Mengenal Lori Hantu, Truk Andalan Industri Logging Malaysia

Lori Hantu

awansan.com – Sobat truckmania, setelah banyak membahas tentang truk dari dalam negeri, tak ada salahnya sekali kali kita membahas truck dari negara Jiran Malaysia, mengingat negara jiran ini juga mempunyai beberapa truck yg unik salah satunya adalah Lori Hantu.

Lori Hantu sendiri merupakan sebutan warga negara malaysia untuk truk tanpa surat yang biasanya dioperasikan di area tertentu seperti industri kehutanan atau pertambangan, Sejarah lory hantu bermula pasca perang dunia dua, ketika banyak truk eks militer inggris di Malaysia yang kemudian dijadikan truk logging, truk truk tersebut berjenis CMP yang mempunyai bentuk kabin sangat khas dengan kabin mengkotak dan dua lampu bulat, tampang mobil ini bisa dibilang cukup seram.

FYI truk CMP adalah truk standar pasukan sekutu pada perang dunia dua, jadi tak heran ketika akhir perang truk ini jumlahnya cukup banyak di kawasan Asia, tidak hanya di Malaysia saja karena ketika awal kemerdekaan Belanda juga banyak meninggalkan truk jenis ini di Indonesia.

Lama kelamaan Lori Hantu pun berkembang tidak lagi asli Ford CMP , tapi dibuat/dirakit oleh berbagai bengkel truk di Malaysia, hanya kabinnya saja yang masih menganut model CMP tanpa ada pintu samping dan kaca depan bisa dibuka. Sedangkan chasis, mesin, transmisi dan kaki kakinya sudah campuran menggunakan copotan truk Eropa / Jepang, jadi jangan heran kalu truk ini partnya gado -gado misal mesin buatan Nissan, gearboxnya buatan Hino dan gandarnya buatan MAN, pokoknya disesuaikan dengan ketersediaan part dan kondisi di lapangan.

(Visited 232 times, 1 visits today)

awansan