truk Zil, Truk Praga, Truk GAZ dll, bahkan Indonesia pernah berniat membangun pabrik truk dengan Asistensi dari pabrikan TAM Yugoslavia.

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa produk kendaraan komersial blok timur yang masih ada di Indonesia, meskipun dalam jumlah yang sangat sedikit dan umumnya hanya ada di instansi – instansi khusus seperti militer/kepolisiam. Salah satu produk blok timur yang terhitung cukup baru masuk Indonesia adalah truk URAL 4320.

Ural 4320

Ural 4320 sendiri merupakan salah satu truk legendaris asal Russia yang sudah diproduksi sejak tahun 1976 hingga sekarang, di negara asalmnya truk ini jamak digunakan secara luas baik oleh kalangan militer maupun sipil, desainnya pun khas Russia dengan tampilan sangar dan kaki kaki raksasa, truk ini dikenal Handal, bandel, dan jagoan melintasi medan offroad.

Dirancang untuk menghadapi ganasnya alam Russia truk ini tetap mempertahankan konfigurasi klasik dengan layout mesin di depan kabin pengemudi, konfigurasi ini dipercaya membuat perawatan dan perbaikan kendaraan menjadi lebih mudah. Dapur pacu Ural 4320 disokong mesin diesel V8 berkode YMZ-238M2T yang mampu menghasilkan tenaga hingga 240 hp dan torsi 640 nm, tenaga mesin kemudian disalurkan ke roda via transmisi manual 5 percepatan, untuk menghadapi medan offroad truk ini juga dilengkapi sistem penggerak ful 6×6 , two speed trasnfercase, differential locking dan juga tire inflation system . Sebagai truk Heavy Duty Ural 4320 dapat menanjak sampai kemiringan 31 derajat, dan melintasi halangan setinggi 0,55 meter. dapat melintasi genangan sedalam 1,7 meter dan bentang parit 0,6 meter. pada bagian depan juga tersedia winch dengan kapasitas 10 – 11 ton dengan kabel baja sepanjang 60 meter.

Dari aspek performa, Ural 432007-31 dapat melaju sampai kecepatan maksimum 82 km per jam. Kapasitas tangki bahan bakar internal yang dapat dibawa adalah 300 liter, auxiliary tank 60 liter, dan 2 jerry can masing-masing 20 liter dan 10 liter, kapasitas nagkut resmi dari truk ini adalah 6 ton.

Sebagai informasi merk Ural merupakan bagian dari GAZ Group yang khusus memproduksi truk untuk militer dan sipil kelas menengah hingga berat. Di Indonesia GAZ Group hadir bekerjasama dengan PT Ralika (Rajawali Lintas Kreasi) yang bertanggung jawab sebagai agen pemasaran, layanan perawatan, dan pengadaan suku cadang baik untuk kendaraan merk GAZ dan Ural. Kendaraan yang dijual di Indonesia seluruhnya telah menerapakan sistem kemudi sebelah kanan (RHD).

Tercatat Truk Ural 4320 dioperasikan oleh dua korps, yang pertama adalah Resimen Kavaleri Marinir sebagai kendaraan bengkel dan reparasi tank BMP-3F dan yang kedua TNI AU sebagai kendaraan support Jet Tempur Sukhoi , TNI juga menggunakan 25 unit truk Ural 4320 untuk digunakan oleh Kontingen Garuda (Konga) yang bertugas di wilayah konflik Libanon, Timur Tengah. Ural 4320 Didapuk sebagai kendaraan angkut pasukan dan logistik dan sebagian lainnya dijadikan sebagai truk tangki pembawa air bersih.

source : indomiliter.com , angkasa review, ralika indonesia, army technology, jakarta greater

(Visited 288 times, 1 visits today)

awansan

4 Comments

  1. pernah main game spintires? truk ini ada tuh…truk ini emang digunakan untuk nembus hutan dan jalan jelek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *