10

Melirik Gagahnya Bus Buatan Karoseri Australia

awansan.com – Sobat busmania, bus buatan australia sebetulnya bukan hal asing bagi rakyat Indonesia karena sudah masuk Indonesia sejak dulu, tercatat 200 Leyland Comet dan 50 Leyland Tiger cub pernah wira wiri puluhan tahun di Indonesia dari tahun akhir dekade 1950an hingga tahun 1980an, kemudian pada tahun 90an masuk bus lagi Bus Volgreen untuk keperluan KTT Non Blok, dan setelah KTT pun bus ini masih banyak sliweran digunakan oleh Damri dan PPD sebagai angkutan kota, membuktikan bahwa kualitas body bus buatan Australia ini cukup jempolan.

Bagi awansan sendiri, model bus buatan Australia ini cukup menarik karena bentuknya cenderung longlasting, contohnya jika kita melihat Bus Volgreen terbaru, garis desainnya masih sama dengan bus Volgreen yang masuk Indonesia pada era 90an.

Bisa dilihat pada foto di atas, Desain body bus Australia cukup simple tanpa adanya lekukan- lekukan tajam dan liverynya pun tidak terlalu colorfull, Bentuk kaca depan pun sangat khas menggunakan single glass tetapi mempunyai garis tengah yang dulu juga pernah trend di Indonesia, keuntungannya jelas kaca single glass seperti ini menjanjikan pandangan luas bagi penumpang dan drivernya.

Kesan mewah dan sporty tidak terlalu menonjol pada bus – bus buatan Austalia, yang muncul justru kesan gagah dan kekar layaknya binaragawan. Apalagi dengan penambahan beberapa aksesori yang cukup menarik dan fungsional seperti bullbar chrome dan glass protector yang seakan memberikan pesan bahwa bus ini siap menerobos semua halangan yang ada.

Namun sekali lagi, lain ladang lain belalang, lain negara lain pula selera orangnya, di Australia model bus seperti ini memang laku keras karena memang sesuai dengan kebutuhan, selera orang dan alam di Australia, tapi bisa lain cerita jika masuk Indonesia yang seleranya berbeda hehe, tapi kalau ada karoseri yang bikin model Body dan aksesori ala Australia kayaknya boleh juga buat di coba, karena sebagian penumpang di Indonesia mulai jengah dengan model kaca double glass yang sekarang sedang ngehits di Indonesia.

(Visited 722 times, 1 visits today)

awansan

10 Comments

  1. aku yo lebih suka yang kayak karoseri australia ini, bagian depan full kaca, pandangannya luas. Kalau yang di Indonesia sekarang ini kan kebanyakan pake topi, pandangan penumpang jadi kehalang,

    • nah iyaa , pandangan luass
      masalah topi mmg sebagian penumpang tidak suka, tapi karena ini yg lagi ngetren jadi mau tidak mau pengusaha bus pakai armada bertopi

    • haha iya betul om, kayak bus diawal 2000an dulu bentuknya , kotak dan nggak aneh aneh aksesorinya

Leave a Reply