1

Tata LPTA 715 4×4 , Truk India Andalan SAR Brimob Indonesia

awansan.com – Bro sis sekalian pabrikan yang satu ini memang terbilang gigih menggempur segmen kendaraan komersial di Indonesia muali dari segmen Light Commercial Vehicle (LCV) dengan berbagai pick up nya, hingga segmen Light Duty Truck, Medium Duty Truck dan Heavy Duty Truck.

Dan ternyata tidak hanya di pasar kendaraan sipil saja, namun Tata Motors juga cukup serius memasarkan kendaraan untuk kebutuhan militer (defence) di Indonesia. Bahkan pada pameran Indodefence 2016 lalu Tata memboyong tiga truk andalannya mulai dari Tata LPTA 715 (4×4), Tata LPTA 2038 (6×6) dan Tata Kestrel (8×8), Tata juga bekerjasama dengan PT Pindad Bandung untuk pemasaran produk militer Tata di Indonesia.

Kesungguhan Tata kemudian berbuah manis dengan dipesannya 51 Unit Truk Tata LPT 715 oleh Korps Brimob Polri, oleh Brimob Truk ini kemudian digukanan sebagai Truk SAR dan disebar di berbagai wilayah di Indonesia. meskipun jumlahnya sedikti tapi truk ini sudah sering terlibat di berbagai misi SAR korps Brimob, tampangnya mudah dikenali karena tongkrongannya yang gagah dengan kaki kaki raksasa.

Tata LPTA 715 (Kiri) dalam pameran Indodefence 2016

Tata LPT 715 Sendiri merupakan varian terkecil dari keluarga Tata LPT series dengan kapasitas angkut resmi 3,5 ton, Gross vehicle mass (GVM) 7.650 kg, sedangkan gross combination mass-nya 10.250 kg. Truk ini sebetulnya masuk kategori truk taktis militer dan bisa dioperasikan multifungsi untuk berbagai kebutuhan seperti untuk armada angkut pasukan, armada untuk angkut senjata, ambulans sampai armada lapis baja ringan.

Meskipun dimensinya kecil, tenaga truk ini tidak bisa disepelekan, LPT715 mengandalkan mesin Diesel lansiran Tata Cummins 68TAA Dengan konfigurasi 6 silinder inline berkapasitas 5.883cc, mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 144 Hp  pada 2.500 rpm dan torsi maksimum 500 Nm pada 1.500 rpm. mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi Tata G600 6 percepatan manual.

Sebagai kendaraan militer Tata LPT 715 juga sudah dilengkapi dengan penggerak 4×4 sehingga lebih handal ketika harus berhadapan dengan medan berat. Dengan kapasitas tangki BBM mencapai 200 liter truk ini juga mempunyai jarak jangkau yang cukup jauh.

Untuk wilayah Asia Tenggara, Korps Brimob menjadi pelanggan pertama bagi Tata Defence, namun untuk pasar global Tata Motors Ltd mengklaim sudah memproduksi dan mengirimkan 40.000 unit Tata LPTA715 4×4 untuk pesanan militer India dan negara lainnya.

Tata LPTA 715 milik SAR Brimob Kalimantan Tengah
Truk Tata LPTA 715 milik Korps Brimob Lampung



(Visited 154 times, 1 visits today)

awansan

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *