Sejarah Karoseri MBM , Karoseri Legendaris Era 80an

Po Lorena Karoseri MBM

awansan.com – Era 70 – medio 90an merupakan masa masa manis bagi Industri karoseri di Indonesia, apalagi didukung dengan regulasi pemerintah yang memang mendorong berkembangnya Industri karoseri, maka tak heran jika di masa tersebut Industri muncul dimana – mana bak cendawan di musim penghujan, baik itu karoseri karoseri kecil maupun karoseri besar.

Salah satu karoseri bus yang cukup ternama di era 80 – 90an awal adalah Karoseri MBM , jika sekarang Adiputro dikenal sebagai top notch nya karoseri di Indonesia, maka pada saat itu MBM lah yang menyandang predikat tersebut, MBM sendiri sebetulnya adalah brand body buatan perusahaan “Aniem Cipto” yang berlokasi di kawasan Industri Pulogadung Jakarta , dibawah pimpinan bapak Sungkono.

Karoseri MBM juga menjadi pelopor bus bermoncong ala helikopter dan pesawat yang sempat ngetren di akhir dekade 80an, model moncong inilah yang kemudia ditiru oleh banyak karoseri – karoseri lainnya, desain karoseri ini juga cukup khas dengan penggunaan 3 buah kaca jendela samping pada bodi dengan wheelbase standar, yg jarang digunakan oleh karoseri – karoseri lainnya saat itu. Model – modelnya juga terbilang cukup menarik dan tidak meniru karoseri lain, maka tak heran jika MBM beberapa kali memperoleh kemenangan pada kontes karoseri yg dulu diadakan setiap tahunnya

Sepak terjang karoseri Aniem Cipto pimpinan pak Soengkono ini sendiri cukup baik di masanya, pangsa pasarnya cukup luas mulai dari Jawa, Bali, hingga Sumatera, Pengguna bodi buatan MBM ini mayoritas adalah Perusahaan Otobus dengan layanan kelas eksekutif seperti Po Lorena , Po Mulyo Indah, dan Po Jawa Indah,

MBM era 2000-an
Jadi timbul pertanyaan, kala di akhir tahun 2000-an ada lagi karoseri dengan inisial nama MBM (Magelang Body Manufacturing) yang berlokasi di Magelang – Jawa Tengah. Berbeda dgn MBM era lama yg memiliki logo gambar kuda dan tulisan MBM yg besar, logo karoseri MBM baru ini menggunakan 3 lingkaran yg disusun saling bersinggungan sejajar horisontal. Sy kurang tahu pasti ttg personel2 karoseri baru ini, karena saat itu sy sudah tidak berkecimpung di dunia bus. Tetapi yg pasti, dalam plakat logo nya, tertera tulisan ABC Group, sebuah industri karoseri yg pernah ternama di era 80-an, seangkatan dgn Anem Cipto.

Karoseri ABC / Adi Budaya Cipta yg dipimpin oleh pak Sarli ini dulu juga merupakan pembuat bodi bus yg cukup ternama di Magelang. Meski pangsa pasar untuk bodi busnya tidak terlalu besar, tetapi untuk mobil kecilnya cukup baik, sehingga namanya tetap dikenal luas, terutama di daerah Jateng dan Jatim. Salah satu PO pengguna bodi buatan ABC di Jatim adalah Akas, Aneka Jaya, dan Hasti.

Itulah sedikit penjelasan sy ttg 2 perusahaan karoseri yg sama2 menggunakan inisial “MBM”. Silahkan ditambahkan sekaligus diralat informasinya, dan mari berbagi pengalaman dan kenangan akan bodi2 bus buatan dua karoseri ini.
Semoga Anda berbahagia, terima kasih.

*Source : Ranger Giga

*Kredit foto bus PO Jawa Indah dan PO Bali Cepat oleh pak Binawan Muhammad, logo MBM baru oleh mas Ardan Nugroho yg keduanya sy ambil dari postingan di grup Se-Tra

(Visited 90 times, 1 visits today)

Leave a Reply